March 26, 2024

Survei Eco Deals Agoda Tunjukkan 4 dari 5 Wisatawan Peduli dengan Perjalanan Lebih Ramah Lingkungan

Penulis: Desmal Andi
Survei Eco Deals Agoda Tunjukkan 4 dari 5 Wisatawan Peduli dengan Perjalanan Lebih Ramah Lingkungan  

Mobitekno – Survei Eco Deals Agoda ini baru saja dikeluarkan Agoda dan banyak mengungkap karakter para wisatawan yang menggunakan aplikasinya. Seiring meningkatnya minat masyarakat Indonesia dalam menjelajahi destinasi-destinasi baru, kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan budaya di setiap destinasi yang dikunjungi juga semakin meningkat. Sebuah survei yang dilakukan oleh platform perjalanan digital Agoda mengungkapkan bahwa sebanyak 79% wisatawan Indonesia kini memprioritaskan perjalanan yang lebih berkelanjutan. Fenomena ini mencerminkan perubahan paradigma di kalangan wisatawan, yang mulai menyadari dampak dari pilihan perjalanan mereka terhadap lingkungan dan masyarakat lokal.

Banyaknya responden yang menyatakan kepeduliannya terhadap keberlanjutan perjalanan menunjukkan bahwa kesadaran akan isu lingkungan dan sosial semakin meresap di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam survei yang melibatkan lebih dari sepuluh ribu responden dari sepuluh negara di Asia, hampir 8 dari 10 wisatawan menyatakan kesiapannya untuk membuat pilihan perjalanan yang lebih berkelanjutan. Meskipun demikian, masih ada sebagian wisatawan yang belum memprioritaskan keberlanjutan dalam keputusan perjalanan mereka, dengan variasi tingkat kepedulian antar negara.

Salah satu faktor yang dianggap mendorong wisatawan untuk memilih perjalanan yang lebih berkelanjutan adalah insentif finansial. Hasil survei menunjukkan bahwa insentif finansial seperti diskon menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan wisatawan dalam memilih perjalanan berkelanjutan. Selain itu, ketersediaan paket wisata berkelanjutan dan panduan yang jelas tentang praktik wisata berkelanjutan juga dianggap penting oleh responden.

Di Indonesia, hampir separuh dari responden menyatakan bahwa insentif finansial menjadi faktor utama yang memotivasi mereka untuk memilih perjalanan yang lebih berkelanjutan. Selain itu, ketersediaan paket perjalanan berkelanjutan dan panduan tentang praktik wisata berkelanjutan juga menjadi pertimbangan bagi sebagian wisatawan Indonesia.

Enric Casals, Associate Vice President Agoda, menekankan pentingnya memenuhi kebutuhan dan keinginan wisatawan untuk melakukan perjalanan yang lebih berkelanjutan tanpa harus mengorbankan anggaran perjalanan mereka. Melalui Kampanye Eco Deals Agoda, wisatawan diberikan pilihan berbagai penawaran menarik di akomodasi pilihan dengan harga yang terjangkau. Selain itu, setiap pemesanan yang dilakukan melalui kampanye ini akan mendonasikan satu dolar AS kepada proyek-proyek konservasi lokal World Wide Fund for Nature (WWF), yang bertujuan untuk melindungi satwa liar dan melestarikan habitat penting di Asia Tenggara.

Eco Deals Agoda
Survei Eco Deals Agoda

Hasil Survei Eco Deals Agoda Juga Tunjukkan Proyek Konservasi Jadi Perhatian Penting

Ketika ditanya mengenai praktik wisata berkelanjutan yang akan diprioritaskan dalam perjalanan, wisatawan Indonesia menyatakan akan mendukung komunitas lokal dan proyek konservasi sebagai prioritas utama. Selain itu, praktik daur ulang dan pengurangan limbah juga menjadi fokus bagi sebagian besar wisatawan Indonesia.

Tidak hanya di Indonesia, kesadaran akan pentingnya mendukung komunitas lokal dan mengurangi limbah juga menjadi tren di seluruh Asia. Lebih dari seperempat responden di seluruh Asia menyatakan kesiapannya untuk mendukung komunitas setempat dengan membeli produk lokal atau berkontribusi pada inisiatif lokal. Selain itu, praktik daur ulang dan pengurangan limbah juga menjadi prioritas bagi wisatawan di seluruh Asia.

Sejak diluncurkan pada 3 Maret 2024 di Hari Satwa Liar Sedunia, Kampanye Eco Deals Agoda telah menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan yang lebih berkelanjutan di Asia Tenggara. Dengan setiap pemesanan Eco Deals, satu dolar akan disumbangkan untuk mendukung proyek konservasi WWF, sementara wisatawan juga dapat menikmati diskon hingga 15%. Informasi lebih lanjut mengenai Kampanye Eco Deals Agoda dapat ditemukan di www.agoda.com/ecodeals.

Eco Deals Agoda
Eco Deals Agoda

Secara keseluruhan, survei yang dilakukan oleh Agoda menunjukkan bahwa kesadaran dan kepedulian wisatawan terhadap keberlanjutan perjalanan semakin meningkat di seluruh Asia, termasuk di Indonesia. Untuk itu, penyedia layanan perjalanan dan pemerintah diharapkan dapat bekerja sama dalam mempromosikan dan mendukung praktik perjalanan berkelanjutan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memastikan manfaat ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat lokal di destinasi wisata.

Tags: , , ,


COMMENTS