July 21, 2021

Di Ajang Startup Autobahn, Porsche Persembahkan Tiga Proyek Percontohan Digitalisasi

Penulis: Desmal Andi
Di Ajang Startup Autobahn, Porsche Persembahkan Tiga Proyek Percontohan Digitalisasi  

Mobitekno – Platform digital menjadi salah satu inovasi untuk terus mengembangkan berbagai ide dan inovasi dalam sebuah perusahaan. Platform ini juga menjadi solusi terbaik dalam persaingan bisnis saat ini. Untuk itu, Porsche sebagai brand otomotif yang sudah memiliki nama di dunia, terus mendorong penggunaan platform digital ini. Belum lama ini Porsche melanjutkan serangan digitalnya dan menghadirkan tiga proyek menarik di Startup Autobahn, platform inovasi terbesar di Eropa. Hal ini dilakukan Porsche pada gelaran Expo Day 10 pada 21 Juli. Pabrikan mobil sport ini akan memberikan wawasan tentang strategi datanya dengan Porsche Data Cup dan Porsche Connect Partner Services. Pidato pembukaan akan disampaikan oleh Uwe-Karsten Städter, Anggota Dewan Eksekutif yang bertanggung jawab atas Pengadaan di Porsche AG, dan penerusnya, Barbara Frenkel. Melalui partisipasi mereka, Porsche menggarisbawahi pentingnya kerjasama dengan perusahaan start-up.

“Di Porsche, kami memenuhi impian pelanggan kami,” ujar Uwe-Karsten Städter, Anggota Dewan Eksekutif di Porsche AG. “Untuk melakukan ini, kami mengandalkan pengetahuan para insinyur dan teknisi kami yang berkualifikasi tinggi. Namun kemitraan eksternal menjadi semakin penting dalam hal memperoleh teknologi paling inovatif untuk perusahaan dan produk kami. Ini adalah faktor keberhasilan di bidang digitalisasi pada khususnya. Startup Autobahn adalah platform penting yang memungkinkan kami menjalin kontak dan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan muda yang inovatif.” Porsche telah berkolaborasi dengan Startup Autobahn sejak 2017. Tujuannya adalah untuk menemukan mitra inovatif yang membawa ide-ide baru ke dalam perusahaan dan yang dapat mewujudkan proyek percontohan dengan cepat.

1 GRNNIHn RprMCYjqfi 4IQ
Porsche di Startup Autobahn

 Porsche Data Cup: kompetisi inovasi digital

Sebagai bagian dari Expo Day 10 virtual, Porsche mengundang tim pengembang dari berbagai perusahaan untuk ambil bagian dalam kompetisi inovasi digital. Di Porsche Data Cup, peserta mendapat tugas untuk mengembangkan teknologi B2B2C berbasis data untuk aplikasi Smart Home, Fintech & Insurance dan E-mobility. Selama lebih dari enam minggu, tim pengembang memiliki kesempatan untuk bekerja dengan data kendaraan yang realistis dari lebih dari 140 antarmuka pemrograman aplikasi terbuka. Solusi yang paling menjanjikan sekarang akan dihadirkan. Tim pemenang akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan lebih lanjut prototipe mereka bersama dengan para ahli Porsche dalam kerangka Layanan Mitra Porsche Connect. Program ini akan menawarkan pengemudi Porsche ekosistem lengkap layanan kustom untuk kendaraan mereka. Dengan Layanan Mitra Porsche Connect, pabrikan mobil sport memperluas penawaran digitalnya dan akan menawarkan pengalaman Porsche yang lebih baik kepada pelanggannya.

Kecerdasan buatan di kantin: Delicious Data

Pada Expo Day tersebut, Porsche akan menampilkan tiga proyek yang telah dikembangkan bekerja sama dengan perusahaan start-up. Proyek Delicious Data mendukung Porsche dengan kecerdasan buatan dalam perencanaan harian jumlah makanan yang dibutuhkan. Ini membantu untuk menghindari produksi berlebih dan mengurangi limbah makanan. Dengan cara ini, teknologi mengurangi biaya dan membuat perusahaan lebih berkelanjutan. Algoritme pembelajaran mendalam menyediakan perkiraan jumlah tamu yang diharapkan dan distribusi menu. Hal ini dapat berdampak langsung pada produk yang digunakan dan mengarah pada penghematan dan peningkatan kualitas. Porsche telah menguji coba solusi AI dan sekarang meluncurkannya secara berurutan.

Proyek lain yang akan dihadirkan Porsche adalah kerjasama dengan perusahaan NXRT dan Spread. NXRT start-up asal Austria ini memungkinkan untuk melakukan test drive realitas campuran dengan kendaraan nyata. Hal ini memungkinkan pembeli mobil untuk menguji fungsi baru seperti mengemudi secara otonom. Hal ini mengurangi risiko kecelakaan bagi dealer dan pelanggan mereka dan pada saat yang sama meningkatkan pendapatan penjualan. Perusahaan Berlin, Spread, menawarkan solusi digitalisasi yang mendukung produksi media workshop oleh penulis teknis dalam purnajual dengan bantuan AI dan kembaran digital.

Tags: , , ,


COMMENTS