December 21, 2021

Tunjukkan Komponen-komponen di Dalamnya, OPPO Lakukan Teardown A95, Dilakukan Teknisi Bersertifikat

Penulis: Desmal Andi

Mobitekno – OPPO A95 yang belum lama meluncur resmi ke Indonesia membawa banyak keunggulan di dalamnya, seperti baterai yang besar, ketahanan terhadap cuaca, hingga kemampuan kameranya. Tidak heran, beberapa UMKM lokal menggunakan A95 sebagai smartphone andalannya untuk meningkatkan bisnisnya, melalui media sosialnya.

Berangkat dari kemampuan OPPO A95 yang diakui banyak orang, bahkan sudah menyumbang 30 persen market share ke OPPO Indonesia sejak diluncurkan, membuat OPPO Indonesa ingin menunjukkan berbagai komponen yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, bertempat di OPPO Service Center kawasan ruko ITC Roxi Mas, Senin 20 Desember 2021, OPPO melakukan proses teardown alias melepas semua bagian yang ada di OPPO A95. Prosesnya dilakukan oleh teknisi berpengalaman yang sudah memiliki sertifikat dari OPPO.

“OPPO membuktikan kualitas A95 dengan melakukan sesi bongkar perangkat untuk menunjukkan bagian komponen berkualitas yang membuat smartphone ini layak dibeli konsumen, terlebih perangkat ini kami rekomendasikan sebagai pilihan hadiah Natal dan Tahun Baru 2021. Kami juga bertujuan memberikan gambaran kesiapan dukungan dari layanan purna jual OPPO dengan teknisi – teknisi handal tersertifikasi. Pada kesempatan ini, perangkat OPPO A95 akan dibongkar oleh salah satu teknisi wanita yang baru saja menyelesaikan tingkatan sertifikasi teknisi secara global,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Di sesi teardown ini, OPPO bahkan melakukannya melalui teknisi perempuan bernama Ayu. Hal ini sekaligus menggambarkan bahwa di OPPO tidak hanya kaum pria yang bisa menjadi teknisi andal, tetapi juga perempuan. Bahkan, menurut OPPO, 30 persen seluruh teknisi yang ada sudah diisi oleh kaum perempuan. OPPO bahkan menegaskan bahwa siapa saja bisa menjadi teknisi andal di service center OPPO.

“Awalnya sebelum bekerja di OPPO saya bekerja sebagai admin. Namun, pekerjaan sebagai admin rutinitasnya ‘begitu-begitu saja’. Jadi, saat masuk ke OPPO saya ingin bekerja di bidang lainnya, dan akhirnya memilih menjadi teknisi,” ujar Ayu Yunianti, teknisi OPPO yang sudah lolos uji sertifikasi dengan level bintang satu.

Ayu Yunianti, teknisi perempuan dari OPPO yang sudah lulus uji sertifikasi dan melakukan teardown OPPO A95

Sertifikasi sendiri sangat dibutuhkan agar dalam setiap melakukan pembongkaran perangkat smartphone dapat terhindar dari kegagalan yang menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat yang dilakukan perbaikan. OPPO sendiri menyarankan untuk melakukan pembongkaran perangkat harus dilakukan oleh teknisi bersertifikat, tidak untuk dilakukan oleh konsumen sendiri. Dari sesi bongkar perangkat inilah terlihat berbagai kualitas komponen dari A95.

Dalam proses sertifikasi ini, OPPO rutin menjalankannya setiap enam bulan sekali. Hal ini guna meningkatkan kualitas teknisi yang ada di seluruh Service Center OPPO di Indonesia. Setiap kegiatan sertifikasi ini akan dipantau langsung oleh pabrik pusat OPPO yang berada di Dongguan, Tiongkok. Para penguji dari pabrik OPPO di Tiongkok akan memantau secara daring proses sertifikasi termasuk berbincang langsung dengan para peserta melalui sesi wawancara. Di Indonesia sendiri, program ini diselenggarakan secara terpusat, dimana beberapa teknisi dan service assistant terseleksi dari berbagai daerah akan bertemu di Jakarta. Tentunya program ini dilaksanakan OPPO Service Center untuk memberikan sebuah kepercayaan kepada konsumen dalam menangani setiap permasalahan perangkat OPPO A95.

Berikut ini video teardown untuk OPPO A95 yang dilakukan pada Senin 20 Desember 2021.

Tags: , , , , ,


COMMENTS