August 24, 2015

Anggap Momen Sudah Pas, Royal Enfield Masuk Pasar Motor Mesin Menengah Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Anggap Momen Sudah Pas, Royal Enfield Masuk Pasar Motor Mesin Menengah Indonesia  

MOBITEKNO – Merek sepeda motor Royal Enfield memang belum akrab di telinga konsumen roda dua di Indonesia. Namun, sejarah motor ini bisa dibilang sudah sangat lama, yaitu lebih dari satu abad sejak pertama kali diproduksi di Redditch, Inggris pada tahun 1901.

Kini, Royal Enfield yang telah menjadi bagian dari Eicher Motors, perusahaan otomotif India, secara perdana mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia di ajang GIIAS 2015, ICE, BSD City pada hari ini (24/8/2015) dengan menggandeng PT Distributor Motor Indonesia sebagai Agen Pe,egang Merek Royal Enfield di Indonesia.

Selain mengumumkan entri perdananya di pasar motor mesin menengah (250 – 750 cc) di Indonesia, Royal Enfield juga menampilkan serangkaian motornya di ajang GIIAS 2015, seperti model Bullet yang ikonik (500 cc), Classic berdesain retro (500 cc dan Classic Chrome), dan Continental GT (535 cc) yang dijuki Café Racer Bike.

Salah satu ciri dari ketiga model motor Royal Enfield ini karakternya yang tidak lekang waktu (abadi), simpel, menarik, evocatice, dan multifungsi. Karakter multifungsi di sini dijelaskan oleh Abhijit Singh Brar, Head of Marketing, Royal Enfield adalah motor Royal Enfield selain bisa digunakan di jalanan perkotaan, juga sangat layak digunakan untuk berkendara touring dan adventure.

Selain motor, Royal Enfield juga menampilkan berbagai koleksi aksesoris (gear) yang bisa digunakan pengendara motor, seperti protective riding gear, despatch rider, dan lain-lain. Gear despatch rider yang baru dirilis merupakan perlengkapan yang diinspirasi dari kostum pengendara motor militer Inggris yang bertugas membawa pesan (military messenger) dari pusat ke unit-unit militer di medan perang.

Menyinggung mengenai strategi pasarnya di Indonesia, Arun Gopal, Head of International Business, Royal Enfield, mengatakan bahwa Indonesia dengan basis comuter-nya yang besar, potensi pasar Indonesia sangatlah tinggi dalam meng-upgrade motor-motor-nya. Dengan kata lain, harus ada pilihan produk yang optimal.

“Dengan mootor-motor klasik modern, Royal Enfiled siap untuk mengisi kesenjangan ini dan menjadi katalis perubahan tren ke motor-motor kelas mesin mengah di Indonesia,” papar Arun.

Meskipun tidak menyebutkan harga detailnya, berdasarkan data yang dikutip Mobitekno.com dari Jackbiker.com, harga termurah (off the road) motor yang ditawarkan Royal Enfiled adalah mulai dari Rp 54 juta (tipe Bullet 350) hingga Rp 145 juta (tipe Continental GT).

Berikut daftar harga beberapa model motor Royal Enfield (Off the road) yang dikutip dari sumber Jackbiker.com:
1. Bullet 350 : Rp 54 Juta
2. Bullet Electra 350 : Rp 59 Juta
3. Classic 350 : Rp 61 juta
4. Rumbler 350 (Thunderbird 350) : Rp 69,5 Juta
5. Bullet 500 : Rp 69 Juta
6. Classic 500 : Rp 74,5 Juta
7. Rumbler 500 (Thunderbird 500) : Rp 82 Juta
8. Continental GT : Rp 145 Juta
9.Classic Battle Green 500/Dessert Storm 500 : Rp 76 Juta
10. Classic Chrome : Rp 81 Juta

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS