September 12, 2021

Oyo Gunakan Solusi dari Microsoft Azure untuk Tingkatkan Teknologi di Industri Pariwisata

Penulis: Desmal Andi
Oyo Gunakan Solusi dari Microsoft Azure untuk Tingkatkan Teknologi di Industri Pariwisata  

Mobitekno – Microsoft dan perusahaan teknologi pariwisata global OYO baru saja menginformasikan tentang kerj sama strategis untuk mengembangkan teknologi di industri pariwisata, terutama untuk perhotelan. Dengan kerja sama ini, ke depannya OYO akan mengadopsi layanan cloud computing Microsoft Azure. Layanan cloud ini sebagai kunci untuk mendorong inovasi berbasis cloud. Sekaligus merevolusi industri perhotelan dan industri pariwisata berbasis teknologi. Dengan begitu, OYO akan memperluas dampak positifnya kepada pada bisnis hotel kecil dan menengah di seluruh dunia. Hal ini sejalan dengan komitmen jangka panjang Microsoft atas kemitraan strategis keduanya. Microsoft juga akan berinvestasi di OYO dalam bentuk ekuitas.

“Kami sangat senang dapat berinovasi bersama-sama dengan Microsoft, memimpin kemajuan teknologi masa depan untuk hotel kecil dan menengah, serta terus meningkatkan pengalaman menginap bagi para traveler. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengembangkan ekosistem aplikasi partner kami dengan lebih dari 50 aplikasi dan lebih dari 500 layanan,” ujar Abhinav Sinha, Global COO & Chief Product Officer – OYO Hotels & Homes mengatakan,

“Melalui kolaborasi ini, hotel-hotel di jaringan kami akan mendapat manfaat dari menjadi bagian dari sistem yang terintegrasi, dengan akses ke teknologi teranyar untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan pendapatan. Bagi para pelanggan, kerja sama ini akan mendukung pengalaman menginap yang lebih terpersonalisasi dan berbeda,” lanjut Abhinav.

Pengembangan Lebih Lanjut dalam Teknologi di Industri Pariwisata

Sebagai bagian dari aliansi ini, OYO akan mengembangkan pengalaman Smart Room untuk para traveler di platform OYO, contohnya seperti pengalaman kontrol suara dalam kamar yang premium dan terpersonalisasi. Penggunaan solusi dari Micosoft lainnya seperti Microsoft Speech dan AI juga akan digunakan, seperti untuk proses check-in mandiri. Nantinya OYO juga akan menggunakan sistem identifikasi Know-Your-Customer (KYC) mandiri, serta smart key untuk ruangan hotel yang dikelola menggunakan Internet of Things (IoT) dan asisten virtual.

OYO2
Konsep smart room sangat dimungkinkan dengan kerja sama OYO dan Microsoft

“Kami menyadari betapa pandemi telah menyebabkan perubahan besar dalam perilaku pelanggan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kini tamu kami lebih dekat dengan layanan berbasis digital, mereka mencari fleksibilitas, pemesanan dan pelayanan yang lebih cepat. OYO melihat bahwa perubahan tersebut harus cepat diadopsi oleh pengusaha lokal dengan cepat. Dengan adanya kerja sama antara OYO dengan Microsoft, mitra hotel kami di Indonesia bisa mengakses teknologi terdepan untuk meningkatkan pelayanan terhadap tamu, serta pengelolaan operasional dan pendapatan yang lebih baik. Salah satunya melalui teknologi berbasi cloud yang difasilitasi Microsoft Azure yang didukung keamanan dan skalabilitas tingkat tinggi,” ujar Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Indonesia.

Aliansi ini akan mencakup kolaborasi teknologi yang mendalam antara kedua perusahaan. Selain inovasi bersama, OYO juga akan mulai melakukan migrasi beban kerja ke platform Microsoft Azure, mengadopsi Microsoft Suite 365 untuk kolaborasi dan produktivitas kerja yang lebih baik, dan beralih ke Github Enterprise untuk mempercepat pengembangan teknologi dengan aman. Dalam upaya untuk mempermudah adopsi teknologi OYO di seluruh dunia, saat ini perusahaan juga sedang mengerjakan beberapa produk untuk mempermudah onboarding mitra hotel.

Tags: , , , ,


COMMENTS