January 30, 2020

Otonom Sepenuhnya, Traktor Kubota X Mewakili Masa Depan Industri Pertanian

Penulis: Rizki Romdoni
Otonom Sepenuhnya, Traktor Kubota X Mewakili Masa Depan Industri Pertanian  

Mobitekno –┬áMasa depan pertanian akan sedikit lebih cerah melalui inovasi dan teknologi robotik. Di Jepang, pembuat traktor Kubota akan merayakan hari jadi mereka yang ke-130┬ádengan meluncurkan kendaraan konsep cerdas X Tractor, yakni traktor listrik otonom yang mampu membajak secara ‘senyap’ di ladang pertanian.

Traktor Kubota X telah memulai debutnya di sebuah pameran di kota Kyoto, Jepang pada bulan ini yang memberikan sekilas pandangan terkait masa depan pertanian. Traktor ini sepenuhnya otonom dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan powertrain listrik (sebuah mekanisme yang mentransmisikan drive dari mesin kendaraan ke porosnya) dengan roda motor yang dipadukan baterai lithium-ion dan baterai surya.

Kubota mengklaim sebagai salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi pintar ke dalam bisnis pertanian. Menurut mereka hal tersebut bertujuan untuk mengatasi masalah petani modern seperti kekurangan tenaga kerja dan efisiensi operasi yang rendah.

Menurut perusahaan Jepang itu, konsep traktor robot terbaru mereka dapat menggerakkan dirinya sendiri di medan yang tidak rata berkat ‘cakaran’ dan dapat mengubah ketinggiannya tergantung pada kondisinya. Jika diperlukan lebih banyak traksi, traktor akan menurunkan dirinya sendiri untuk menyentuh pusat gravitasi sementara saat beroperasi di atas tanaman. Traktor ini juga dapat meningkatkan ketinggiannya, berkat ground clearance-nya.

Roda motor dari powertrain elektrik memungkinkan untuk mengubah kecepatan keempat crawler dalam sesaat untuk mengurangi radius putaran traktor otonom. Hal ini membuat lebih mudah untuk bermanuver di berbagai jenis lahan.

Tags: , , ,


COMMENTS