June 26, 2016

Pengguna Smartphone Bisa Lakukan Live Video Streaming di YouTube Semudah Facebook dan Twitter

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Pengguna Smartphone Bisa Lakukan Live Video Streaming di YouTube Semudah Facebook dan Twitter  

MOBITEKNO – Fasilitas live video streaming sudah dihadirkan Google di platform YouTube sejak 2011. Sayangnya, fasilitas live video streaming di layanan YouTube belumlah semudah fasilitas yang ditawarkan Facebook (Facebook Live), Twitter/Periscope, atau bahkan Snapchat.

Penyebabnya adalah absennya fasilitas live video streaming di YouTube mobile app yang tersedia langsung bagi penguna smartphone. Google bukannya tidak menyadari hal tersebut. Perusahaan yang kini berada di bawah Alphabet Inc. ini sepertinya perlu mempertimbangkan kesiapan infrastrukturnya agar fitur live video streaming bisa dihadirkan secara cepat, mudah, stabil bagi penguna.

Kesiapan infrastruktur sangatlah krusial bagi Google mengingat pengguna aktif YouTube setiap bulannya (MAU/Monthly Active Users) sudah di atas 1 miliar pengguna. Tahun ini saja setidaknya ada 6 miliar jam video yang ditonton oleh pengguna YouTube setiap bulannya.

Hadirnya fitur ini di mobile device sangat mungkin membuat lonjakan lalu lintas data. Hal inilah yang ingin diantisipasi Goole/YouTube agar layanan di portal video raksasa tersebut bisa berjalan tanpa adanya hambatan berarti.

Kini, pengguna smartphone hanya butuh beberapa langkah untuk dapat melakukan siaran langsung di YouTube. Cukup dengan menekan tombol capture berwarna merah, memasukkan keterangan (description) mengenai live streaming, dan memilih sebuah thumbnail, video pengguna pun sudah disiarkan secara langsung (live streaming).

Seperti juga Facebook Live dan Periscope, pengguna YouTube yang sedang melakukan siaran juga dapat melihat komentar langsung dari penonton (viewer) yang mengakses siaran tersebut. Menurut Google/YouTube, layanan live video streaming mereka akan jauh lebih tepercaya dibandingkan layanan sejenis yang masih menggunakan peerless infrastructure.

Sebelum fitur ini hadir bagi semua pengguna YouTube, Google baru menawarkannya bagi beberapa kreator konten populer dan selebriti yang kanal videonya ditonton jutaan orang. Meski begitu, Kurt Wilms, Product Lead Immersive Experiences YouTube, berjanji akan tersedia secara luas dalam beberapa bulan mendatang.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS