July 28, 2020

Kecil-kecil Monster! Inilah Mini John Cooper Works GP yang Hanya Ada 12 Unit Saja

Penulis: Rizki Romdoni
Kecil-kecil Monster! Inilah Mini John Cooper Works GP yang Hanya Ada 12 Unit Saja  

Mobitekno – Mini Indonesia secara resmi telah meluncurkan The New Mini John Cooper Works GP secara virtual, pada Senin (27/7) kemarin. Kendaraan ini diklaim sebagai model paling buas, karena memiliki desain layaknya mobil balap. Mini John Cooper Works GP hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit secara global. Dan Indonesia hanya kebagian ‘jatah’ sebanyak 12 unit saja.

Sementara, sistem pembeliannya adalah siapa cepat dia dapat, dan MINI Indonesia sempat mengamankan 1 unit dengan nomor urut “0075” agar pas dengan umur kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2020 nanti, yakni 75 tahun.

“The new MINI John Cooper Works GP hanya 3,000 unit yang diproduksi di MINI Plant Oxford, mesin turbocharged 4-silinder 306 hp memungkinkan model dua kursi ini melesat dari 100 km/jam hanya dalam 5.2 detik,” ujar Kidd Yam, Head of MINI Asia.

Kidd menyatakan, pengalaman berkendara yang baru diwujudkan oleh mesin yang sejauh ini merupakan mesin paling kuat yang pernah digunakan dalam varian Mini 3 Door. Sports car ini juga dilengkapi dengan teknologi suspensi yang dikonfigurasi berdasarkan keahlian John Cooper Works di dunia Motorsport, serta bodi yang dioptimalkan dalam hal konstruksi ringan body stiffness dan aerodinamika.

Secara tampilan, The New Mini John Cooper Works GP ini memang terlihat agresif dan mencolok. Hal itu ditunjang oleh pilihan warna dan desain yang khas serta didukung oleh penggunaan spoiler wing belakang dengan kontur double wing.

Apalagi, mobil ini pun sudah dibekali dengan exhaust khusus yang menghasilan raungan suara khas sports car. Dari sini, terlihat bahwa The New Mini John Cooper Works GP seakan ingin menegaskan bahwa ini merupakan mobil mungil bertenaga monster.

Sistem rem sports di MINI John Cooper Works GP baru memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten bahkan ketika digunakan secara intensif. Sistem ini terdiri dari rem cakram kaliper-tetap 4-piston di roda depan dan rem kaliper-mengambang piston-tunggal di roda belakang. Sistem rem sports ini dicirikan oleh stabilitas tinggi dan penggunaan pedal yang nyaman. Kaliper depan terbuat dari aluminium dan dikombinasikan dengan cakram berventilasi 360 × 30 mm. Kaliper ini berwarna Chili Red dan berlogo John Cooper Works.

MINI John Cooper Works GP baru hadir dengan velg 18 inci. Hadir dalam format 8,0 J × 18, berat kurang dari 9 kg dan dilengkapi dengan ban berperforma tinggi yang khusus dikembangkan untuk sports car. Dop pada velg eksklusif lengkap dengan logo GP. Struktur dan profil ban 225/35 R 18 dirancang untuk pastikan presisi kemudi maksimum, transmisi optimal gaya lateral saat menikung, dan peningkatan traksi selama akselerasi dan deselerasi.

New Mini John Cooper Works GP hadir dengan harga Rp1,5 miliar, sudah termasuk Mini 4 Years Unlimited Mileage Warranty dengan Free Scheduled Service, 5 Year Mini Service Inclusive dan 2 Years BMW Group Tyre Coverage.

Tags: , , , ,


COMMENTS