April 9, 2022

Dell Merilis Precision 5470, Laptop Workstation 14 Inci dengan Intel Core H Generasi 12

Penulis: Rizki R
Dell Merilis Precision 5470, Laptop Workstation 14 Inci dengan Intel Core H Generasi 12  

Mobitekno – Dell Technologies belum lama ini merilis perangkat laptop mobile workstation terbaru mereka, yaitu Precision 5470. Peluncuran ini juga menjadi bagian dari peringatan 25 tahun Dell Precision yang diperingati di tahun ini.

“Selama 25 tahun produk-produk Dell Precision telah menjadi bagian dari berbagai inovasi luar biasa dan meraih banyak penghargaan yang ikut mendorong perkembangan industri. Dan Precision 5470 baru ini membuktikan bahwa Dell Technologies tidak pernah berhenti,” kata Dell Technologies dalam siaran resminya.

Precision 5470 adalah workstation yang dihadirkan oleh perusahaan, dan diklaim memiliki tingkat kinerja yang sebelumnya hanya bisa ditemukan workstation berukuran lebih besar.

Dell mengatakan, daya sebesar itu tidak ada dalam form factor tandingan berukuran 14 inci lainnya. Precision 5470 sendiri memiliki berat mulai dari 1,47 kilogram.

Menurut Dell, Precision 5470 adalah laptop pertama di dunia yang dibekali dengan prosesor Intel Core H-Series Generasi ke-12, yang memenuhi persyaratan platform Intel Evo dan berbasis platform Intel vPro.

Mobile Workstation ini tersedia dengan memori DDR5 hingga 64GB, penyimpanan hingga 4TB, serta pilihan grafis hingga Nvidia RTX A1000.

Dengan desainnya yang ramping, sistem pendingin menjadi sangat penting untuk Precision 5470 karena daya yang besar akan membuat laptop semacam ini menjadi lebih cepat panas.

099688100 1649383332 Precision 5470 7

Untuk itu, teknisi di Dell mengembangkan sebuah sistem manajemen termal baru inovatif, yang pas untuk ruangan terbatas di sistem berukuran ringkas, tanpa mengorbankan kapasitas memori atau port Thunderbolt.

Di samping itu, Dell juga menyematkan teknologi kipas Dual Opposite Outlet yang telah dipatenkan untuk membantu sistem tersebut berfungsi dalam kecepatan tinggi yang diperlukan untuk melakukan alur kerja yang kompleks.

Arsitektur engsel bonded pertama dari Dell juga dibuat untuk meningkatkan pembuangan udara panas, serta membantu mengoptimalkan kinerja sistem.

Dell Technologies, lebih lanjut, juga mengungkapkan beberapa fitur unggulan lain yang mereka sematkan di Precision 5470.

Laptop ini memiliki layar Infinity Edge 14 inci edge-to-edge, yang memungkinkan pengguna untuk leluasa dalam melihat semua idenya, dengan jelas, di layar berukuran kompak.

Dell mengklaim, layar ini sudah ideal untuk para kreator, teknisi, dan profesional spesialis dengan tingkat mobilitas tinggi.

Layar tersebut juga sudah dilengkapi ComfortView Plus bersertifikasi TUV, filter cahaya biru berbasis perangkat keras rendah daya yang tidak menghabiskan sumber daya atau memengaruhi warna asli dari ide konten yang dibuat.

Precision 5470 juga dilengkapi konteksi WiFi 6E dan perangkat lunak Dell Optimizer untuk Precision, agar bisa membuat sistem tersebut bekerja lebih cerdas bersama penggunanya.

Perangkat lunak berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) ini mempelajari gaya kerja pengguna dan merespons kebutuhan pengguna, seperti secara otomatis meningkatkan kinerja aplikasi, waktu operasional baterai, pengaturan audio, dan privasi.

Selain itu, terdapat juga dua fitur baru yang membawa kecerdasan sistem ini ke tingkat berikutnya. Keduanya meliputi:

Fitur privasi cerdas baru yang meredupkan layar saat pengguna tidak melihat layar dan membantu menyembunyikan informasi dan proyek-proyek sensitif ketika sistem ini mendeteksi keberadaan pengintip.

Mobilitas adalah inti dari Precision 5470. Dell pun menyediakan koneksi multi-jaringan simultan pertama di dunia, untuk memungkinkan pengguna bisa mengunduh data dan video lebih cepat. Fitur ini dinilai sangat dibutuhkan para kreator.

Dari sisi desain, Precision 5470 mengusung click pad berukuran besar untuk memudahkan navigasi. Mereka juga membawa keyboard Pro yang modern, serta pemindai sidik jari opsional untuk menghadirkan kenyamanan dan kemudahan akses.

“Precision 5470 tidak saja cerdas, tapi juga didesain untuk terlihat menarik dan nyaman digunakan,” tulis Dell Technologies.

Perangkat ini juga menghadirkan layar sentuh, yang bisa membaca sentuhan jari dan pena, yang sifatnya opsional. Bodi perangkat juga terbuat dari alumunium hasil rekayasa dengan lapisan tekstur, untuk memastikan kenyamanan sentuhan dan pegangan.

Dell mengungkapkan lebih lanjut bahwa, Precision 5470 menggunakan kemasan yang 100 persen terbuat dari bahan daur ulang atau terbarukan. Hal ini sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap desain yang berkelanjutan.

Dell Technologies belum mengungkapkan harga dan ketersediaan dari Precision 5470, termasuk untuk pasar Indonesia.

Tags: , , , , ,


COMMENTS