April 25, 2018

Review Asus ZenFone Max Plus M1: Ringan Walau Baterainya Berkapasitas Besar

Penulis: Desmal Andi
Review Asus ZenFone Max Plus M1: Ringan Walau Baterainya Berkapasitas Besar  

Mobitekno – Varian Asus ZenFone Max menjadi salah satu varian yang cukup digemari oleh konsumen smartphone di Indonesia. Mengandalkan kapasitas baterai besar, ZenFone Max dapat bertahan lebih lama untuk menunjang aktivitas penggunanya. Dengan demikian, proses pengisiaan daya pun tidak menjadi aktivitas yang merepotkan.

Di awal tahun 2018 ini, Asus Indonesia meng-update produk di kelas ZenFone Max dengan menghadirkan Asus ZenFone Max Plus M1. Berbeda dengan seri ZenFone Max sebelumnya, ada banyak perubahan pada seri terbaru ini. Salah satunya adalah aspek rasio 18:9 yang membuat tampilan layar menjadi lebih luas. Menurut Asus, walaupun berukuran 5,7 inci, tetapi layar ini bisa muat di bodi smartphone yang berukuran 5,2 inci.

Namun, apakah penampilan dan baterai saja yang menjadi keunggulan produk ini? Redaksi Mobitekno pun mendapatkan unit review untuk diuji selama beberapa hari. Berbagai aktivitas pun dijalani dengan menggunakan Asus ZenFone Max Plus M1. Apa saja hasilnya? Simak hasilnya berikut ini.

 

Kelengkapan

Kelengkapan

Asus ZenFone Max Plus M1 dikemas dalam sebuah boks dengan paduan warna biru muda dan putih. Ukuran boksnya tidak begitu besar. Di boks ini juga tertera tagline “We Love Photo” yang mulai digunakkan Asus untuk produk-produknya dengan fitur kamera ganda.

Apa saja yang ada di dalam boks ini. Berikut detailnya.

  1. Unit smartphone Asus ZenFone Max Plus M1
  2. Soft Case untuk meliindungi bodi smartphone
  3. Buku garansi dan petunjuk singkat
  4. SIM Card ejector
  5. Adaptor berwarna putih
  6. Kabel chaarger dengen tipe Micro USB yang juga berwarna putih

 

Desain

Desain

Jika dilihat secara keseluruhan, Asus ZenFone Max Plus M1 ini memang dibuat begitu ringkas. Saat diangkat dari boksnya, semua bodi muat dalam satu genggaman tangan. Anda seperti memegang smartphone dengan ukuran layar 5 inci, walaupun ukuran layar pada Asus ZenFone Max Plus M1 ini adalah 5,7 inci.

Dilihat dari spesifikasi, kapasitas baterainya memang cukup besar, yaitu 4130 mAh. Namun, baterai dengan kapasitas tersebut tidak terasa berat saat disatukan dalam bodi smartphone secara keseluruhan. Total berat yang ada hanya 160 gram. Dengan begitu, smartphone ini masih sangat nyaman dibawa kemanapun, tanpa harus khawatir dayanya akan habis dengan cepat.

Ringn

Layarnya sudah menggunakan desan 2.5D Curved sehingga terasa membulat saat dipegang pada bagian pinggirnya. Resolusi layarnya sendiri 1dalah 1440p x 720p. Fitur layar sentuhnya juga memiliki lima titik multi touch yang membuat beberapa proses sentuhan layar menjadi lebih praktis.

Kamera depan berkapasitas 16 MP ada di atas layar bagian kiri. Kamera ini memiliki aperture f/2.0. Tiga tombol utama Android, yaitu Back, Home, dan Recent tampil dengan model soft key. Anda harus menyapu ke atas bagian bawah layar untuk memunculkan ketiga tombol tersebut.

Beralih ke bagian belakang, dua kamera sudah terlihat jelas di kiri atas. Dua kamera ini ditemani oleh LED Flash di bagian sampingnya. Sementara tidak jauh dari kamera, terdapat sensor sidik jari dengan desain bundar. Dua kamera belakang ini berkemampuan 16 MP dan 8 MP. Kamera ini juga dapat merekam video dengan kualitas 1080p FHD pada 30 fps. Menariknya, tidak seperti kebanyakan produk Asus lainnya, pada Asus ZenFone Max M1 yang kami terima, tidak ada logo Asus di bagian belakangnya. Panel belakangnya sudah berbahan metal sehingga cukup solid untuk dipegang.

Belakang

Tombol volume up, volume down, dan power terdapat di sisi bagian kanan. Sementara untuk slot SIM card dan Micro SD terdapat di sisi bagian kiri. Ada tiga slot pada bagian ini  dimana dua untuk kebutuhan SIM Card dengan kemampuan 4G, dan satu lagi adalah untuk kebutuhan micro SD yang sanggup mencapai 256 GB.

SIM card slo

Untuk port audio ada di bagian atas, menyatu dengan lengkungan bodi belakang. Sementara untuk port micro USB ada di bagian bawah, diapit dengan dua speaker di kanan dan kirinya.

Audio

 

Fitur dan Performa

Fitur

Ada banyak fitur dalam Asus ZenFone Max Plus M1 ini. Tidak hanya mengandalkan kemampuan baterai yang cukup besar, smartphone ini menyediakan keunggulan lainnya, mulai dari keamanan hingga kenyamanan.

Salah satu fitur yang sudah disinggung pada bagian Desain adalah desain layar yang memiliki aspek rasio 18:9. Dengan screen to body ratio sebesar 80 persen, layar ini terlihat memenuhi bagian depan smartphone.

Kamera

Selanjutnya, dengan OS Android 7 Nougat pada ZenUI 4.0, ada fitur-fitur yang menjadi unggulan dari smartphone ini. Salah satunya adalah dari sisi kamera. Ya, mulai ZenFone 4, Asus memang cukup serius dalam mengembangkan kameranya, baik depan maupun belakang. Untuk kamera belakang yang mengusung 16 MP dan 8 MP Wide, tangkapan menjadi lebih luas karena dapat menjangkan area 120 derajat. Dengan demikian, ada banyak objek yang bisa dimasukkan ke dalam area foto.

screen

Kamera depannyaa juga tidak kalah. Dengan resolusi 16 MP ditambah adanya fitur beautification yang cukup banyak menyediakan efek, Anda dapat menyempurnakan kehalusan kulit, mata, hingga pipi, saat digunakan untuk selfie. Level beatification ini pun dapat diubah sesuai dengan selera Anda.

Khusus untuk Selfie, Asus ZenFone Max Plus M1 juga menyediakan aplikasi Selfie Master. Semua kebutuhan selfie sudah tersedia di sini. Mulai dari pembuatan video selfie, foto selfie, hingga membuat kolase, dikumpulkan dalam sebuah aplikasi yang praktis.

Karena Asus ZenFone Max Plus M1 unggul dalam hal kapasitas baterai, di smartphone ini juga disediakan aplikasi Power Master. Semua hal yang berkaitan dengan manajemen daya bisa diatur dari aplikasi ini. Bahkan, Anda bisa mengatur mode baterai dari lima opsi yang disediakan, yaitu Performance, Normal, Power Saving, Super Saving, dan Customized.

Master

Selain itu, Anda juga  bisa menjadikan smartphone ini sebagai Power Bank. Melalui opsi Reverse Charging, Anda bisa melihat bagaimana cara smartphone ini sebagai sumber listrik bagi perangkat gadget lainnya. Sementara satu fitur lagi, yaitu Battery Saving, dapat digunakan untuk menjaga umur baterai agar tetap awet.

Satu fitur lagi yang cukup berguna untuk sisi keamanan adala Face Recognition. Fitur ini dapat diset untuk mengenaali wajah Anda dan dapat digunaakan untuk membuka kunci layar smartphone hanya dengan menempatkan waajah di hadapan kamera depan.

Face

 

Hasil Benchmark

Untuk menguji kemampuan smartphone ini, kami juga mengukurnya dengan beberapa aplikasi benchmark, seperti Antutu, GeekBench 4, dan 3Dmark. Kami juga melakukan banyak foto untuk melihat kualitas foto yang dihasilkan dari smartphone ini. Untuk lebih jelasnya silakan lihat berikut ini.

Hasil Tes

 

Hasil Foto:

 

Spesifikasi

 

Layar

5,7 inci 1440x720p IPS dengan 2.5D Glass

Chipset

MediaTek MT6750 64 bit octa core 1.5 GHz

GPU

ARM Mali-T860 MP2 520 MHZ

Memori

4GB RAM + 64GB (storage) dan Micro SD hingga 256GB

Kamera Belakang

16 MP dan 8 MP Wide f/2.0

Kamera Depan

16 MP f/2.0

Sensor

Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Proximity sensor, Ambient light sensor, Gyroscope

Koneksi

WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, Wi-Fi direct

SIM Card dan SD Slot

Triple Slot, dual SIM + Micro SD

Baterai

4.130 mAh

Ukuran dan Berat

152.6 x 73 x 8.8 mm / 160 grams

Sistem Operasi

Android 7.0 Nougat dan Asus ZenUI 4.0

Audio

Loud speaker, PMIC internal amplifier, Dual internal microphones with ASUS Noise Reduction Technology, FM Receiver

GPS

GPS, AGPS, GLONASS

Jaringan

FDD-LTE, TD-LTE, WCDMA, GSM

Data rate:

LTE Cat4: UL 50 / DL 150 Mbps

DC-HSPA+: UL 5.76 / DL 42 Mbps

Warna

Deepsea Black and Sunlight Gold

 

Kesimpulan

Kesimpulan

Asus ZenFone Max Plus M1 merupakan smartphone Asus pertama yang mengusung layar dengan aspek rasio 18:9. Smartphone ini terlihat jadi lebih ringkas dari sisi dimensinya.

Walaupun dari kelas ZenFone Max yang selalu mengusung keunggulan dalam hal kapasitas baterai, tetapi Asus ZenFone Max Plus M1 memiliki berbagai keunggulan lainnya, seperti dari hal kamera. Kamera depannya yang memiliki sudut pandang 120 derajat mampu menangap objek dengan lebih luas. Aktivitas selfie pun dapat dilakukan dengan lebih ceria.

Sebagai keluarga ZenFone Max, baterai menjadi unggulan utamanya. Oleh karena itu, membawa smartphone ini seperti membawa baterai dobel. Selain bisa digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, Asus ZenFone Max Plus M1 juga dapat digunakan sebagai Power Bank.

Semua fitur dapat berjalan lancar, termasuk sidik jari dan Face Unlock. Ada baiknya, update sistem operasi terlebih dahulu jika ada informasi update FOTA di smartphone agar fungsi smartphone menjadi lebih sempurna.

Kekurangan smartphone ini hanya pada layar yang tidak dilindungi oleh Corning Gorilla Glass. Anda bisa memberi proteksi tambahan dengan pelapis dari bahan Tempered Glass yang banyak dijual di toko aksesori.

Tags: , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES