July 6, 2016

Update DirectX 12 Terbaru Permudah ‘Gado-Gado’ Multi-Graphics Card di PC

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Update DirectX 12 Terbaru Permudah ‘Gado-Gado’ Multi-Graphics Card di PC  

MOBITEKNO – Salah satu fitur menarik graphics API Microsoft terbaru, Direct X 12, adalah dukungan bagi pengguna Windows agar dapat memakai lebih dari satu graphic cards yang berbeda spesifikasi (GPU) dan pembuatnya (produsen).

Umumnya, konfigurasi multi graphics card bertujuan untuk meningkatkan performa graphics dari sistem PC dalam menjalankan game atau aplikasi tertentu. Fitur multi graphics Direct X 12 yang disebut Explicit Multi Adaptor (EMA) ini sayangnya masih belum didukung secara luas oleh para developer game.

Salah satu alasannya adalah EMA yang tergolong tool low level sehingga tidak mudah diimplementasikan dan memakan waktu dalam proses pengembangan dan update game. Bahkan, jika EMA tidak tepat diimplementasikan, performa sistem dengan multi graphics card justru akan menurun.

Microsoft menyadari hal tersebut dan berjanji akan menghilangkan segala kerumitan implemetasi EMA tersebut dengan menerapkan solusi abstraction layer baru. Microsoft mengklaim, para pengembang hanya membutuhkan proses coding minimal dengan abstraction layer baru agar game-nya bisa sepenuhnya memanfaatkan beberapa graphics card secara optimal.

Pengunaan beberapa graphics card pada satu sistem PC bisa menjadi solusi ekonomis bagi pengguna tanpa mengharuskannya membeli graphics card terbaru agar bisa menjalankan game terbaru yang membutuhkan performa graphics lebih tinggi.

Sejauh ini Microsoft belum memberikan jadwal pasti kapan update terbaru Direct X 12 akan dirilis. Microsoft diperkirakan akan merilis DirectX 12 dan driver yang mendukungnya bersamaan dengan hadirnya update Windows 10 terbaru (Anniversary Update for Windows 10).

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS