September 7, 2020

Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki Kembangkan Platform Baterai Bersama untuk Motor Listrik

Penulis: Rizki Romdoni
Honda, Yamaha, Kawasaki dan Suzuki Kembangkan Platform Baterai Bersama untuk Motor Listrik  

Mobitekno – Empat raksasa pabrikan sepeda motor Jepang, yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki belum lama ini melakukan kerja sama dalam pengembangan dan pengujian sepeda motor listrik. Secara khusus, keempat perusahaan tersebut bekerja sama untuk mengembangkan platform baterai yang bisa saling ditukar untuk sepeda motor listrik.

Pada tahun lalu, memang mereka berempat telah mengumumkan pembentukan konsorsium dalam mengembangkan baterai yang dapat ditukar pada sepeda motor listrik. Tapi hingga kini, belum ada satu pun pembaruan informasi dari mereka tentang rencana tersebut.

Berita pertama yang dikeluarkan, ternyata perusahaan tersebut sudah siap untuk menguji desain baterai sepeda motor listrik yang dapat ditukar dengan pengguna sungguhan.

Pengujian akan dilakukan di Universitas Osaka dan akan dikenal sebagai uji coba ‘e-Yan OSAKA’. Sebagai bagian dari pengujian, mahasiswa dan staf di Universitas Osaka akan menerima sepeda motor listrik untuk digunakan selama masa uji coba. Lalu, juga disediakan stasiun penukar baterai yang dipasang di kampus serta di toko serba ada di daerah tersebut.

Konsorsium belum mengungkapkan spesifikasi teknis apa pun terkait baterai tersebut, tetapi ada spekulasi bahwa mereka kemungkinan akan mengikuti jejak Honda memakai paket baterai yang dapat ditukar dari Honda PCX listrik dan Benly, menurut sebuah laporan oleh MCN.

Noriaki Abe selaku Managing Executive Officer and Head of Motorcycle Business Operations di Honda memaparkan bahwa sebagai hasil dari studi kolaborasi berulang-ulang di antara empat perusahaan sepeda motor domestik, Honda dapat berkolaborasi dengan e-Yan OSAKA untuk memverifikasi spesifikasi umum baterai yang dapat diganti.

Uji coba e-Yan OSAKA diharapkan berlangsung selama satu tahun, di mana konsorsium akan mempelajari efektivitas desain baterai dan stasiun pertukaran baterai untuk akhirnya memutuskan desain akhir yang bisa menghasilkan produksi secara penuh.

“Kami menyadari bahwa masih ada masalah yang harus diselesaikan dalam penyebaran sepeda motor listrik, dan kami akan terus berupaya meningkatkan lingkungan penggunaan pelanggan kami di area tempat setiap perusahaan dapat bekerja sama,” kata Abe.

Akan menarik untuk disimak jenis baterai apa yang digunakan dalam uji coba e-Yan OSAKA dan seberapa besar kapasitas baterai tersebut. Lalu, apakah keempat Raksasa Otomotif itu dapat merevolusi sepeda motor listrik bila mereka menggunakan format bersama untuk baterai yang dapat ditukar. Bagaimana menurut kalian?

Tags: , , , , , ,


COMMENTS