October 14, 2016

Alumnus SoftBank dan Goldman Sachs Ditunjuk sebagai Presiden Grab

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Alumnus SoftBank dan Goldman Sachs Ditunjuk sebagai Presiden Grab  

MOBITEKNO – Grab, platform layanan jasa transportasi di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia hari ini (14/10/2014) menunjuk Ming Maa sebagai Presiden Grab dengan markas di Singapura.

Ming akan bertanggung jawab mendorong aktivitas pengembangan perusahaan, termasuk kemitraan strategis dan peluang investasi, pengembangan dan eksekusi strategi pasar terbaru, mengelola struktur kapital perusahaan dan aktivitas korporat lainnya.

Sebelumnya, Ming yang memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun dalam bidang keuangan dan investasi di Amerika Serikat dan Asia ini bertanggung jawab atas berbagai investasi SoftBank di perusahaan terdepan dalam industri ride-sharing dan e-commerce. Termasuk investasi untuk Grab kategori Seri D pada bulan April 2015 dan tambahan investasi Seri F pada bulan September 2016.

""

Setelah 12 tahun berkecimpung di dunia PE (private equity fund), Ming Ma yang jebolan MIT ini akhirnya memutuskan petualangan barunya di startup teknologi Grab.

Ming bergabung di Grab di saat yang menarik, di mana Grab telah memanfaatkan kesempatan pertumbuhan yang dihadirkan oleh meningkatnya populasi kelas menengah dan pengguna mobile, khususnya Indonesia, dan juga di mana Grab telah berinvestasi secara strategis terhadap kapabilitas pembayaran mobile untuk memungkinkan pengalaman transaksi harian yang mulus.

Menyambut penunjukkan Ming ini, Anthony Tan, CEO dan Co-Founder Grab menyatakan, “Ming adalah orang yang sangat strategis, dan wawasan yang dimilikinya dari lebih dari beberapa dekade di bidang investasi di AS dan Asia akan menjadi nilai tambah yang luar biasa seiring dengan perjalanan kami untuk memperluas kepemimpinan pasar di Asia Tenggara.”

“Grab tetap fokus untuk menjadi yang terdepan dalam menciptakan pengalaman terbaik untuk para pengguna, menumbuhkan platform transportasi, dan mengembangkan platform pembayaran GrabPay. Penunjukan Ming merefleksikan komitmen kami untuk menghantarkan pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan."

“Saya sangat senang dapat bergabung dengan tim Grab yang penuh dengan talenta, dan untuk dapat memanfaatkan pengalaman saya dalam industri e-commerce dan ride-sharing, untuk membangun kesuksesan Grab, seiring dengan upaya kita untuk menciptakan ekosistem mobile generasi berikutnya di Asia Tenggara,” ujar Ming.

Sebelum bergabung dengan SoftBank, Ming merupakan Principal di Ancora Capital Management Pte Ltd yang berbasis di Jakarta. Sebelum Ancora, Ming merupakan VP Merchant Banking Division di Goldman Sachs (2000-2012) di Tokyo dan San Francisco. Selama di Goldman Sachs, Ming yang bergelar Bsc dan Msc dari MIT ini bertugas mengelola investasi di seluruh spektrum industri dan melayani berbagai perusahaan teknologi dan media.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS