MOBITEKNO – Microsoft kembali menghadirkan ajang inovasi teknologi Imagine Cup 2016 di Indonesia. Imagine Cup merupakan sebuah kompetisi teknologi berskala global yang ditujukan bagi para pelajar dan mahasiswa berbakat di seluruh dunia untuk menciptakan dan mengembangkan berbagai aplikasi inovatif dari tiga kategori: World Citizenship, Innovation dan Games.
Bertempat di kantor Microsoft Indonesia, putaran semifinal Imagine Cup 2016 baru saja selesai diselenggarakan pada 12 Maret 2016 dengan diikuti oleh 18 tim dari berbagai daerah seperti Madura, Manado, hingga Inggris. Hal ini menjadikan Imagine Cup 2016 sebagai kompetisi dengan peserta paling beragam sepanjang sejarah Imagine Cup di Indonesia.
Sebanyak 9 peserta dari babak semifinal mampu memikat perhatian para juri dan berhasil maju ke babak final yang akan diadakan pada tanggal 6 April 2016 mendatang. Tiga tim yang menjadi pemenang babak final tingkat nasional Imagine Cup 2016 berhak mewakili Indonesia di tahap World Semi-final dan memperebutkan tiket ke Seattle untuk mengikuti tahap World Final.
Perkembangan Imagine Cup 2016 di Indonesia begitu terasa. Tahun ini Imagine Cup memperoleh angka video submission terbesar sejak tahun 2013 dimana sebanyak 118 video terkumpul pada tahap seleksi awal tingkat nasional. 46 proyek mewakili kategori Games, 29 proyek mewakili kategori Innovation dan 43 proyek mewakili kategori World Citizenship.
Dalam rangka mendukung para developer muda dalam berinovasi serta sebagai bentuk upaya pengembangan jiwa kewirausahaan para peserta, Bank Mandiri turut ambil bagian dalam Imagine Cup 2016 ini. Melalui kerjasama dengan Bank Mandiri, finalis dari kompetisi Wirausaha Muda Mandiri 2016 kategori digital mendapatkan kesempatan untuk mengikuti semifinal Imagine Cup 2016.
9 tim yang berhasil maju ke babak final:
A. Kategori World Citizenship
1. Tim Garuda45 (King’s College London, University College London, University of Edinburgh) dengan proyek TB DeCare
2. Tim Proclub Studio (Telkom University – Bandung) dengan proyek Mobile Posyandu
3. Tim TaniHub (BINUS Internasional – Jakarta) dengan proyek TaniHub
B. Kategori Innovation
1. Tim BatuBuah (Telkom University – Bandung) dengan proyek EZMarker
2. Tim Hoome Studio (Institut Teknologi Bandung, Telkom University – Bandung) dengan proyek Hoome
3. Tim IMS (Universitas Komputer Indonesia – Bandung) dengan proyek IMS+ (Infusion Monitoring System)
C. Kategori Games
1. Tim None Developers (Universitas Trunojoyo Madura – Bangkalan) dengan game Froggy and the Pesticide
2. Tim Reversi (Institut Teknologi Sepuluh Nopember – Surabaya) dengan game MonsterMath
3. Tim Rubic Studio (Universitas Trunojoyo Madura – Bangkalan) dengan game Flip the Cat
Tags: developer, Imagine Cup, Imagine Cup 2016, Inovasi, Kompetisi, Microsoft, Mobile Apps