November 8, 2021

Peduli dengan Para Mitra UMKM Selama Pandemi, Gojek Keluarkan Kocek Sampai Rp 1 Triliun

Penulis: Desmal Andi
Peduli dengan Para Mitra UMKM Selama Pandemi, Gojek Keluarkan Kocek Sampai Rp 1 Triliun  

Mobitekno – Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, selama itulah ujian berat para pelaku bisnis menengah (UMKM) untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Beruntung bagi para pelaku UMKM yang bergabung dalam mitra Gojek. Hal ini karena Gojek memedulikan nasib mereka. Bahkan, selama pandemi, Gojek telah mengeluarkan uang sekitar Rp 1 Triliun untuk berbagai inisiatif mendukung mitra UMKM dan mitra driver. Bahkan Gojek juga memberikan apresiasi kepada mitra ekosistem yang telah menjadi pejuang pandemi dalam ajang penghargaan tahunan Mitra Juara Gojek.

“Berkat dukungan mitra driver dan mitra UMKM selama 11 tahun ini, Gojek dapat terus memberikan dampak positif dalam memudahkan kehidupan sehari-hari masyarakat, yang tercermin melalui kontribusi ekosistem kami terhadap pertumbuhan dan pemulihan ekonomi nasional. Oleh karena itu, dengan memahami bahwa kondisi pandemi merupakan masa-masa sulit bagi mitra ekosistem kami, dalam dua tahun terakhir kami menjalankan berbagai inisiatif bantuan kepada mitra-mitra kami agar mitra driver bisa tetap memperoleh peluang pendapatan dan mitra UMKM tetap tumbuh usahanya. Semua ini merupakan bentuk dukungan berkelanjutan kami agar dapat #BangkitBersama,” Kevin Aluwi, CEO Gojek, dalam acara Ngobrol Bareng Gojek, 5/11/2021.

Berdasarkan riset Lembaga demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 4 dari 5 mitra driver menyatakan tetap dapat memiliki pendapatan untuk menafkahi diri dan keluarga melalui kemitraan dengan Gojek. Bahkan, 4 dari 5 UMKM percaya GoFood telah mendorong pertumbuhan usahanya.

“Kami secara konsisten memberikan subsidi promo bagi mitra UMKM yang tidak hanya bertujuan mendorong daya beli konsumen, tetapi juga menimbulkan efek bola salju sehingga mitra usaha dan mitra driver tetap bisa mendapatkan order,” tambah Kevin.

Bahkan, di masa pandemi, Gojek semakin memperkuat komunitas partner Gofood atau yang biasa disebut KOMPAG. Gojek memberikan beragam materi edukasi baru. Dengan inisiatif ini, GoFood pun semakin tumbuh menjadi layanan pesan antar makanan andalan masyarakat dengan 1 juta mitra UMKM di seluruh Indonesia.

Gojek juga memberikan apresiasi kepada para mitranya melalui bantuan kebutuhan pokok, yang mencakup uang belanja sembako, voucher belanja sembako, voucher potongan harga sembako dari GoPay. Bantuan juga diberikan dalam bentuk penyediaan layanan dan perlengkapan kesehatan, seperti masker, hand sanitizer, disinfektan, hingga kegiatan operasional posko aman serta vaksinasi bagi ratusan ribu mitra driver di lebih dari 130 kota di Indonesia.

Mitra Juara Gojek

Gojek selalu memperhatikan para mitranya dalam berjuang untuk mencari nafkah untuk diri dan keluarganya. Hal ini termasuk para mira yang selalu semangat dan optimis dalam bekerja. Dengan tema “Pejuang Pandemi”, Gojek pun memberikan penghargaan tahunan, Mitra Juara Gojek. Untuk tahun ini, Gojek memberikan penghargaan kepada para mitra yang menunjukkan ketangguhan dalam bertahan di masa pandemi. Sejumlah 24 mitra mendapat gelar Mitra Juara Gojek dari seluruh layanan Gojek di tempat Gojek beroperasi.

Foto 1 Mitra Juara Gojek Pilihan Gojekers
Mitra Juara Gojek Pilihan Gojekers

“Tahun ini adalah tahun keempat kami memberikan penghargaan kepada mitra yang terus menginspirasi. Upaya para mitra yang menunjukkan ketangguhan mereka telah menjadi penyemangat bagi kami untuk selalu mendukung mitra di ekosistem agar bertahan dan pulih di masa pandemi sekaligus tetap berinovasi untuk membantu mitra dan konsumen dalam mempermudah hidup mereka,” ungkap Kevin.

Salah satu kisah inspiratif yang menjadi Mitra Juara Pilihan Gojekers adalah Jubaeroni dari layanan GoRide, yang dipilih oleh ratusan ribu masyarakat Indonesia. Mitra driver yang akrab disapa Pak Ubay ini menjadi pahlawan bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat Covid-19. Di saat tingginya kebutuhan akan tabung oksigen di Pontianak, ia rela antri mengisikan dan mengantar tabung oksigen tanpa memungut biaya. Selama dua bulan, Pak Ubay telah mengantarkan lebih dari 200 tabung oksigen kepada yang membutuhkan.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS