February 20, 2017

Fitur Pengenalan Wajah Mungkin akan Hadir di iPhone

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Fitur Pengenalan Wajah Mungkin akan Hadir di iPhone  

MOBITEKNO – Akuisisi perusahaan kecil biasanya merupakan ‘jalan pintas’ yang diambil perusahaan besar untuk mengadopsi teknologi baru secara cepat ketimbang harus melalukan riset dan pengembangan dari awal.

Langkah ini pula yang dilakukan Apple yang baru saja mengakusisi startup asal Israel, RealFace, yang selama ini berkecimpung di teknologi pengenalan wajah (face recognition).

Didirikan tiga tahun lau, RealFace merupakan perusahaan yang aktif dalam riset dan pengembangan sistem pengenalan wajah yang didukung oleh teknologi deep learning.

Deep learning adalah bagian machine learning yang berhubungan dengan algoritme yang berkaitan atau diinspirasi dari mekanisme, fungsi dan struktur otak. Mekanisme ini disebut juga sebagai jaringan saraf artifisial (artificial neural network).

Teknologi yang dikembangkan RealFace umumnya digunakan untuk mengembangkan sistem biometrics untuk login pengguna ke suatu perangkat tanpa harus memasukkan password apapun.

Sejauh ini RealFace sudah memperkenalkan aplikasi Pickeez yang memanfaatkan teknologi pengenalan wajah facial untuk memilih foto terbaik pengguna dari berbagai layanan social media yang diikutinya.

Baik Apple dan RealFace belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang akuisisi ini. Menurut Calcalist, kesepakatan ini bisa mencapai ‘beberapa juta Dolars’. Meski teknologi face recognition ini mungkin tidak akan siap saat peluncuran iPhone 8 nanti, Apple mungkin akan mengadopsinya pada iPhone generasi berikutnya yang akan dirilis tahun depan (2018).

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS