November 12, 2018

Belum Juga Diluncurkan, Pemerintah Buang Badan Terkait Mobil Esemka?

Penulis: Rizki R
Belum Juga Diluncurkan, Pemerintah Buang Badan Terkait Mobil Esemka?  

Mobitekno – Ketidakjelasan peluncuran mobil Esemka semakin menyeruak, pasalnya kendaraan bertipe SUV yang digembar-gemborkan bakal meluncur Oktober 2018 masih tidak jelas juntrungannya.

Dilansir dari iotomotif.com, Sabtu (11/11) peluncuran mobil Esemka hingga kini masih menjadi teka-teki meskipun mobil yang dikembangkan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini dikabarkan akan mulai diproduksi dan dijual dalam waktu dekat.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto agaknya masih enggan membicarakan terkait kehadiran Esemka ini. “Ini merek atau jenis kendaraan (Esemka)? Kita tidak bahas Toyota, Mazda, BMW, atau apapun itu (merek kendaraan). Pertama, kendaraan berdasarkan tipe low carbon emission vehicle (LCEV) dan mereknya terserah. Commercial car (truk), merek terserah saja,” jelas Airlangga di kantor Kemenperin, belum lama ini.

Kementerian Perindustrian sendiri memang tidak membahas soal merek kendaraan, mereka hanya membahas soal tipe kendaraan (regulasinya). “Kalau tipe, kita ada angkutan multi guna pedesaan atau AMMDes. Nah, itu kita sudah kembangkan semoga Januari bisa masuk pasar,” lanjutnya.

pabrik Esemka

Pabrik perakitan Esemka | kredit foto: Okezone News

Airlangga justru malah bertanya balik kepada media yang saat itu berada di lokasi terkait pabrik Esemka yang memang belum diresmikan tersebut. “Pabriknya sudah diresmikan belum? Ya sudah tunggu saja,” tutup Airlangga sambil meninggalkan tempat.

Tags: , , ,


COMMENTS