June 26, 2016

Suzuki: Dunia Otomotif Berubah, Cermati Jualan dengan Sistem e-Commerce

Penulis: Desmal Andi
Suzuki: Dunia Otomotif Berubah, Cermati Jualan dengan Sistem e-Commerce  

MOBITEKNO – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai memperhatikan penjualan kendaraan dengan sistem e-Commerce. Tidak seperti sekarang yang mengandalkan tenaga sales, dengan sistem e-Commerce dari lembaga pembiayaan, spesifikasi dan detail sebuah produk bisa dibaca langsung saat memilih produk kendaraan.

Menurut Suzuki, dunia otomotif memang telah berubah. Jika tahun-tahun sebelumnya penjualan mengandalkan dealer dan para sales, di tahun-tahun belakangan ini, e-Commerce sudah mulai menyentuh produk otomotif. Hal ini tentu akan mengurangi biaya tenaga sales. Terbukti beberapa e-Commerce besar sudah mulai memasukkan produk kendaraan dalam daftar jualannya.

“Sebelum melakukan acara buka puasa bersama media, saya sempat melakukan pembicaraan serius dengan salah satu lembaga pembiayaan. Mereka memiliki rencana untuk melakukan penjualan kendaraan dengan sistem e-Commerce,” ujar Davy J Tuilan,  4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di tengah acara buka puasa bersama media, Jumat 25/6/2016. “Dengan keadaan ini, dunia otomotif sedang berubah. Dari yang mengandalkan sales, kini produk bisa didapatkan dengan cara online. Beberapa produsen di dunia bahkan sudah menerapkan sistem penjualan ini,” tambah Davy.

PT SIS pun menurut Davy harus mengikuti perubahan ini, Namun, tidak dengan dadakan. Tetap ada proses untuk menuju ke sistem e-Commerce. Bisa jadi dalam sepuluh tahun ke depan, penjualan produk kendaraan sudah menggunakan sistem ini secara penuh karena bisa mengakses ke semua kawasan yang sebelumnya belum terjangkau dealer.

Di kesempatan yang sama, PT Suzuki Indomobil Sales juga menyiapkan program khusus untuk mudik lebaran tahun ini. Tidak hanya untuk roda empat, tetapi juga meng-cover roda dua. Namun, untuk tahun ini, hampir semua program mudik terkonsentrasi di pulau Jawa.

Tags: , , ,


COMMENTS