February 2, 2020

Dampak Wabah Virus Corona, Apple Tutup Semua Tokonya di Cina

Penulis: Rizki R
Dampak Wabah Virus Corona, Apple Tutup Semua Tokonya di Cina  

Mobitekno – Wabah coronavirus yang kian meningkat terhadap jumlah kematian, membuat sejumlah perusahaan meliburkan atau menutup toko/pabrik mereka. Seperti dilakukan oleh Apple Inc., pada Sabtu (1/2) kemarin yang mengatakan bahwa akan menutup semua toko resmi dan kantor perusahaan di Cina hingga 9 Februari mendatang.

“Berdasarkan saran terbaru dari para ahli kesehatan terkemuka, kami menutup semua kantor perusahaan, toko, dan pusat kontak kami di daratan Cina hingga 9 Februari,” kata Apple dalam sebuah pernyataan. Perusahaan juga mengatakan berharap agar dapat kembali membuka toko sesegera mungkin.

Melansir laman Reuters, awal pekan ini Apple telah menutup tiga toko di Cina, karena kekhawatiran tentang penyebaran virus. Perusahaan berbasis di Cupertino itu bergabung dengan segelintir perusahaan lainnya, termasuk Starbucks Corp dan McDonald’s Corp untuk sementara waktu menutup usaha mereka sebagai tindakan pencegahan.

Apple2

Sejauh ini, Apple masih sangat bergantung pada Cina baik untuk penjualan ponsel pintar maupun untuk rantai pasokan dan manufaktur.

Sementara itu, banyak perusahaan lain telah meminta karyawan mereka di Cina untuk bekerja dari rumah dan menghentikan bisnis yang tidak penting pada pekan pertama bulan ini. Biasanya, bisnis di Cina akan bersiap untuk kembali ke operasi normal setelah akhir Libur Tahun Baru Imlek selama sepekan.

Sejauh ini, Apple masih sangat bergantung pada Cina baik untuk penjualan ponsel pintar maupun untuk rantai pasokan dan manufaktur. Banyak pabrik di provinsi Hubei, termasuk pabrik yang dijalankan oleh AB InBev dan General Motors Co, untuk sementara waktu menangguhkan produksi akibat virus.

Dalam laba panggilan baru-baru ini, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa perusahaan sedang mengerjakan rencana mitigasi untuk menangani kemungkinan kerugian produksi dari pemasoknya di Wuhan. Kota tempat wabah virus berasal adalah rumah bagi beberapa pemasok Apple.

Tags: , , ,


COMMENTS