April 20, 2020

Wisatawan Cina Selalu Berikan Penilaian Tinggi untuk Hotel yang Mereka Singgahi

Penulis: Desmal Andi
Wisatawan Cina Selalu Berikan Penilaian Tinggi untuk Hotel yang Mereka Singgahi  

Mobitekno – Kenyataan ini berdasarkan laporan yang dikeluarkan Travel Usage & Attitudes 2019 yang dilakukan Agoda. Hampir semua wisatawan di dunia biasanya selalu melihat ulasan online terlebih dahulu sebelum mereka memilih tempat menginap ketika bepergian. Dan ini menjadi masukan yang bagus bagi penyedia layanan pemesanan hotel dan tempat penginapan seperti Agoda.

Agoda yang memiliki lebih dari 34 juta ulasan untuk properti hotel dan Agoda Homes menginformasikan bahwa selain Cina yang paling banyak memberi penilaian tinggi (77,1%), terdapat juga Meksiko (76,5%) serta Hongaria dan Taiwan (75,9%). Penilaian tinggi ini antara 8-10.

Mereka yang bepergian dengan keluarga tertarik pada ulasan tentang layanan, seperti area bermain anak-anak, penitipan bayi, atau fasilitas dalam kamar, seperti dapur atau tempat tidur bayi, serta lokasi terkait perjalanan dan pengalaman ramah keluarga. Sementara wisatawan bisnis mungkin lebih tertarik pada kualitas koneksi internet, dan wisatawan yang bepergian untuk berlibur mungkin memprioritaskan pilihan sarapan atau fasilitas olahraga,” ujar Errol Cooke, Vice President of Global Partner Services, Agoda. “Sebanyak 34 juta ulasan terverifikasi pada platform Agoda menyediakan sumber daya penting untuk membantu wisatawan membuat pilihan yang tepat demi kebutuhan perjalanan mereka,” lanjut Cooke.

Ada urutan penilai tertinggi, tentu saja ada sebaliknya. Wisatawan asal India, Turki, dan Arab ada di peringkat tiga teratas negara yang memberikan nilai 1-3 untuk tempat menginap mereka. Namun, ada hal baik juga. Meskipun, wisatawan dari negara-negara ini merupakan wisatawan paling kritis, masih ada 66,2% wisatawan Turki, 63,2% wisatawan India dan 61% wisatawan Arab Saudi yang memberikan skor 8-10 untuk pengalaman perjalanan mereka.

Agoda
Hasil Studi Travel Usage & Attitude 2019

Bagaimana dengan Indonesia?

Untuk tempat penginapan di Indonesia, menurut studi tersebut, ternyata orang Indonesia pada umumnya memberikan nilai rata-rata. Hal ini menempatkan wisatawan Indonesia ada di urutan ke-46 untuk wisatawan yang memberikan ulasan positif (nilai 8-10) sebanyak 64,3%. Hanya 2,4% wisatawan Indonesia yang memberikan nilai rendah antara 1-3.

Berikut ini fakta lainnya yang didapat dari hasil studi Travel usage & Attutudes 2019 dari Agoda:

Cina

  • Wisatawan Cina menduduki peringkat teratas untuk pemberi ulasan terbaik dengan 77,1% memberikan skor yang tinggi.
  • Wisatawan Cina juga berada di peringkat yang rendah di antara pemberi ulasan yang negatif, yaitu di urutan ke-57.

Taiwan

  • Wisatawan Taiwan cenderung tidak memberikan skor rendah untuk masa inap mereka, dengan hanya 1,3% ulasan yang mendapatkan skor 1-3.
  • Selain itu, pelancong Taiwan menempati peringkat keempat di antara pemberi ulasan yang paling positif di seluruh dunia.

Korea Selatan

  • Wisatawan dari Korea Selatan berada di peringkat ketujuh sebagai yang paling mungkin memberikan skor ulasan tinggi, di mana 74,8% memberikan skor untuk perjalanan sebesar 8-10.
  • Korea Selatan juga merupakan salah satu pasar yang tidak begitu kritis, dengan hanya 2,5% pengulas memberikan peringkat 1-3, dan berada di peringkat ke-49 di antara pengulas paling keras.

Israel

  • Wisatawan Israel berada di peringkat ke-8 sebagai pemberi ulasan positif, di mana 74,8% pengulas memberikan skor tinggi, tetapi mereka juga berada di peringkat ke-13 di antara pengulas paling kritis dengan 4,3% memberikan skor 1-3.

Arab Saudi

  • Wisatawan dari Arab Saudi termasuk wisatawan yang lebih sulit untuk disenangkan dan berada di peringkat ketiga pemberi ulasan yang paling keras di seluruh dunia.
  • Mereka juga menempati peringkat kedua terakhir di antara pengulas yang memberi ulasan positif.

 

Negara Asal % pemberi ulasan yang memberikan skor tinggi (8-10)   Negara Asal % pemberi ulasan yang memberikan skor rendah (1-3)
1 Cina 77,1% 1 India 6,3%
2 Meksiko 76,5% 2 Turki 6,2%
3 Hongaria 75,9% 3 Arab Saudi 6,0%
4 Taiwan 75,9% 4 Uni Emirat Arab 5,9%
5 Rusia 75,5% 5 Oman 5,7%
6 Ukraina 75,3% 6 Mesir 5,5%
7 Korea Selatan 74,8% 7 Pakistan 5,2%
8 Israel 74,8% 8 Kuwait 5,1%
9 Estonia 73,6% 9 Bangladesh 4,7%
10 Polandia 72,8% 10 Swedia 4,7%

 

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS