November 8, 2021

Kendaraan Roda Dua Juga Perlu Proteksi, Ini Lima Asuransi Motor yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik

Penulis: Desmal Andi
Kendaraan Roda Dua Juga Perlu Proteksi, Ini Lima Asuransi Motor yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik  

Mobitekno – Buat yang sering bepergian dengan motor, mungkin tidak semuanya memiliki proteksi asuransi ya. Nyatanya bukan hanya kamu yang butuh perlindungan, nyatanya sepeda motormu pun butuh. Pasalnya, kamu yang terbiasa menggunakan sepeda motor pasti sudah merasakan beragam manfaat kendaraan ini. Kalau tidak dirawat, aktivitas sehari-hari bisa terganggu.

Lalu perlindungan macam apa yang dibutuhkan oleh motormu? Salah satunya adalah asuransi motor. Alasannya, kamu tidak bisa memastikan kendaraan roda duamu ini tetap baik-baik saja, sebagaimana risiko gangguan pada motor tetap ada. Namun dengan adanya proteksi dari asuransi motor, kamu bisa mengalihkan risiko finansial yang dialami akibat motor rusak atau hilang kepada pihak perusahaan asuransi.

Lifepal.co.id, sebagai salah satu marketplace penyedia berbagai layanan asuransi, termasuk asuransi motor, bisa menjadi solusi buat kamu semua yang belum memiliki asuransi motor atau bingung untuk memilih asuransi mana yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebelum anda membaca lebih detail beberapa rangkuman dari Lifepal.co.id untuk pilihan asuransi motor di Indonesia, ketahuilah bahwa asuransi motor terbagi menjadi dua kategori umum yang hampir sama dengan proteksi dari asuransi mobil, yaitu proteksi Comprehensive dan Total Loss Only (TLO). Comprehensive adalah proteksi yang diberikan oleh jenis asuransi ini merupakan perlindungan menyeluruh. Artinya, perusahaan asuransi akan menanggung kerusakan mulai dari skala kecil hingga sangat parah. Sedangkan TLO, Perlindungan ini memberikan perlindungan skala lebih besar dengan minimal 75 persen dari kerusakan pada motor. Jadi, bisa dibilang, pihak asuransi baru akan menerima klaim apabila motormu benar-benar sudah rusak dan tidak bisa beroperasional lagi.

Setelah lebih memahami dua kategori tersebut, yuk simak ulasan dari pilihan-pilihan asuransi motor dibawah ini:

1. Sinar Mas

Simas Motor memberikan perlindungan istimewa pada motor dengan usia maksimal 10 tahun. Premi bisa dibayarkan tahunan atau sesuai periode polis dengan manfaat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Besar risiko sendiri (Own Retention) saat klaim yang jadi tanggung jawab nasabah hanya sebesar 10 persen dari pertanggungan, atau setara dengan Rp750 ribu.
  • Kamu bisa dapat pengembalian premi apabila masa pertanggungan belum mencapai 8 (delapan bulan).

Perlu diketahui, asuransi ini tidak berlaku untuk kendaraan motor dengan penggunaan komersial, misalnya disewakan atau digunakan untuk ojek. Selain itu, perusahaan asuransi akan melakukan survei kondisi motor sebelum didaftar sebagai objek tertanggung. Terkecuali motor dalam keadaan baru dibeli.

2. Zurich

Dengan layanan perlindungan 24 jam, produk Motor Z dari Asuransi Zurich memberikan kenyamanan dalam berkendara. Kenyamanan makin terasa karena berlaku di seluruh dunia.

Ada 3 (tiga) manfaat dan ketentuan yang ditawarkan oleh asuransi Motor Z, yaitu:

  • Jenis kendaraan yang ditanggung adalah kendaraan motor roda dua atau roda tiga dengan kapasitas tidak lebih dari 250 cc.
  • Usia masuk kendaraan maksimum 7 (tujuh) tahun pada saat penutupan asuransi
  • Terdapat jaminan risiko meninggal dunia atau cacat tetap dengan uang pertanggungan hingga 10 kali dari harga sepeda motor (setara dengan jumlah maksimal Rp200 juta)

Perlu diketahui, produk asuransi ini tidak ditujukan untuk kendaraan roda dua yang digunakan secara komersial.

3. Jasindo

Asuransi Jasindo menawarkan perlindungan untuk kendaraan bermotor sekaligus pengemudi dan maksimal tiga orang penumpangnya melalui proteksi Jasindo Oto Plus. Berikut 4 (empat) manfaat lainnya dari Jasindo OTO Plus:

  • Santunan perawatan sepeda motor, manfaat berupa ganti rugi perawatan sebesar 80 persen dari harga pasar, biaya perawatan di bengkel, dan pertanggungan atas suku cadang motor.
  • Pertanggungan Tambahan berupa perlengkapan atau perlengkapan non-standar motor.
  • Constructive Total Loss diberikan jika terjadi kerusakan melebihi/minimal 70 persen dari harga pasar motor.
  • Rekanan bengkel variatif, Jasindo bekerja sama dengan dua bengkel berikut, yaitu bengkel reguler dan bengkel authorized.

Saat survei keadaan motor, kamu juga tidak perlu repot mendatangi kantor Jasindo karena pihak perusahaan bisa datang ke tempatmu untuk melakukan survei.

4. Adira

Adira memiliki produk asuransi motor bernama Adira Autocillin Motopro. Uniknya adalah produk asuransi ini tersedia pula dengan sistem berbasis syariah yang bernama Motopro Ikhlas.

Berikut perlindungan yang kamu bisa peroleh dari produk asuransi ini.

  • Manfaat personal accident, yaitu manfaat santunan yang diberikan apabila pengemudi meninggal dunia atau cacat tetap total akibat kecelakaan.
  • Medical Expense, perlindungan biaya rawat inap pasca kecelakaan motor. Pemberian klaim asuransi dilakukan dengan sistem reimbursement.
  • Bagi Hasil, fasilitas yang hanya dimiliki oleh produk asuransi syariah yang dilakukan dengan prinsip Dana Tabarru’ (tolong-menolong).

Produk asuransi konvensional dan syariah Adira ini masing-masing terbagi menjadi dua kategori yang sama, yaitu Paket MotorPro (harga motor kurang dari Rp500 juta) dan Paket MotorPro Plus (harga motor kurang dari Rp100 juta).

20161128075821 Symantec Asuransi Cyber Juga Tak kalah Penting
Asuransi pada kendaraan roda dua mampu berikan rasa nyaman pada pemilik kendaraan

5. Astra

Asuransi Astra Buana memang tepercaya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, salah satunya produk kendaraan beroda dua. Jadi, tak heran apabila Astra turut menyediakan asuransi kendaraan motor.

Melalui produk asuransi Garda Motor, ada lima macam manfaat yang ditawarkan, yaitu:

  • Personal Accident, yaitu manfaat yang diberikan baik untuk pengemudi maupun penumpang berupa perawatan darurat dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan.
  • Tanggung Jawab Hukum oleh Pihak Ketiga, yaitu manfaat perlindungan terhadap kerusakan pada kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kelalaian si nasabah saat berkendara.
  • Strike, Riot, Civil Commotion, perluasan perlindungan yang disebabkan oleh kriminalitas, huru hara, dan demonstrasi.
  • Flood & Windstorm, Earthquake, Tsunami, Volcano Eruption (Art Of God), perlindungan terhadap kerusakan yang terjadi karena bencana alam dan hal yang di luar batas kemampuan manusia.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu hanya perlu melakukan registrasi secara langsung melalui Garda Oto Digital melalui smartphone pribadi. Layanan digital ini juga sangat membantu untuk survei pada kendaraan, persetujuan polis, hingga pengajuan klaim.

Itulah lima opsi dari asuransi motor yang dapat kamu pertimbangkan. Semoga penjelasan dan rekomendasi diatas bisa memberikan perlindungan finansial, dimana kedepannya kamu tidak terbebani dengan pengeluaran mendadak yang pada akhirnya bisa menguras tabungan. Untuk mendapatkan referensi produk asuransi terlengkap, silahkan cari informasi lebih detail di di https://lifepal.co.id/asuransi/motor/ .

Tags: ,


COMMENTS