November 7, 2022

Mau Bikin Konten dengan Lebih Unik? Ini Empat Hal yang Hanya Bisa Dilakukan Galaxy Z Flip4 5G untuk Bikin Konten Menarik

Penulis: Desmal Andi
Mau Bikin Konten dengan Lebih Unik? Ini Empat Hal yang Hanya Bisa Dilakukan Galaxy Z Flip4 5G untuk Bikin Konten Menarik  

Mobitekno – Sejak hadir pertama kali pada tahun 2019, Galaxy Z Flip memang menawarkan terobosan cara menggunakan smartphone dengan cara yang berbeda dan unik. Ada banyak hal yang membuat Galaxy Z Flip berbeda dari smartphone lainnya, tidak hanya dari sisi desain, tetapi juga cara pengoperasiannya. Pada saat itu, bisa dikatakan Samsung menjadi pioneer dalam menghadirkan teknologi layar lipat pada Samsung Galaxy Z Series, melalui Galaxy Z Fold dan Flip series. Kini, pada tahun 2022 Galaxy Z Flip sudah mencapai tingkatan ke-4, yang tentunya jauh berkembang, baik dari desain, fitur, kamera, hingga pengoperasian. Interaksinya semakin seamless di setiap penggunaan Galaxy Z Flip4 5G ini.

Sebenarnya Samsung Galaxy Z Flip4 5G memiliki layar yang cukup besar, yaitu 6,7 inci FHD+ Dynamic AMOLED. Namun, karena smartphone yang berbobot ini187 gram ini membawa teknologi layar lipat, maka keseluruhan smartphone bisa terlihat begitu ringkas, saat layar dalam kondisi dilipat untuk dibawa kemanapun penggunanya pergi. Nah, Dengan desain layar lipat ini, Galaxy Z Flip4 5G yang berchipset Snapdragon 8 plus Gen 1 dan memiliki memori LPDDR5 8GB, menjadi begitu fleksibel saat digunakan untuk berbagai hal. Apalagi smartphone ini juga dibekali dengan dual kamera utama 12MP dan kamera depan 10MP. Menariknya berkat desain layar lipat, Samsung menyematkan cover screen di Galaxy Z Flip4 5G yang berukuran 1,9 inci Super AMOLED. Tentunya akan ada banyak keunikan dalam memanfaatkan smartphone ini dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Galaxy Z Flip4
Samsung Galaxy Z Flip4 5G

Nah, berkat penggunaan layar lipat pada Galaxy Z Flip4 5G ini, tentunya hal ini membuat salah satu flagship dari Samsung ini memiliki cara penggunaan yang berbeda, bahkan tidak ditemukan pada perangkat smartphone lainnya. Apalagi ditambah cover screen yang kini memiliki fitur lebih banyak dari sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih fleksibel dalam mengambil foto, merekam video, melakukan selfie, vlogging, hingga video conference, dengan cara dan interaksi yang lebih seamless. Berikut ini empat hal yang bisa pengguna lakukan pada Galaxy Z Flip4 5G yang tidak bisa ditemukan pada perangkat smartphone lainnya.

1. Flexcam Bikin Semua Jadi Lebih Nyaman

Desain layar lipat membuat penggunaan kamera menjadi lebih fleksibel. Jadi, bagi generasi sekarang yang lebih dinamis, membuat konten dengan bantuan Galaxy Z Flip4 5G pun jadi lebih menyenangkan. Melalui FlexCam, membuat pengguna bisa memaksimalkan kreativitasnya dalam menciptakan konten terbaik sambil tetap berkegiatan dengan maksimal, baik itu ketika sedang bikin konten saat olahraga, traveling, hingga nongkrong bareng teman.

FlexCam memungkinkan pengguna bikin konten secara hands-free dengan mudah–cukup atur sudut pelipatan perangkat, letakkan di permukaan datar dengan angle sesuai keinginan, lalu ambil foto atau video dengan gesture atau timer. FlexCam juga bisa digunakan di aplikasi Instagram, Facebook, dan WhatsApp, jadi pengguna bisa lebih ekspresif dan kreatif saat bikin story hingga reels.

IMG20221107075316
Penerapan FlexCam untuk media sosial

Salah contoh penggunaan FlexCam ini bisa dirasakan saat sedang melakukan aktivitas tanpa seorang teman. Fitur FlexCam ini membuat galaxy Z Flip4 5G memiliki built-in tripod. Jadi, tidak perlu khawatir lagi saat penggunanya beraktivitas sendirian. Desain lipatnya membuat pengguna bisa mengabadikan dirinya, baik dalam bentuk foto maupun video, tanpa bantuan orang lain. Dengan kemampuan #FlexEveryAngle, mau merekam atau mengambil gambar full body pun bisa dilakukan dengan mudah dari berbagai angle, baik low atau high angle. Apalagi dibantu dengan palm gesture, serasa “membawa” fotografer karena aktivitas menekan tombol shutter bisa dilakukan secara remote.

2. Hands Free Vlogging

Berkembangnya teknologi pada smartphone membuat orang semakin mudah dalam membuat konten dengan perangkat smartphone. Vlogging misalnya. Kini banyak yang melakukan hal tersebut untuk membantu menyebarkan informasi terkait aktivitasnya. Hobi memasak atau membuat kerajinan, kini bisa kamu share mengenai aktivitas tersebut melalui live vlog. Atau, saat sedang berkunjung ke sebuah tempat wisata menarik, kamu bisa menjelaskan banyak hal dengan cara live vlog. Nah, disinilah unik dan praktisnya menggunakan Galaxy Z Flip4 5G. Jika kebanyakan untuk aktivitas ini masih menggunakan tripod, justru Galaxy Z Flip4 5G tidak memerlukan tripo sama sekali. Hal ini karena smartphone ini seperti membawa built-in tripod di dalamnya. Cukup letakkan smartphone pada bidang yang stabil dan rata, hadapkan kamera depan ke arah kamu, kemudian vlog pun bisa langsung dilakukan. Jangan khawatir muka kamu akan keluar dari frame, karena Galaxy Z Flip4 5G juga memiliki fitur Auto Framing.

IMG20221107080441
Vlogging DIY bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan tripod

3. Camcorder Style

Perangkat perekam video handycam atau camcorder sempat menjadi perangkat populer bagi banyak orang untuk mengabadikan momen-momen indah bersama teman, keluarga, atau saat sedang traveling. Perangkat camcorder ini dikenal memiliki cara penggunaan yang praktis dimana bisa dioperasikan dengan satu tangan saja, dengan arah kamera mengikuti pergerakan tangan tersebut. Sebenarnya ini merupakan cara yang nyaman dalam merekam video.

IMG20221107074634
Camcorder Style lebih nyaman dan stabil

Berkat desain layar lipat, Samsung membawa gaya perekaman dengan camcorder tersebut ke Galaxy Z Flip4 5G. Lipat layar membentuk sudut 90 derajat. Kemudian pegang dengan satu tangan saja dan arahkan kamera mengikuti kemauan Anda dengan menggerakkan tangan tersebut. Pengoperasian tombol shutter untuk memulai, menahan, atau menyetop rekaman juga bisa dilakukan dari tangan yang sama karena desain smartphone yang ringkas.Proses merekam pun jadi lebih stabil kalau pakai mode Camcorder style ini. 

4. Cover Screen Selfie

Di Galaxy Z Flip4 5G ini, Samsung telah meningkatkan ukuran Cover Screen menjadi 1.9 inci. Dengan begitu, Cover Screen memiliki fungsi yang lebih beragam. Mulai dari pengambilan foto, video, notifikasi, kini menjadi lebih mudah dan bisa dikustomisasi lebih fleksibel. Samsung sendiri telah menemukan bahwa ukuran Cover Screen menarik minat konsumen. 

Bagi kamu yang gemar melakukan aktivitas selfie, kini berkat Cover Screen yang fungsinya tekah ditingkatkan pada Galaxy Z Flip4 5G, melakukan foto selfie bisa menjadi lebih praktis, tanpa harus membuka layar smartphone. Kamu bisa langsung selfie dari Cover Screen. Jangan khawatir juga hasil selfie terlihat standar, karena prosesnya hampir tidak ada bedanya seperti selfie pada umumnya. Bahkan, keuntungan selfie melalui Cover Screen, hasilnya didapat dari kamera utama, bukan kamera depan. Jadi tentunya hasil akan lebih detail dan jelas. Bahkan kamu juga bisa memilih jenis lensa untuk selfie tersebut. Lalu, bagaimana caranya? Begini:

1. Saat perangkat dalam keadaan terlipat, tekan tombol power dua kali untuk membuka tampilan kamera di Cover Screen

IMG20221107081610
Tekan tombol power dua kali untuk menampilkan fitur kamera di Cover Sccreen

2. Lakukan Swipe ke kiri atau kanan untuk memilih mode Photo, Video, atau Portrait sesuai keinginan.

swipe kanan kiri
Swipe kanan dan kiri untuk memilih mode foto tau video

3. Swipe ke atas atau ke bawah untuk zoom out atau zoom in. Kamu juga bisa tap Cover Screen dua kali untuk mengatur zoom

Swipe atas bawah
Swipe atas dan bawah untuk memilih lensa

4. Tap Cover Screen atau bisa juga tekan tombol volume untuk memotret atau merekam. Cara lainnya, lakukan gerakan palm gesture pada telapak tangan supaya bisa memotret atau merekam secara remote.

IMG20221107081057
Tap Cover Screen atau tekan tombol volume untuk mulai melakukan selfie. Anda juga bisa menggunakan palm gesture

Itulah 4 hal yang bisa dilakukan Galaxy Z Flip4 5G yang tidak bisa ditemukan pada smartphone lainnya. Praktis, mudah, dan cepat memang menjadi salah satu daya tarik dari smartphone ini.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G sendiri hadir dengan harga Rp13.999.000 untuk varian 8GB/128GB, Rp14.999.000 untuk varian, dan Rp16.999.000 untuk varian 8GB/512GB. Ada empat opsi warna yang bisa dipilih, yaitu Bora Purple, Graphite, Pink Gold, dan Blue.

Tags: , , , , ,


COMMENTS