June 26, 2016

Seperti Lumia 950, Galaxy Note 7 Juga Bakal Dibekali Sistem Biometrik Iris Scanner

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Seperti Lumia 950, Galaxy Note 7 Juga Bakal Dibekali Sistem Biometrik Iris Scanner  

MOBITEKNO – Sebelum diluncurkan secara resmi pada 2 Agustus 2016 nanti, ada beberapa informasi beredar yang paling sering terdengar seputar phablet flagship penerus Galaxy Note 5, yaitu Samsung Galaxy Note 7.

Informasi yang beredar selama ini yang cukup hangat dibicarakan antara lain phablet-nya yang bernama Galaxy Note 7, memiliki layar lengkung (satu atau dua sisinya), prosesor Snapdragon 823, dan dukungan sistem keamanan biometrik (biometric security) dengan hadirnya iris scanner.

Hadirnya beberapa fitu terbaru di seri phablet Galaxy Note untuk pertama kalinya (dan bukannya di seri Galaxy S) merupakan langkah baru yang ditempuh Samsung. Seri Galaxy Note biasanya hanya memiliki sedikit perbedaan dari Galaxy S pada ukuran layar (lebih besar) dan ekstra stylus. Selebihnya, baik Galaxy Note dan Galaxy S memiliki spesifikasi teknis yang relatif mirip.

Banyaknya fitur baru di Galaxy Note mendatang nanti mungkin menjadi salah satu alasan Samsung memberikan nama phablet tersebut Galaxy Note 7 (bukannya Note 6). Alasan lainnya, Samsung pun mungkin tidak ingin Galaxy Note-nya ‘kalah pamor’ dibandingkan iPhone 7dan iPhone 7 Plus yang juga bakal dirilis Apple.

Nama resmi Galaxy Note 7 dan dukungan iris scanner tampaknya semakin mendekati kebenaran dengan adanya konfirmasi dari leakster terpercaya Evan Leaks melalui akun Twitter-nya @evleaks. Seperti diketahui, Informasi yang dibocorankan Evan seputar produk Samsung seringkali kali terbukti kebenarannya selama ini.

Selain nama resmi produk dan fitur iris scanner, Evan juga mengkonfirmasi spesifikasi teknisnya, seperti layar 5.7 inci (Quad HD AMOLED), internal storage 64 GB (bisa diperluas via slot microSD card), dual rear camera 12 MP, front camera 5 MP, IP68 rating, dan opsi tiga warna (hitam, silver, biru).

Hadirnya iris scanner di Galaxy Note 7 secara tidak langsung akan mengundang kuriositas (keingintahuan) pemerhati sistem biometrik, terutama jika dibandingkan dengan Windows Lumia 950 yang telah lebih dulu mengusung teknologi iris scanner.

Banyak yang menilai fitur iris scanner pada Lumia 950 memang menarik tapi sayangnya masih belum memiliki respons yang cepat (tidak secepat sensor sidik jari). Apakah Samsung bisa menjawab kelemahan dari iris scanner ini pada Galaxy Note 7? Kita tunggu saja kehadirannya sekitar sebulan lagi.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS