September 26, 2018

Jadi Pendatang Baru, Realme Percaya Bisa Menjadi ‘Game Changer’ Industri Ponsel Indonesia

Penulis: Iwan RS
Jadi Pendatang Baru, Realme Percaya Bisa Menjadi ‘Game Changer’ Industri Ponsel Indonesia  

Mobitekno – Satu lagi ponsel merek baru dari Tiongkok bakal meramaikan pasar Tanah Air. Realme sudah memberikan konfirmasi untuk meluncurkan dua ponselnya, Realme 2 dan Realme 2 Pro di Indonesia.

Sebagai sub-brand dari Oppo, Realme tidaklah sepenuhnya independen. Realme akan menjadi bagian dari perusahaan induknya BBK Electronics yang punya ‘koleksi’ merek OPPO, Vivo, dan OnePlus.

Apakah Realme akan menjadi entitas tersendiri (terpisah dari Oppo) dalam strategi penjualan di Indonesia (seperti Huawei dan Honor) atau masih menjadi bagian dari Oppo (seperti Xiaomi dan Pocophone) belum diketahui pasti.

Realme 2

Rencananya, kedua model ponsel Realme dijual secara online di Indonesia mulai tanggal 9 Oktober 2018. Sebagai etalase online untuk penjualan, Realme memilih Lazada Indonesia melalui official online store-nya.

Mengingat targetnya yang menyasar kalangan muda, harga banderol Realme 2 diprediksi akan dipatok pada harga yang kompetitif untuk ukuran kanong konsumen muda di Tanah Air.

Apabila di India, Realme 2 dibanderol INR 8.990 (sekitar Rp 1,85 juta), harga untuk konsumen Indonesia diperkirakan tidak akan berbeda jauh bahkan mungkin sama dengan harganya di pasar India.

Mengingat harganya yang terjangkau, Realme 2 pun datang dengan spesifikasi yang tidak ‘wah’. Berdesain layar poni (notch) 6,2 inci, resolusi layarnya juga relatif standar (HD+, 720 x 1520 piksel).

Dapur pacu pun standar jika tidak boleh disebut ‘pas-pasan’. Realme 2 didukung chipset Snapdragon 450, RAM 3 GB/4 GB, internal storage 32 GB atau 64GB (mendukung microSD), dan baterai 4.230 mAh.

Realme 2

Kamera sebagai salah satu fitur ponsel penting juga menunjukkan target segmentasi Realme 2. Kamera utama/belakang telah mengadopsi sistem dual camera dengan kombinasi sensor 13 MP (f/2.2, AF) dan 2 MP (f/2.4, depth sensor). Untuk kamera depan/selfie, Realme 2 memilih sensor kamera 8 MP (f/2.2, 1/4 inci, 1.12 µm).

Bagi sebagian konsumen, Realme 2 Pro mungkin merupakan pilihan yang lebih menarik. Selain didukung prosesor/chipset octa-core Snapdragon 660, kapasitas RAM dan internal storage dari varian Pro ini juga menarik. Pasalnya Realme 2 Pro akan dibekali RAM 8 GB dan storage 128 GB.

Kedatangan ponsel ini hanya tinggal menunggu waktu mengingat ada tiga model Realme yang telah mengantongi sertifikasi TKDN terhitung sejak tanggal 24 September. Ketiganya antara lain RMX1807 (Realme 2 Pro), RMX1805 (Realme 2), dan RMX1811.

Tags: , , , , , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS