September 4, 2022

Dukung NXC International Summit 2022, Tokocrypto Pertegas Komitmennya Dukung Startup Web3 di Tanah Air

Penulis: Iwan RS
Dukung NXC International Summit 2022, Tokocrypto Pertegas Komitmennya Dukung Startup Web3 di Tanah Air  

Mobitekno – Tokocrypto yang menjadi salah satu sponsor resmi acara NXC International Summit 2022 di Bali (31 Agustus-2 September 2022) meyakini perlunya pengembangan teknologi Web3 (Web 3.0) sebagai kelanjutan dari teknologi web yang ada saat ini.

Konferensi tingkat dunia yang menjadi ajang temu one-on-one antara para startup dan venture capital (VC) yang digelar tahun ini mencoba menggali lebih jauh tentang kehadiran industri Web3 di Indonesia sehingga diharapkan dapat memicu antusiasme dan keingintahuan masyarakat.

CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai, mengatakan Tokocrypto ingin berpartisipasi dan mengajak para inovator Web3 di Indonesia untuk menunjukkan potensi projek mereka ke panggung global melalui NXC Web3 Startup Competition.

Web 3.0 02

“Web3 adalah fase baru yang menjanjikan. Potensi Web3 di Indonesia saat ini up and rising. Tokocrypto sangat optimis tentang potensi Web3 untuk memperluas akses masyarakat ke semua peluang yang lebih baik, mulai dari ekonomi, kesehatan hingga pendidikan,” kata Kai dalam rilis yang diterima redaksi (2/9/2022).

Kai menambahkan sebagai pedagang aset kripto, Tokocrypto senantiasa mendukung berbagai inisiatif untuk mengembangkan ekosistem blockchain dan aset kripto di Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi dengan NXC International Summit 2022.

“Harapannya kerja sama ini dapat mendorong akselerasi startup yang fokus pada pengembangan Web3 dan blockchain di Indonesia, serta memberikan pengenalan dan edukasi lebih dalam mengenai ekosistem di dalamnya kepada seluruh masyarakat,” jelasnya.

Sebagai bagian dari penyebaran adopsi Web3 dan blockchain, Tokocrypto juga berkesempatan untuk mengenalkan TokoVerse, ekosistem yang mencakup NFT marketplace, platform edukasi, crypto hub, program startup akseletator dan lainnya di ajang NXC International Summit 2022.

Web 3.0 01

Kai juga menjadi salah satu pembicara dalam salah satu diskusi NXC International Summit 2022 yang bertema “Expanding Content Driven Business Through Metaverse.” Selama diskusi, Kai mengungkap perkembangan Web3 membuat negara-negara, seperti Indonesia dan India mampu bersaing memperebutkan potensi ekonomi digital global.

“Web3 akan menghapus konsep ruang seperti yang kita kenal saat kita dengan bergerak ke metaverse dan menyamakan kedudukan sebagai individu. Metaverse sendiri didukung oleh teknologi blockchain dan Web3 menciptakan lebih banyak peluang untuk pemanfaatan konten menarik menjangkau banyak memanfaatkan pasar yang lebih luas,” jelasnya.

Teknologi Web3 dianggap banyak membawa manfaat, seperti sifatnya yang terdesentralisasi, berbasis komunitas, dan kepemilikan data pada masing-masing individu (bukan oleh segelintir perusahaan). Web3 juga dianggap bisa mengintegrasikan empat teknologi yang telah berkembang saat ini, yakni IoT (Internet of things), kecerdasan buatan/pembelajaran mesin (AI/ML) , data science, blockchain, dan 5G.

Di sisi lain, teknologi ini juga masih perlu dipertimbangkan lebih mendalam karena membawa konsekuensi, seperti berpotensi meningkatan kejahatan siber (karena sifat desebntralisasinya), regulasi yang masih ambigu, dan kesiapan platform yang lebih kuat dan aman. Apabila beberapa hal ini masih belum disepakati semua pihak, perkembangan Web3 aga menjadi mainstream di dunia maya sepertinya belum akan terjadi dalam awaktu dekat.

Tags: , , , , , , , , , , ,


COMMENTS