June 4, 2016

Digelar Ketiga Kalinya, Bukalapak Programming Contest Uji ‘Coding Skill’ Mahasiswa di Yogyakarta

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Digelar Ketiga Kalinya, Bukalapak Programming Contest Uji ‘Coding Skill’ Mahasiswa di Yogyakarta  

MOBITEKNO – Bukalapak kembali menggelar Programming Contest untuk mendukung minat dan bakat generasi muda di bidang teknologi, khususnya kemampuannya dalam programming di era digital dan Internet saat ini. Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat menciptakan atmosfer kompetitif yang sehat dan meningkatkan minat pelajar terhadap information technology (IT).

Setelah sukses menggelar Programming Contest pertama di Jakarta (2/2/2016) dan kedua di Bandung 9/4/2016), Bukalapak Programming Contest hadir di Yogyakarta. Kompetisi ini didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan digelar di Gadjah Mada University Club ini diikuti oleh lebih dari 100 Mahasiswa Teknik Informatika dan Ilmu Komputer se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

“Para peserta ditantang untuk menyelesaikan puzzle algoritma dengan menggunakan bahasa C/C++, Java, Pascal, atau Python. Melalui persaingan kompetitif dan sportif ini, Bukalapak ingin mendukung pengembangan potensi para programmer muda, mendorong semangat belajar tinggi, dan perkembangan minat bakat para peserta,” ujar Nugroho Herucahyono, Chief Technology Officer (CTO) & Co-Founder Bukalapak.

Muhammad Azhar Iskandar Zainal, Kasubdit Manajemen Pelaksanaan TIK, Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), menyampaikan, “Kami sangat mendukung kegiatan ini serta komitmen Bukalapak untuk mendorong perkembangan kemajuan teknologi Indonesia.

“Bekraf percaya bahwa teknologi dapat memberikan kontribusi terhadap industri kreatif, sehingga meningkatkan kapabilitas software engineer untuk turut mendukung industri kreatif di Indonesia”, tambahnya.

Sebelum memulai kompetisi, para peserta diberikan panduan tentang peraturan & ketentuan Bukalapak Programming Contest. Mereka akan memperebutkan berbagai hadiah menarik seperti MacBook Pro, iPhone 6s, iPhone 6, serta 2 external hardisk 1 TB.

Bukalapak Programming Contest yang ke-3 ini dimenangkan oleh Erwin Eko Wahyudi, mahasiswa dari UGM Ilmu Komputer (angkatan 2012) setelah mengalahkan 100 peserta lainnya.

“Ini merupakan pengalaman berharga dan memotivasi saya untuk terus belajar dan mengembangkan minat terhadap dunia programming. Saya berharap bisa berkontribusi kelak untuk negeri melalui minat saya ini,” kata Erwin Eko Wahyudi.

 

 

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS