February 22, 2020

Dibalik Kecanggihan Samsung Galaxy S20 Ultra Mereplikasi Teknologi Huawei P30 Pro

Penulis: Rizki Romdoni
Dibalik Kecanggihan Samsung Galaxy S20 Ultra Mereplikasi Teknologi Huawei P30 Pro  

Mobitekno – Pasar premium smartphone Tanah Air belum lama ini telah diriuhkan melalui kehadiran produk flagship terbaru dari Samsung, yakni Galaxy S20 Ultra dengan kamera super canggih. Tak hanya si ‘Ultra’, beberapa saudaranya pun diboyong Samsung, seperti S20 dan S20+. Khusus Galaxy S20 Ultra, handset ini dilengkapi dengan 108MP kamera dan teknologi AI yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dalam menangkap momen berharga, termasuk juga dengan space zoom yang membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dengan hasil yang baik meski dari jarak jauh.

Tentu ponsel pintar flagship keluaran Samsung itu sangat mendukung aktivitas penggemar fotografi yang lebih suka ekosistem Android daripada iOS. Saat peluncurannya pun perusahaan asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa fitur kamera pada produk terbarunya dilengkapi dengan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan hasil gambar terbaik.

Bagi kebanyakan penggiat smartphone dengan teknologi kamera yang canggih pasti sudah mengenal bahwa teknologi AI serupa sudah pernah diterapkan oleh perusahaan pesaing Samsung, yakni Huawei, pada produk yang mereka luncurkan tahun lalu, melalui Huawei P30 Pro. Memang, tahun itu Huawei P30 Pro merajai smartphone camera di dalam tabel DxOmark, mengungguli Samsung dan iPhone sekalipun.

Samsung Galaxy S20 Ultra

Seperti tiga kamera utama pada S20 dan S20+, sistem yang diterapkan sangatlah mirip dengan produk P30 dari Huawei yang diluncurkan Maret tahun lalu. Faktanya, Samsung mengklaim kamera beresolusi tinggi dengan 64MP pada S20 dan S20+ bisa jadi menyesatkan, karena lensa 64MP terdapat bukan di kamera utama tetapi lensa telephoto yang menampilkan 3x optical zoom. Sensor S5KGW2 64MP pada dua model ponsel lini Galaxy S20 ini dilaporkan GSM Arena tidak akan memproduksi foto dengan teknologi pixel-binning 4-in-1 beresolusi 16MP. Alih-alih, kamera ponsel pintar ini akan menggunakan metode pemotongan lama untuk mendapatkan foto zoom dekat.

Sedangkan untuk Huawei P30 Pro sendiri juga dilengkapi dengan tiga kamera dengan spesifikasi kamera utama 40MP (27mm, f/1.6), kamera ultrawide angle 20MP (16mm ultrawide sensor, f/2.2) dan kamera telephoto 8MP dengan SuperZoom Lens (5x Optical Periscope prism f/3.4).

Kemampuan Samsung menghadirkan Galaxy S20 Ultra patut mendapatkan sorotan yang baik, berkat kecanggihan produk melalui 10x optical zoom-nya. Namun sadarkah Anda bahwa teknologi AI yang mereka gunakan sudah pernah dikenal terlebih dahulu melalui produk Huawei tahun lalu, Huawei P30 Pro. Secara rinci, semakin tinggi tingkat pembesaran pada kamera, semakin menyulitkan pengguna dalam mendapatkan posisi yang stabil dan menangkap gambar yang baik. Maka, Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki teknologi Super Steady dengan bantuan AI untuk menganalisis dan menangkap gambar yang lebih stabil.

Teknologi serupa sebelumnya pertama kali diperkenalkan oleh Huawei P30 Pro dengan Optical Image Stabilisation yang menggunakan teknologi AI Image Stabilization untuk meningkatkan sinergi antara software dan hardware agar pemotretan jarak jauh lebih maksimal.

Tags: , , ,


COMMENTS