October 5, 2015

‘CPU Identifier’ Ungkap Distribusi Manufaktur Chip Apple A9 Buatan TSMC dan Samsung

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
‘CPU Identifier’ Ungkap Distribusi Manufaktur Chip Apple A9 Buatan TSMC dan Samsung  

MOBITEKNO – Smartphone Apple yang belum lama dirilis, iPhone 6S dan 6S Plus, telah diperkuat dengan SoC (System on a Chip) berbasis ARMv8-A 64 bit generasi baru yang berinisial A9. Chip Apple A9 dengan dual core CPU 1,85 GHz (disebut Twister) ini didesain sendiri oleh Apple untuk kemudian dimanufaktur oleh perusahaan semikonduktor, seperti Samsung atau TSMC.

Informasi lebih jauh mengenai detail teknis chip A9 ini tidak dipublikasikan lebih lanjut oleh Apple. Bisa dipahami, mengingat Apple memang diketahui tidak terlalu mengumbar detail teknis seputar spesifikasi hardware produknya, termasuk iPhone.

Informasi detail biasanya datang dari pihak-pihak lainnya, misalnya ChipWorks yang belum lama ini mengungkapkan bahwa tidak semua chip A9 di dalam iPhone 6S dan 6S Plus adalah identik.

Menurut ChipWorks, Apple menyediakan dua versi chip A9 untuk iPhone terbarunya, yaitu chip A9 yang dibuat Samsung (ukuran die 96 mm) dan A9 dari TSMC (ukuran die 104.5 mm).

Meskipun perbedaan performa atau aspek lainnya (misalnya daya tahan baterai) antara keduanya masih belum diketahui hingga kini, adanya perbedaan proses produksi biasanya berpengaruh, meskipun mungkin kecil atau tidak dapat dibedakan oleh pengguna,

Pihak lain pun, iFixit, mengkonfirmasi hal tersebut dengan menyatakan bahwa chip buatan TSMC (APL1022, 16 nm) ditemukan dalam iPhone 6S Plus dan chip Samsung chip (APL0898, 14 nm) ditemukan dalam iPhone 6S. Penemuan iFixit berarti menunjukkan chip buatan TSMC hanya ada di iPhone 6S Plus atau sebaliknya.

Salah satu alasan utama Apple menggunakan chip yang diproduksi dari dua sumber (Samsung dan TSMC) adalah kepastian suplai untuk iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang pada penjualan launch weekend-nya telah terjual hingga 13 juta unit mengalahkan iPhone terdahulu (10 juta unit).

Bagi pengguna iPhone 6S dan iPhone 6S Plus yang ingin mengetahui apakah chip A9 yang mereka miliki diproduksi oleh TSMC atau Samsung, seorang developer bernama Hiraku Wang telah membuat aplikasi khusus iOS bernama CPU Identifier (klik URL ini untuk men-download) yang bisa mengidentifkasi kedua chip tersebut.

CPU Identifier juga menunjukkan informasi statistik yang menunjukkan sebaran dari chip A9 yang dibuat oleh TSMC dan Samsung. Berdasarkan statistik sementara, chip A9 yang dibuat TSMC masih lebih banyak dibandingkan chip A9 yang dibuat oleh Samsung.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS