October 8, 2015

Dari Android dan iOS, Practo Sediakan 4.200 Dokter untuk Masyarakat Ibukota

Penulis: Desmal Andi
Dari Android dan iOS, Practo Sediakan 4.200 Dokter untuk Masyarakat Ibukota  

MOBITEKNO – Bisnis layanan digital memang sedang naik daun. Tanpa harus memiliki langsung unit atau barang yang ditawarkan, bisnis seperti ini sudah dapat memanjakan banyak orang. Kini, Practo, layanan kesehatan berbasis digital juga sudah siap untuk merangkul masyarakat di Indonesia, terutama di Jabodetabek.

Aplikasi Practo ini berjalan di atas platform Android dan iOS. Melalui Google Play maupun Apple Store, semua pemilik smartphone bisa menggunakan aplikasi ini. Hadirnya aplikasi ini di Indonesia tidak lain ingin membantu semua lapisan masyarakat yang membutuhkan layanan dokter, baik dokter pribadi, melalui klinik, atau rumah sakit. Cukup dengan melihat daftar dokter yang ada, masyarakat dapat melakukan proses pemesanan dokter secara online.

Tidak mau setengah-tengah dalam menghadirkan layanan kesehatan ini, Practo sudah memiliki database dokter di ibukota Jakarta sebanyak 4.200 dokter yang diambil dari 60 persen jumlah klinik yang ada di Jakarta. Database sebesar itu terbagi menjadi beberapa jenis dokter, seperti dokter umum, dokter gigi, ahli penyakit dalam, dan masih banyak lagi. Practo memang memiliki tujuan jangka panjang, yaitu ingin membuat semua daftar dokter di Indonesia.

Menurut Practo, sejumlah 4.200 dokter ini sudah diverifikasi sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan kredibilitas dari dokter-dokter yang ada di dalam daftar. Mereka bisa melihat profil setiap dokter. Selanjutnya, mulaii dari proses pencarian, pemesanan, hingga membuat perjanjian untuk berkonsultasi bisa dilakukan langsung melalui perangkat mobile.

Guna memudahkan masyarakat di Indonesia, layanan kesehatan ini bisa digunakan secara gratis. Practo tidak membebankan biaya untuk aplikasinya. Biaya konsultasi dan pemeriksaan diserahkan langsung kepada klinik dan dokter sesuai dengan standar yang mereka miliki.

Dipilihnya Indonesia untuk memperluas layanan Practo ini karena Practo melihat masih terbukanya peluang untuk memberikan layanan kesehatan ini ke jutaan penduduk di Indonesia yang membutuhkan kemudahan dalam pemesanan dokter. Ke depannya, Practo tidak hanya membidik dokter dalam layanan kesehatannya. Mereka juga memiliki rencana jangka panjang untuk memperluas cakupan layanan kesehatan miliknya, dengan membidik layanan kesehatan profesional lainnya seperti layanan kebugaran, rumah sakit, hingga layanan kunjungan ke rumah sehingga konsumen dapat lebih dipermudah lagi dalam menemukan dan melakukan pemeriksaan oleh dokter pilihannya.

 

Tags: , ,


COMMENTS