June 2, 2021

Mavenir: Teknologi 5G Bisa Mengubah Wajah Kota-kota di Asia

Penulis: Desmal Andi
Mavenir: Teknologi 5G Bisa Mengubah Wajah Kota-kota di Asia  

Mobitekno – Teknologi jaringan 5G, perlahan tapi pasti sudah mulai banyak diadopsi oleh beberapa negara di dunia. Tidak hanya di belahan eropa dan Amerika saja, tetapi juga kawasan Asia Pasifik dimana berbagai industri maju juga terdapat di dalamnya. Beberapa industri bahkan sudah menggunakan teknologi ini di jaringan mereka. Dengan demikian, industri yang menggunakannya bisa menyatukan berbagai hal penting lainnya, terutama dukungan perangkat IoT miliknya. Di sinilah peran Mavenir sebagai perusahaan penyedia solusi teknologi 5G berada. Dengan berbagai solusi 5G yang dimilikinya, Mavenir siap membantu industri di kota-kota di Asia untuk bertransformasi ke teknologi 5G. Dengan begitu, bisa tercipta sebuah ekosistem kota pintar yang dapat mendukung banyak hal.

“Mavenir memiliki hampir semua hal dala teknologi jaringan. Kami memiliki pengalaman lebih dari 16 tahun untuk masalah ini. Sehingga kini kami sudah memiliki lebih dari 4600 karyawan di lebih 120 negara. Saat ini, teknologi ‘G’ yang baru tidak hanya tentang perusahaan lama yang mengintegrasikan seluruh perangkatnya secara vertikal. 5G benar-benar dapat menyeimbangkan kedudukan dan memberikan perusahaan kesempatan untuk mendorong lebih banyak inovasi,” ujar Aniruddho Basu, Senior Vice President Emerging Business Mavenir, dalam sebuah Webinar tentang teknologi 5G di Asia, Selasa 25/5/2021.

“Dengan 5G, kita tidak hanya melayani kebutuhan streaming 4K atau 8K pada smartphone saja. Tetapi lebih luas, yaitu kebutuhan lainnya seperti sensor yang digunakan untuk berbagai kepentingan jarak jauh. Telemedicine misalnya. Hal ini akan mengalami peningkatan beberapa kali lipat ke depannya,” lanjut Basu.

Saat ini, private network memang banyak digunakan perusahaan, pemerintahan, hingga user  untuk menjalankan bisnisnya dengan aman. Dipilihnya sistem ini karena faktor keamanan yang lebih baik. Bagaimana 5G ada di private network tentu saja dapat mengemankan dengan lebih baik koneksi seperti pada perangkat IoT, mobil, hingga robot di industri. Dengan adanya implementasi teknologi 5G dalam banyak hal, tentu saja akan semakin memudahkan aktivitas kehidupan banyak orang.

Mavenir memiliki solusi-solusi untuk menerapkan teknologi jaringan 5G dalam private cloud untuk negara-negara di Asia

Mavenir mencontohkan bagaimana angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi di kota Bangkok, Thailand. Bayangkan jika ada sebuah smart city yang dapat mengoneksikan informasi tentang banyak hal, seperti kebutuhan pejalan kaki, transportasi, sistem jaringan lalu lintas, pasokan listrik, hingga pasokan air. Semuanya bisa dikelola dengan lebih baik dalam lingkungan private network. Dan itu akan dapat bekerja dengan lebih lancar jika menggunakan jaringan yang cepat, seperti pada teknologi 5G ini.

Di Thailand, Mavenir bahkan sudah menyiapkan tiga studi kasus untuk penerapan mart city denga solusi miliknya, melalui Ban Chang Smart City. Mavenir telah fokus di sini selama enam bulan dan terus berkomunikasi dengan pemerintah setempat, operator, da memasang platform smart city di propinsi Rayong. Ada banyak kamera terpasang yang terhubung ke smart pole. Selain itu disediakan juga digital signage yang dapat menyediakan informasi untuk masyarakat. Dengan ketersedian perangkat-perangkat tadi, semua kondisi dalam kota bisa terawasi dengan baik.

“Teknologi 5G berbeda dari 2G, 3G, dan 4G. 5G. Jika sebelumnya lebih ke komunikasi, maka 5G lebih menyasar ke sektor swasta untuk bisnis. Teknologi 5G didesain agar kita bisa bertransformasi dalam kehidupan, mampu men-download data dengan lebih cepat, memiliki latensi sangat rendah, hingga memiliki lebih banyak kapasitas untuk menghubungkan jutaan perangkat, terutama yang berhubungan dengan IoT, VR, dan AI,” ujar Donald Price Global CTO, Emerging Business, Mavenir.

Ke depannya, • Teknologi 5G akan banyak digunakan di industri automation, health Care, Internet of Things, Autonomous Vehicle, dan Autonomous Flight.

Alasan Memanfaatkan Teknologi Mavenir

Dalam webinar tersebut, Mavenir pun memberikan alasan mengapa teknologi dan solusinya layak digunakan untuk penerapan smart city. Apalagi 5G dan bagaimana teknologi ini bisa mempengaruhi hidup banyak orang sehari-hari dan tentunya ekosistemnya. Solusi yang ditawarkan mavenir ini memiliki elemen-elemen jaringan yang bekerja di cloud. Dan maverin meletakkan berbagai komponen cerdas di atas elemen tersebiut. Dengan begitu, solusi ini memiliki portofolio yang kuat. Ini yang membedakan solusi Mavenir dengan lainnya.

Berikut lima alasan mengapa harus menggandeng Maverin untuk menerapkan teknologi 5G guna memperlancar bisnis perusahaan:

  1. Memiliki E2E Solution, flexible architecture, small footprint solution: berguna dalam bisnis karena dapat meningkatkan performa bisnis, meminimalkan jumlah server, meminimalkan konsumsi listrik, dan biaya yang lebih efisien.
  2. Mendukung Private spectrum sehingga bisa menghemat penggunaan hardware dan biaya yang lebih efisien.
  3. Memiliki desain microservices web scale yang menggunakan cloud-native, mendukung 4G dan 5G, ini dapat mempercepat pekerjaan, distribusi ke market yang lebih cepat, ekosistem yang lebih besar, dan hemat biaya
  4. Memiliki solusi yang dapat mendekatkan komputasi ke arah edge, sehingga trafiknya lebih lancar karena memiliki latensi rendah.
  5. Memiliki solusi automation yang membuat pengaturan dan pengoperasian menjadi lebih mudah karena meggunakan komponen yang dapat divirtualisasi.
Tags: , , ,


COMMENTS