June 18, 2019

OS HongMeng ‘Racikan’ Huawei Diklaim Lebih Kencang Ketimbang Android, Kapan Peluncuran Resminya?

Penulis: Rizki R
OS HongMeng ‘Racikan’ Huawei Diklaim Lebih Kencang Ketimbang Android, Kapan Peluncuran Resminya?  

Mobitekno – Huawei dilaporkan secara intensif tengah menguji sistem operasi ‘racikan’ mereka (HongMeng) bersama raksasa internet dan vendor ponsel pintar domestik. Sistem baru itu kabarnya akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

Menurut laporan GlobalTimes, perusahaan teknologi seperti Tencent telah bekerja sama dengan karyawan Huawei yang bertanggung jawab atas EMUI, OS seluler khusus berbasis Android yang digunakan Huawei pada sebagian besar ponsel pintar bermerek Huawei dan Honor untuk menguji sistem operasi HongMeng baru.

Vendor smartphone seperti OPPO dan vivo juga telah mengirim tim untuk menguji sistem baru tersebut, yang diklaim 60 persen lebih cepat daripada sistem Android.

Huawei telah mempercepat peluncuran OS HongMeng sebagai bagian dari upayanya yang lebih luas di tengah tindakan keras pemerintah AS. Google sebagian memblokir sistem Android-nya dari Huawei atas perintah kontrol ekspor pemerintah AS, yang membebani bisnis ponsel cerdas perusahaan di pasar luar negeri.

Huawei P30Pro

Ketika ditanya tentang kapan OS HongMeng akan diluncurkan secara resmi, Shao Yang, chief strategy officer of Huawei’s business consumer group, mengatakan, “Itu (masih) rahasia.”

Beberapa analis industri percaya bahwa Huawei P40 yang akan datang akan dilengkapi dengan OS HongMeng, sementara situs berita industri gsmarena.com melaporkan pada hari Selasa bahwa Huawei telah berhasil mengirimkan 1 juta smartphone dengan OSnya sendiri. Tidak diketahui apakah itu handset sebenarnya yang tersedia untuk pasar.

Analis industri juga memperingatkan bahwa pemangkasan pasokan Google ke Huawei mungkin merugikan perusahaan Cina dalam jangka pendek, tetapi itu akan memaksa perusahaan untuk mengurangi ketergantungan pada raksasa teknologi asing seperti Google, dan membentuk kembali pasar perangkat lunak yang didominasi oleh perusahaan-perusahaan AS.

Google kini melobi untuk pembebasan Android dari larangan Huawei, dengan alasan bahwa larangan Huawei akan meningkatkan risiko keamanan nasional ke AS.

Sebuah sumber yang dekat dengan maskapai besar Tiongkok mengatakan kepada Global Times bahwa perusahaan teknologi besar secara aktif bekerja sama dengan Huawei untuk mendorong pelepasan OS HongMeng, yang juga dianggap sebagai pukulan besar terhadap tindakan keras pimpinan AS.

Tags: , , , , ,


COMMENTS