October 27, 2015

Uji Sinyal GSM: Antennagate Tidak Terulang, Tapi iPhone 6S Masih Di Bawah Rata-rata

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Uji Sinyal GSM: Antennagate Tidak Terulang, Tapi iPhone 6S Masih Di Bawah Rata-rata  

MOBITEKNO – Seorang profesor di Universitas Aalborg di Denmark, Gert Frolund Pedersen, yang namanya pertama kali terdengar karena kasus “Antennagate” pada smartphone Apple iPhone 4 kali ini membuat pengujian data tangkap (penerimaan) sinyal beberapa smartphone yang beredar saat ini.

Dari hasil pengujiannya, smartphone Apple iPhone terbaru kembali mendapat sorotan karena kemampuan penerimaan sinyalnya tidak menunjukkan kedigdayaannya dalam banyak hal di teknologi smartphone.

Smartphone terbaru Apple, iPhone 6s, menurut pengujian professor Pedersen memiliki kemampuan penerimaan sinya yang kalah jauh dari lima besar smartphone/handphone dengan penerimaan sinya terbaik, seperti Doro Phone Easy 605, Samsung S5, Sony Xperia Z, Samsung S6, dan Samsung Xperia Go.

Apple iPhone 6s yang hanya menempati posisi ke-30 (lihat tabel di bagian akhir) bahkan kalah dibandingkan pendahulunya iPhone 6 atau kompetitornya, seperti Samsung Galaxy S6 dan Sony Xperia Z5 Compact.

Tes penerimaan sinyal ini mengukur performa antena dalam menerima sinyal frekuensi GSM 900 (dalam dBm). Pemilihan frekuensi untuk panggilan suara ini (voice call) dipilih karena sudah banyak diterapkan di berbagai negara di dunia yang operatornya mengadopsi teknologi seluler GSM.

Hasil pengujian yang dilakukan pada 37 smartphone/handphone menunjukkan bahwa iPhone 6s yang berada di urutan ke-30 daya tangkap sinyal GSM 900 sebesar -93.0dBm. Ini berarti masih jauh di bawah Samsung Galaxy S6 yang berada di urutan ke-4 (-97,8dBm), Sony Xperia Z di peringkat ke-3 (-98,1 dBm), atau Sony Xperia Z5 Compact di peringkat ke-10 (-96,8 dBm).

Meskipun selisih daya tangkap sinyal (dBm) relatif kecil, perlu diketahui bahwa Decibel adalah unit algoritma. Jadi,-100 dB menunjukkan nilai yang lebih baik 10 kali dibandingkan -90 dB. Ini berarti perbedaan ‘kasar’ antara daya penerimaan sinyal Galaxy S6 dan iPhone 6s adalah sekitar tiga kali.

Menurut Pedersen, ukuran antena dan penempatannya di dalam menjadi faktor yang signifikan mempengaruhi kemampuan penerimaan sinyal. Antena pun menjadi kian terdesak oleh ukuran layar dan baterai yang kian membesar.

 

""

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS