August 31, 2021

Penuhi Kebutuhan Produksi di Asia, Porsche Perluas Kapasitas Perakitan

Penulis: Desmal Andi
Penuhi Kebutuhan Produksi di Asia, Porsche Perluas Kapasitas Perakitan  

Mobitekno – Porsche memenuhi kebutuhan di Asia dan memperluas kapasitas perakitan globalnya. Pekerjaan pengembangan produsen mobil sport memiliki tradisi menggunakan situs pengembangan asing untuk menciptakan mobil dan layanan sport yang sempurna di masa depan. Mulai tahun depan, kapasitasnya akan tumbuh lebih lanjut untuk memasukkan satelit penelitian dan pengembangan permanen baru di China, yang memungkinkan fokus berkelanjutan pada pasar tunggal terbesar Porsche. Selanjutnya, perusahaan memperkuat kehadirannya di pasar negara berkembang di Asia Tenggara. Di luar proyek, seperti implementasi jaringan pengisian kinerja tinggi lintas batas pertama di kawasan yang bekerja sama dengan Shell, Porsche akan mendirikan perakitan lokal skala kecil di Malaysia untuk bergabung dengan jaringan lokasi produksi perusahaan. Kendaraan akan secara khusus disesuaikan dengan persyaratan lokal dan hanya akan tersedia untuk Malaysia.

“Kami didorong oleh rasa ingin tahu, dengan terus belajar dan menyempurnakan mobil kami,” kata Oliver Blume, Ketua Dewan Eksekutif di Porsche. “Memiliki rumah permanen untuk pekerjaan ini di Tiongkok akan membawa manfaat nyata, terutama dalam hal mencerminkan dan memprediksi kebutuhan pelanggan kami di Tiongkok, negara yang benar-benar menyambut baik Porsche dan telah membawa mobil kami ke hati hingga menjadi pasar penjualan terbesar kami selama enam tahun berturut-turut.” Lokasi satelit R&D di Shanghai diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pelanggan China dan kebutuhan mereka, dan untuk meningkatkan pengembangan produk lokal. Hal tersebut datang sebagai tambahan untuk Porsche Digital China yang didirikan sebagai perusahaan independen awal tahun ini dan Porsche Engineering China dengan kehadirannya di pasar selama lebih dari 20 tahun. Blume: “Pasar otomotif China sangat dinamis dan preferensi pelanggan sangat spesifik. Kami ingin memenuhi tuntutan ini dengan cara terbaik.”

Oliver Blume

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia, Porsche telah membentuk jaringan lokasi penelitian dan pengembangan permanen yang berdedikasi dan terus berkembang di seluruh dunia. Hal ini termasuk melakukan pekerjaan teknis mesin dan desain yang penting – dengan berbagai pelajaran yang didapat untuk menemukan jalan ke mobil yang telah jadi. Jaringan lokasi penelitian, pengembangan, dan pengujian permanen yang dioperasikan oleh Porsche berbasis di beberapa benua – semuanya terhubung langsung ke pusat perakitan mesin perusahaan di Weissach (Jerman). Ini berkisar dari danau beku Arjeplog di Swedia utara tempat sebagian besar pengujian cuaca dingin ekstrem dilakukan, hingga iklim dan medan jalan unik yang ditemukan di Johannesburg, Afrika Selatan hingga iklim panas kering California, AS. Pekerjaan ini tidak hanya memengaruhi dinamika dan kualitas kendaraan, tetapi juga fitur kenyamanan dan kemudahan serta teknologi yang dipasang pada mobil sport Porsche saat ini dan masa depan.

Contoh lain dari investasi global jangka panjang yang sudah mapan ada di Porsche Digital, anak perusahaan Porsche yang didirikan pada 2016. Perusahaan ini berkonsentrasi pada penelitian dan pengembangan layanan digital baru yang berfokus pada pelanggan dan berkantor pusat di Jerman dengan kantor utama di AS, Spanyol, Cina, Israel dan Kroasia.
“Kami bangga menjadi bisnis global yang dinamis dan berinvestasi dalam program lokal untuk memastikan mobil dan layanan kami mencerminkan kebutuhan spesifik pasar kami di luar Eropa. Untuk melakukan yang terbaik, dibutuhkan kehadiran permanen,” ujar Michael Steiner, Anggota Dewan Eksekutif, Penelitian dan Pengembangan di Porsche. “Penambahan lokasi satelit R&D China, bergabung dengan operasi penelitian dan pengembangan yang ada di Eropa, Amerika Utara dan di tempat lain, menggarisbawahi komitmen kami untuk memastikan mobil kami tetap relevan dan selaras dengan pasar kami.”

Meraih di Kawasan ASEAN

Asia Tenggara mewakili lingkungan pasar yang sangat dinamis dengan potensi pertumbuhan dan inovasi yang signifikan. Porsche memperluas jejaknya di sepuluh anggota kawasan ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dengan mendirikan majelis lokal bersama dengan mitra lama Sime Darby Berhad. Terletak di Malaysia, situs tersebut akan bertanggung jawab untuk perakitan akhir model spesifik untuk pasar lokal mulai tahun 2022 dan seterusnya. Fasilitas ini akan beroperasi bersama dengan jaringan lokasi produksi Porsche di Eropa.

“Kami beruntung karena perencanaan yang matang, pabrik-pabrik kami yang ada sekarang mampu memenuhi permintaan global saat ini dan masa depan untuk mobil kami,” kata Albrecht Reimold, Anggota Dewan Eksekutif untuk Produksi dan Logistik di Porsche. “Namun, lokasi perakitan baru di Malaysia memenuhi kebutuhan pasar yang spesifik dan, meskipun merupakan proyek yang berdiri sendiri dan ukuran serta kapasitasnya sederhana, ini menandakan kesediaan kami untuk belajar dan beradaptasi dengan kondisi pasar lokal tertentu.”

Selama sepuluh tahun terakhir, Porsche telah menikmati hubungan yang erat dan penuh kepercayaan dengan Sime Darby Berhad sebagai importir dan distributor eksklusif untuk merk mobil sport tersebut. Kemitraan itu ditambah dengan basis penggemar Porsche yang berkembang dan berdedikasi di Malaysia telah memberikan hasil yang mengesankan bahkan dalam kondisi yang menantang, sebagaimana tercermin dalam peningkatan sembilan persen dalam pengiriman pada tahun 2020. Sebagai negara pendiri blok ASEAN, Malaysia menawarkan peluang bisnis yang signifikan dan lanskap otomotif yang mapan.

Tags:


COMMENTS