January 25, 2024

Tokocrypto Bermitra dengan POLRI untuk Tingkatkan Keamanan Industri Kripto di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Tokocrypto Bermitra dengan POLRI untuk Tingkatkan Keamanan Industri Kripto di Indonesia  

Mobitekno – Tokocrypto bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI), untuk meningkatkan keamanan industri kripto di Indonesia. Fokus kerja sama adalah untuk mencegah pemberantasan kejahatan keuangan di ranah kripto agar kepercayaan meningkat dan terjadi pertumbuhan berkelanjutan di sektor ini.

Di Indonesia, kejahatan yang berkaitan dengan kripto, seperti penipuan, pencucian uang, dan investasi ilegal, semakin meningkat. Contohnya, baru-baru ini POLRI berhasil menangkap seorang pelaku pencurian uang kripto di Pekanbaru, Riau yang mencuri uang kripto senilai Rp 5,1 miliar via dompet digital.

Tokocrypto dan Polri 03
Kejasa sama antara Tokocrypto sebagai salah satu bursa aset kripto di tanah air dan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) menandai era baru dalam meningkatkan keamanan industri kripto di Indonesia.

Kejahatan kripto global sebenarnya dalam tren penurunan. Berdasarkan laporan Chainalysis tahun 2024, kejahatan kripto global menurun dari 0,42% di 2022 menjadi 0,34% di 2023. Hal ini terjadi karena perusahaan di industri kripto, termasuk Tokocrypto, aktif membantu penegakan hukum untuk melawan kejahatan di blockchain.

Laporan tersebut mencatat bahwa angka volume transaksi gelap merupakan perkiraan batas bawah berdasarkan alamat gelap yang diketahui. Lebih banyak alamat sering kali diidentifikasi seiring berjalannya waktu.

Misalnya, laporan tahun 2023 memperkirakan volume transaksi kripto ilegal senilai US$39,6 miliar terjadi pada tahun 2022 karena mengidentifikasi alamat terlarang tambahan sejak laporan tahun lalu.

chainalysis 2024 report
Menurut laporan Chainalysis, kejahatan terkait kripto secara global di tahun 2023 mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022.

Program Crypto Investigations Training for Law Enforcement

Kurangnya wawasan masyarakat terhadap kripto dianggap menjadi salah satu faktor penyebab maraknya kejahatan di industri ini. Untuk itu, Tokocrypto dan POLRI meluncurkan program “Crypto Investigations Training for Law Enforcement”, untuk membekali penegak hukum dengan pengetahuan dan kemampuan esensial dalam menangani kasus kripto dan teknologi blockchain.

Wadir Dittipideksus Bareskrim POLRI, Kombes Pol. M Samsu Arifin, menjelaskan bahwa pertumbuhan teknologi digital yang cepat beberapa tahun belakangan ini telah mengubah aksi kejahatan, salah satunya adalah terkait cryptocurrency.

Tokocrypto dan Polri 02

“Sangat penting bagi para penegak hukum di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, untuk mengerti bagaimana teknologi ini beroperasi dan bagaimana teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk aktivitas kriminal. Oleh karena itu, kolaborasi dengan ahli teknologi dan pertukaran informasi dengan para ahli menjadi sangat penting dalam upaya memerangi kejahatan digital,” ujarnya.

CEO Tokocrypto, Yudhono Rawis, menekankan pentingnya keamanan dan kepatuhan dalam industri kripto, menyatakan komitmennya untuk membantu penegak hukum dalam memerangi kejahatan digital. Program pelatihan yang diinisiasi Tokocrypto mencakup materi tentang teknologi blockchain, metode kriminal dalam mengeksploitasi sistem kripto, dan keterampilan investigasi dasar.

“Kami sangat bersemangat bekerja sama dengan POLRI untuk memperkuat upaya menjaga keamanan dalam pertumbuhan industri kripto di Indonesia. Keamanan dan kepatuhan adalah aspek penting dalam dunia kripto, dan kami menganggapnya sebagai tanggung jawab kami untuk mendukung upaya penegakan hukum dalam melindungi masyarakat dari potensi penyalahgunaannya,” kata Yudho.

Tokocrypto akan dukung POLRI dalam kasus kejahatan kripto

Komitmen ini tidak hanya mengedepankan aspek pendidikan, tetapi juga berperan aktif dalam penyelidikan kriminal terkait kripto. Tim Tokocrypto akan membantu petugas penegak hukum untuk mendeteksi dan menggagalkan pelaku kejahatan dari ekosistem aset digital yang lebih luas.

Tujuannya memberikan keahlian kepada penegak hukum untuk mengidentifikasi dan menyelidiki transaksi kripto, memanfaatkan transparansi teknologi blockchain untuk efektivitas investigasi.

Yudho berharap kemitraan ini dapat menjadi solusi konkrit dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan terlindungi di industri kripto Indonesia. Tokocrypto juga telah memperkuat upayanya dalam menjaga keamanan pengguna dan industri melalui penerapan Travel Rules, Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Pendanaan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal.

“Kami berkomitmen untuk menciptakan lanskap digital yang lebih aman dan terlindungi di Indonesia. Kemitraan ini adalah langkah signifikan dalam mencapai tujuan tersebut.

Dengan pengetahuan yang lebih baik, penegak hukum akan dapat lebih efisien dalam melindungi masyarakat,” jelas Yudho. Dengan langkah berani ini, Tokocrypto dan POLRI bersama-sama membentuk garis depan dalam perlindungan keamanan digital, mengarahkan Indonesia menuju masa depan industri kripto yang lebih aman dan terpercaya.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS