July 14, 2023

Diperkuat OpenAI, Chatbot ‘Tanya’ Hadir di Aplikasi OneSmile. Permudah Warga BSD City Cari Lokasi Menarik di Area 6 Ribu Hektare

Penulis: Iwan RS
Diperkuat OpenAI, Chatbot ‘Tanya’ Hadir di Aplikasi OneSmile. Permudah Warga BSD City Cari Lokasi Menarik di Area 6 Ribu Hektare  

Mobitekno – Sinar Mas Land akan selalu melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan layanan kepada konsumennya yang menghuni kawasan area propertinya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemapuan aplikasi ponsel/smartphone OneSmile yang dikhususkan bagi warga BSD City dengan teknologi OpenAI dari Microsoft.

Kemampuan aplikasi OneSmile semakin ditingkatkan dengan inovasi terbaru yakni kehadiran fitur ‘Tanya’, chatbot berbasis OpenAI (artificial Intelligence) untuk city guide yang memungkinkan para penghuni menemukan berbagai tempat komersial atau menarik di dalam area BSD City seluas 6.000 hektare dengan mudah dan akurat.

BSD City 01
Warga BSD CIty makin dimudahkan dengan kehadiran fitur chatbot ‘Tanya’ dalam aplikasi OneSmile yang berbasis OpenAI.

Dalam fitur terbaru ini, perusahaan bekerja sama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan teknologi chatbot melalui layanan Microsoft Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search. Teknologi tersebut dapat memberikan jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan pelanggan, memahami konteks percakapan, hingga berkomunikasi dengan chatbot menggunakan bahasa alami.

Powered by Microsoft Azure OpenAI Service

Melalui layanan Azure OpenAI Service, OneSmile akan menganalisis kebutuhan pengguna dengan cara yang lebih sederhana melalui penyaringan ribuan pilihan merchant di BSD City secara bertanggung jawab untuk merekomendasikan berbagai tempat seperti restoran, kafe, rumah sakit, layanan medis, dan lain-lain.

Teknologi tersebut tidak hanya mengubah proses waktu yang panjang menjadi pengalaman yang cepat, tetapi juga dapat mengembangkan bisnis para mitra usaha di BSD City agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Kehadiran layanan fitur terbaru ini juga merupakan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan dalam beraktivitas secara digital.

OneSmile 01
Didukung teknologi OpenAI, aplikasi OneSmile akan menyajikan informasi yang berguna bagi warga BSD CIty.
OneSmile 02
Fitur ‘Tanya’ yang didukung OpenAI akan menambah beragam layanan yang telah hadir di aplikasi OneSmile.

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani mengatakan, “Saat ini, lebih dari 10.000 orang telah mengunduh aplikasi OneSmile. Bagi para merchant yang telah bergabung menjadi mitra usaha OneSmile diharapkan dapat memperbarui dan merinci informasinya dalam ekosistem data safe tenant, sehingga bisnis mereka dapat direkomendasikan kepada para pengguna dalam hal ini warga BSD City.

Para merchant yang aktif melakukan update data akan memiliki peluang yang lebih besar untuk meningkatkan pendapatan mereka. Penerapan fitur terbaru ini juga merupakan salah satu upaya kami dalam mentransformasikan BSD City sebagai integrated smart digital city.”

OneSmile: Proyek kemitraan Sinar Mas Land dan Microsoft

Fiki Setiyono, Azure Business Group Lead Microsoft Indonesia, menyatakan kegembiraannya atas kerjasama dengan Sinar Mas Land dalam meningkatkan layanan aplikasi OneSmile melalui integrasi teknologi dari Azure OpenAI Service dan Azure Cognitive Search. Diharapkan BSD City akan menjadi township yang semakin cepat perkembangannya ke depan.

“Penggunaan Artificial Intelligence dalam aplikasi OneSmile diharapkan semakin mempermudah para pengguna untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, para mitra usaha yang bergabung di aplikasi OneSmile juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi untuk mengembangkan bisnis mereka. Kami percaya langkah transformasi yang dilakukan secara kolektif, akan berkontribusi besar bagi perekonomian digital Indonesia,” ujarnya.

OpenAI di OneSmile app
OneSmile adalah community app terintegrasi yang memberikan kemudahan dalam pelayanan dan pemberian informasi khusus Warga BSD City.

 

Aplikasi OneSmile adalah salah satu proyek inkubasi dari Living Lab X yang merupakan bagian dari Living Lab Ventures (LLV). LLV adalah corporate venture Sinar Mas Land yang berfokus untuk menginkubasi dan mengembangkan perusahaan rintisan serta mengintegrasikan teknologi mereka ke dalam kehidupan masyarakat.

Penggunaan layanan Azure OpenAI Service di aplikasi OneSmile ini merupakan kelanjutan dari kemitraan strategis antara Sinar Mas Land dan Microsoft dalam menetapkan posisi BSD City sebagai pelopor konsep smart city di Indonesia.

Kemitraan strategis dari kedua perusahaan juga diimplementasikan untuk mempercepat proses transformasi Knowledge Hub Building di kawasan Digital Hub BSD City yang akan segera dibuka menjadi smart building dengan mengintegrasikan Azure Digital Twins.

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS