May 26, 2019

Analis: Pengapalan Huawei Bisa Melorot Hingga Seperempatnya di Tahun Ini

Penulis: Rizki R
Analis: Pengapalan Huawei Bisa Melorot Hingga Seperempatnya di Tahun Ini  

Mobitekno – Raksasa teknologi asal Negeri Tirai Bambu, Huawei, yang lumpuh karena terkena sanksi AS akan melihat pengiriman ponsel pintar mereka menurun hingga seperempat tahun ini. Disamping itu, perusahaan juga akan menghadapi kemungkinan bahwa smartphone-nya akan menghilang dari pasar internasional, sebut para analis.

Menurut Fubon Research and Strategy Analytics, pengiriman smartphone Huawei, dimana yang terbesar kedua di dunia berdasarkan volume, dapat jatuh antara 4% dan 24% pada tahun 2019 jika larangan tersebut tetap berlaku.

Beberapa ahli menyebutkan bahwa mereka memperkirakan pengiriman Huawei akan tergelincir selama enam bulan ke depan, tetapi tidak bisa memberikan perkiraan, karena ketidakpastian perang dagang tersebut.

Departemen Perdagangan AS memblokir Huawei dari membeli barang-barang AS pada pekan lalu di tengah meningkatnya ‘pertengkaran’ perdagangan dengan Cina. Larangan ini berlaku untuk barang dan jasa dengan 25% atau lebih teknologi atau bahan yang berasal dari AS, dan karenanya dapat mempengaruhi perusahaan non-Amerika.

Perusahaan teknologi termasuk Google dan perancang chip milik Grup SoftBank ARM mengatakan mereka akan menghentikan persediaan dan pembaruan untuk Huawei.

“Huawei dapat dihapus dari pasar ponsel pintar Eropa Barat tahun depan jika kehilangan akses ke Google,” kata Linda Sui, direktur strategi smartphone nirkabel di Strategy Analytics.

Huawei P20 Pro

Dia memperkirakan pengiriman handset Huawei akan turun 23% lagi tahun depan, tetapi percaya perusahaan itu bisa bertahan di pasar Cina.

Fubon Research, yang sebelumnya memperkirakan Huawei akan mengirimkan 258 juta smartphone pada 2019, justru sekarang mengharapkan perusahaan dapat mengapalkan sekitar 200 juta dalam skenario terburuk.

Sebagai informasi, Huawei menguasai hampir 30% pasar Eropa menurut IDC, dan mengirim 208 juta ponsel tahun lalu, termasuk setengahnya ke pasar di luar Cina. Perusahaan menganggap Eropa sebagai pasar paling penting untuk smartphone premiumnya.

Siapa yang Menang?

Huawei mengatakan bahwa telah mengembangkan teknologi yang dibutuhkannya sendiri selama bertahun-tahun. Tetapi para ahli tidak membeli klaim perusahaan. Mereka mengatakan komponen kunci dan kekayaan intelektual yang diperlukan dalam perangkat Huawei tidak tersedia di luar Amerika Serikat.

Huawei berpotensi akan ‘merumahkan‘ ribuan orang dan “menghilang sebagai pemain global untuk beberapa waktu,” kata Stewart Randall, yang melacak industri chip di Intralink, sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di Shanghai.

Pembeli potensial ponsel Huawei kemungkinan akan beralih ke perangkat kelas atas dari Samsung Electronics dan Apple Inc, dan juga membeli ponsel kelas menengah dari pesaing domestik OPPO dan Vivo.

“Ini meninggalkan sejumlah saham di belakangnya yang dapat diambil oleh pesaing, terutama Samsung mengingat kekuatannya di wilayah seperti Eropa,” kata Bryan Ma, yang meneliti pasar ponsel pintar global di IDC.

Menurut PriceSpy, situs perbandingan produk yang menarik rata-rata 14 juta pengunjung per bulan, selama empat hari terakhir, popularitas handset Huawei telah merosot dan menerima hampir setengah klik sebanyak yang mereka lakukan minggu lalu di Inggris dan 26% lebih sedikit di panggung global.

Tags: , , , , ,


COMMENTS