November 19, 2022

Yang Lain Lewat, Fitur-Fitur Ini Cuma Ada di Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G

Penulis: Desmal Andi
Yang Lain Lewat, Fitur-Fitur Ini Cuma Ada di Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G  

Mobitekno – Hadirnya Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G memang dapat memberi pengguna lebih banyak ruang, terutama untuk berkreasi dengan cara yang lebih menyenangkan. Kedua smartphone ini menawarkan cara baru untuk bekerja lebih cepat dan jadi lebih kreatif dalam menuangkan passion. Hal ini tentu saja berkat penggunaan teknologi foldable pada layarnya.

Samsung Galaxy Z Fold4 5G tampil dengan Infinity Flex Display 7,6 inci QXGA+, dynamic AMLED 2X, resolusi 2176 x 1812, aspek rasio layar 21,6:18, dan memiliki adaptive refresh rate 120Hz. Itu untuk layar lipatnya. Untuk cover screennya hadir dengan ukuran 6,2 inci HD+, Dynamic AMOLED 2X, resolusi 2316 x 904 piksel, rasio layar 23,1:9, dan juga adaptive refresh rate 120Hz. Layar sebesar ini tentu saja bisa melakukan banyak hal.

Sementara itu, Samsung Galaxy Z Flip4 5G memiliki ukuran layar lipat 6,7 inci FHD+, Dynamic AMOLED 2X, resolusi 2640 x 1080, aspek rasio layar 22:9, dan refresh rate 120Hz. Cover screennya berukuran 1,9 inci, Super AMOLED Display, dan resolusi 260 x 512 piksel.

Dari spesifikasi layar tadi sudah tergambar kenyamanan yang bisa dinikmati pengguna, terutama untuk menggunakan berbagai fitur di dalamnya, seperti kamera, hingga untuk menikmati konten-konten multimedia di layar lipat tersebut. Sensasi dan pengalamannya tentu saja bisa berbeda dengan smartphone lainnya.

Flex Mode Mudahkan Aktivitas Meeting Online

Flex Mode memanfatkan kemampuan layar lipat yang ada di kedua smartphone ini. Flex Mode memberikan keuntungan sendiri bagi pengguna, dan tidak ditemukan pada smartphone lain. Salah satunya adalah memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan video atau mengambil foto secara hands free. Cukup tekuk layar 90 derajat, lalu letakkan smartphone di atas bidang rata. Keuntungan lainnya dengan Flex Mode adalah kamu bisa melakukan selfie dengan kamera utama. Jadi, tidak seperti smartphone lain yang menganut paham “Selfie itu ya kamera depan”. Tidak dengan Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G. Keduanya justru bisa menggunakan kamera utam untuk aktivitas selfie ini.

Video conference jadi lebih nyaman

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk Flex Mode ini. Misalnya saja untuk kebutuhan mengetik dokumen, baik di Samsung Notes maupun Google Docs. Buka aplikasi tersebut, lalu tekuk layar. Secara otomatis, aplikasi akan langsung membelah, dimana bagian atas merupakan halaman kerja, sementara layar di bawahnya menjadi keyboard. Ini menjadikan mengakses dokumen seperti pada sebuah laptop.

Salah satu kelebihan Flex Mode yang bisa dirasakan manfaatnya adalah saat menggunakan smartphone ini untuk meeting online. Dengan Flex Mode, kamu bisa meeting online di smartphone layaknya pakai laptop. Kamu bisa lihat screen lawan bicara tanpa interupsi dan mengatur microphone, speaker, video, hingga pakai share screen dengan mudah. Kamu juga bisa meletakkan perangkat di tempat datar untuk hands-free online meeting sambil melakukan hal yang lain. Kenyamanan ini pun bisa kamu nikmati di berbagai aplikasi video conference, jadi kamu kamu bisa memenuhi tiap preferensi orang lain akan jenis aplikasi yang ingin digunakan.

Kamu juga bisa share screen dengan sangat seamless di Flex Mode. Begitu kamu pilih file yang ingin di-share, maka file-nya akan tampil di bagian atas layar dengan rasio yang pas, lalu screen lawan bicara kamu akan otomatis pindah ke bagian bawah layar. Kamu juga bisa share full screen dengan smooth untuk menampilkan sheet data penjualan, pitch deck, proposal, hingga brainstorm via whiteboard dari Samsung Notes dengan nyaman. Keluar share full screen pun cukup dengan tap ikon full screen dari floating screen lawan bicara kamu.

Namun, tidak semua aplikasi mendukung Flex Mode ini. Namun, kamu bisa sedikit memaksakan semua aplikasi yang ter-install agar bisa berjalan di Flex Mode. Caranya:

1. Buka menu Settings

2. Ketikkan Flex Panel di bagian pencarian

3. Buka Flex Mode Panel dengan cara men-tap-nya.

4. Kemudian geser slider ke arah kanan untuk aplikasi-aplikasi yang ingin tampil di Flex Mode.

FlexCam untuk Berbagai Aktivitas Foto dan Video dengan Satu Tangan

Selain Flex Mode, Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G juga memiliki kemampuan lain, yaitu Flex Cam. Apa itu Flex Cam? Berkat penggunaan layar lipat, penggunaan kamera bisa lebih fleksibel. Cukup tekuk smartphone, maka kamu bisa mengambil foto atau merekam video dengan cara yang lebih nyaman dan mudah.

FlexCam dari Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G juga memudahkan kamu dalam mengabadikan berbagai momen walaupun kamu sedang sendirian. Untuk yang gemar olahraga misalnya. Kamu bisa mendapatkan foto full body shot dengan meletakkan smartphone di bawah, lantai, atau bangku pemain di pinggir lapangan.

Camcorder style, ambil foto dan video dengan satu tangan

FlexCam ini juga bermanfaat saat sedang melakukan travelling. Keberadaan FlexCam membuat smartphone Galaxy Z Fold4 dan Flip4 5G memiliki Built-in tripod di dalamnya. Saat sedang melakukan aktivitas travelling di pegunungan dan tiba-tiba menemukan tempat menarik untuk foto, cukup letakkan smartphone di bidang rata, lalu gunakan palm gesture sebagai remote untuk menekan shutter. Foto menarik pun bisa kamu dapatkan.

Saat mengambil video vlog untuk merekam perjalanan pun bisa dilakukan dengan cara yang lebih unik. Kamu tentu ingat dong dengan perangkat camcorder dimana merekam bisa dilakukan dengan satu tangan saja. Nah, di kedua smartphone ini hal tersebut bisa dilakukan, karena dapat mendukung Camcorder Style.

Lipat layar membentuk sudut 90 derajat. Kemudian pegang dengan satu tangan saja dan arahkan kamera mengikuti kemauan Anda dengan menggerakkan tangan tersebut. Pengoperasian tombol shutter untuk memulai, menahan, atau menyetop rekaman juga bisa dilakukan dari tangan yang sama karena desain smartphone yang ringkas.Proses merekam pun jadi lebih stabil kalau pakai mode Camcorder style ini.

Hiburan yang Lebih Seru berkat Dolby Atmos

Layar sudah lega, kemampuan prosesor juga kencang berkat Snapdragon 8+ gen 1, serta memiliki konektivitas yang luas membuat galaxy Z Fold4 dan Flip4 6G ini menjadi perangkat yang asik untuk menikmati hiburan. Film-film beresolusi hingga 4K pun bisa dilumat dengan lancar. Kenikmatan ini masih ditambah dengan kemampuan speaker bawaannya yang menghasilkan audio berkualitas tinggi, seperti Dolby Atmos. Dengan demikian, smartphone ini cocok untuk konten-konten video beresolusi tinggi dengan kualitas suara yang didukung Dolby Atmos. Semburan suara dari speaker besutan AKG ini tentunya mampu membuat keseruan tersendiri saat menikmati film-film favorit. Dan menariknya lagi, suara surround yang ditawarkan Dolby Atmos bisa langsung dinikmati dari speaker stereo ponsel tanpa harus terhubung dengan earphone.

Upgrade dari smartphone kamu ke Galaxy Z Fold4 5G sekarang dengan mendapatkannya secara langsung di toko daring dan toko retail. Apalagi, Galaxy Z Fold4 5G hadir dengan inovasi terkini dan pengembangan fitur signifikan tanpa peningkatan harga dibanding generasi sebelumnya. Galaxy Z Fold4 5G tersedia dengan harga Rp24.999.000 (12GB/256GB), Rp26.999.000 (12GB/512GB), dan Rp30.999.000 (12GB/1TB) dalam pilihan warna Graygreen, Phantom Black, Beige, dan Burgundy.

Sementara Galaxy Z Flip4 5G tersedia dengan harga Rp13.999.000 (8GB/128GB), Rp14.999.000 (8GB/256GB), dan Rp16.999.000 (8GB/512GB) dalam warna Bora Purple, Graphite, Pink Gold, dan Blue.

Samsung juga memberikan berbagai penawaran ekslusif bagi happy user Galaxy Z Flip4 5G | Galaxy Fold4 5G, mulai dari 7 Oktober 2022 sampai 6 Januari 2023, dapatkan diskon menarik Food and Beverages, di beberapa restoran dan coffee shop di Jakarta hingga 35% di Paris Baguette, GIOI, Fish n Co untuk makanan dan minuman pilihan. Diskon hingga potongan harga sebesar Rp. 100,000 di Venchi dan coffeeshop favorit seperti % Arabica sebesar 10%. Terlebih lagi, nikmati promo ekslusif di Tanamera Coffee, dapatkan special drink free coffee dengan logo Z (Hot Cappucino, Piccolo dan Flat White), Latte Art Coffee Mold Stencil Samsung Galaxy Z senilai Rp.100,000 per cangkir. Untuk entertainment dan Leisure, dapatkan potongan harga berupa voucher diskon nonton Mtix senilai Rp. 100,000 di Cinema XXI dan voucher diskon Traveloka GiftCard di Traveloka. Khusus bagi pengguna Galaxy Z Fold4 5G bisa memanfaatkan area parkir ekslusif di Pacific Place, Jakarta sepanjang periode 14 Oktober 2022 sampai 13 Januari 2023.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS