December 20, 2021

Kurangi Dampak Lingkungan Akibat Limbah, Dell Rilis Laptop Concept Luna

Penulis: Muhammad R
Kurangi Dampak Lingkungan Akibat Limbah, Dell Rilis Laptop Concept Luna  

Mobitekno – Perkembangan kehidupan dunia sekarang ini seakan dipaksa untuk terus mengikuti kemajuan zaman dan penggunaan teknologi digital. Hal yang demikian itu pastinya juga bukan tanpa tujuan. Sebagaimana Laptop Dell concept luna, yang menjadi teknologi digital terbaru.

Dell telah mengeluarkan konsep dari desain yang baru. Hal tersebut juga khusus untuk laptop yang tahan lama, mudah untuk dibongkar diperbaiki. Selain itu, konsep ini juga mampu mengurangi dampak iklim.

Adanya produk baru ini membuat Dell mempunyai tujuan untuk mempercepat ekonomi sirkular dan meraih target nol emisi gas rumah kaca. Karena dengan meningkatnya perhatian pada krisis iklim, keterbatasan sumber daya, dan juga e-waste.

Adanya peristiwa tersebut juga menyebabkan Dell untuk mendorong penggunaan ulang sampai pada batas yang maksimal. Di samping itu, mengurangi jejak karbon secara drastis dari produk-produk Dell tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwasannya tahun lalu pihak Dell sudah mengenalkan closed-loop aluminium yang berasal dari hard drive bekas.

Bioplastik tersebut terbuat dari limbah pohon dalam proses pembuatan kertas. Hal tersebut untuk meningkatkan penggunaan serat karbon reklamasi mencapai lebih dari 554 ton.

Untuk menjadi upaya yang berkelanjutan, vendor ini juga akan mencari solusi serta cara yang baru. Tujuannya untuk meningkatkan pemakaian serat karbon tadi. Sampai akhirnya mereka mendapatkan purwarupa Concept Luna.

Laptop Dell Concept Luna ini merupakan proof-of-concept, yang juga merupakan pengembangan dari Intel. Tak hanya itu saja, konsep laptop ini juga mengeksplorasi ide-ide dari para desain revolusioner.

Hal tersebut juga mereka lakukan untuk berbagai komponen PC yang bisa dengan cepatnya untuk, didapatkan, diganti, serta digunakan kembali.

Dengan konsep tersebut membantu mengurangi sumber daya serta memastikan terdapat lebih banyak material sirkulasi yang bisa kita gunakan. Apabila semua ide dari laptop Dell concept Luna ini dapat terealisasikan, maka Dell sukses mengurangi jejak karbon produk Dell sekitar 50%.

Guna Mengurangi Jejak Karbon

Supaya bisa menghasilkan emisi karbon yang lebih kecil, Dell ini juga akan melakukan eksperimen. Misalnya saja pada motherboard yang menjadi salah satu komponen yang banyak mengkonsumsi energi.

Adanya upaya memperkecil ukuran motherboard mencapai 75 persen, juga mengurangi jumlah komponen dalam motherboard tersebut kisaran 20 persen. Diperkirakan juga, bawah jejak karbon tersebut akan dikurangi sampai 50 persen.

Untuk tata letak semua komponen internal dari laptop Dell concept Luna ini, sudah rancang ulang. Yakni dengan cara memindahkan motherboard yang sudah diperkecil ke bagian atas supaya lebih dekat pada area permukaan yang luas.

Sehingga laptop tersebut juga akan terasa sejuk. Memisahkan motherboard dengan pengisian baterai pada bagian bawah itu juga akan memungkinkan distribusi panas pasif yang pastinya lebih baik. Sehingga dapat menghilangkan sepenuhnya penggunaan kipas.

Efisiensi ini juga secara signifikan dapat mengurangi kebutuhan daya total, membuka jalan perihal penggunaan baterai yang lebih kecil dengan adanya Deep cycle sel yang kuat untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal yang tidak kalah menarik adalah, laptop Dell concept Luna ini juga menyebutkan ihwal sasis aluminium yang prosesnya menggunakan tenaga air. Terdapat juga penggunaan konstruksi stamped aluminium. Jadi tidak hanya butuh energi yang lebih sedikit, melainkan limbah juga berkurang.

Mudah untuk Diperbaiki

Adanya produk terbaru ini membuktikan bahwa Dell juga mempunyai visi untuk masa depan. Visi tersebut adalah reuse, repair dan recreating.

Tak hanya itu saja, Dell juga mempunyai keinginan guna mengurangi jumlah baut mencapai 10 kali lipat. Sehingga terjadilah pembuatan konstruksi palm rest, sengaja dirancang guna memudahkan reparasi serta penggunaan kembali.

Keyboard yang mudah pembersihannya serta terpisahkan dari komponen lain kemudian didaur ulang. Tidak cukup itu saja yang menjadi kelebihan dari laptop Dell concept Luna ini, karena produk terbaik milik Dell ini juga memungkinkan pengisian daya panjang sehingga baterai bisa tahan bertahun-tahun.

Tags: , , , ,


COMMENTS