February 7, 2016

Tahun 2016, Suzuki Berencana Hadirkan Dua SUV dan Hatchback Baru

Penulis: Desmal Andi
Tahun 2016, Suzuki Berencana Hadirkan Dua SUV dan Hatchback Baru  

MOBITEKNO – Persaingan yang ketat di tahun 2015 dan pemain lain yang juga menggarap segmen yang sama, membuat Suzuki Indonesia harus memiliki strategi jitu untuk terus dapat bertahan menjaga market share mereka, terutama di tahun 2016. Oleh sebab itu, setelah di kuartal pertama tahun 2016 ini mereka memperkenalkan Dreza, di kuartal-kuartal berikutnya, Suzuki Indonesia berencana untuk mengeluarkan varian baru lainnya.

Suzuki yang pada tahun 2015 lalu menjual 122.3348 unit dari total penjualan kendaraan roda empat nasional sebanyak 1.032.422 (data GAIKINDO), ingin meningkatkan kembali market share mereka di tahun 2016 ini. Di tahun 2015, Suzuki memperkenalkan Celerio dan Cias untuk masyarakat Indonesia. Tahun ini, Suzuki mengawalinya dengan merilis Dreza. Berikutnya, Suzuki akan menghadirkan Mini SUV di kuartal dua, Medium SUV di kuartal ketiga, dan Hatchback baru di kuartal keempat. Rencana Suzuki ini disampaikan langsung oleh Davy J. Tuilan, 4W Deputy Managing Director Suzuki Indomobil Sales di tengah acara Media Gathering paa Jumat 4/2/2016.

Selain itu, perusahaan asal Jepang yang saat ini masih menduduki peringkat 4 di Indonesia akan mempertahankan market kendaraan niaga mereka, terutama Pick Up APV dan Pick Up Futura. Sektor wirausaha yang mengalami gangguan akibat daya beli rendah dan mengakibatkan masalah di pembiayaan pada tahun 2015 lalu ini masih menjadi andalan Suzuki Indonesia untuk jualan mereka.

Guna meningkatkan layanan ke konsumen mereka, Suzuki juga sudah menambah 23 outlet baru di Indonesia sehingga kini menjadi total 297 outlet. Dengan tema “The Year of More” yang mereka angkat untuk tahun 2016 ini, Suzuki Indonesia juga akan terus fokus pada layanan after sales, mulai dari menambah jaringan, fasilitas service 50 ribu km pertama, Suzuki Day, hingga fasilitas body repair yang kini sudah memiliki 17 bengkel body repair.

Suzuki juga telah meningkatkan peringkat Sales Satisfaction mereka. Berdasarkan sumbar dari JD Powers, Sales Satisfaction Suzuki Indonesia telah naik dari peringkat lima ke peringkat tiga. “Itu semua semata-mata untuk kepuasan konsumen dan calon konsumen di Indonesia,” ujar Makmur, 4W Director Marketing Suzuki Indomobil Sales. “Dengan brand image baru yaitu Small Makes Big, kami ingin memuaskan pelanggan dari berbagai inovasi, pengembangan, aktivitas, dan servis, supaya pelanggan dapat tersenyum puas,” tambah Makmur.

Suzuki Indonesia juga telah menginvestasikan dana sekitar US$ 1 miliar untuk pabrik baru di Cikarang, Jawa Barat Mereka masih yakin potensi pasar otomotif di Indonesia masih cukup menjanjikan. Dengan beroperasinya pabrik baru tersebut, diharapkan Suzuki dapat meningkatkan produksi mobil suzuki sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tags: , ,


COMMENTS