July 9, 2018

Review Huawei Nova 2 Lite: Smartphone Dual Camera untuk Generasi Millenial

Penulis: Desmal Andi
Review Huawei Nova 2 Lite: Smartphone Dual Camera untuk Generasi Millenial  

Mobitekno – Huawei Nova 2 Lite memang sudah hadir di Indonesia sejak akhir April 2018 lalu. Smartphone yang masih satu keluarga dengan Huawei Nova 2i ini merupakan produk kelas menengah dari Huawei yang menargetkan pasar anak muda. Oleh sebab itu, harga jualnya juga dibanderol lebih murah dibanding saudararanya Nova 2i yang sudah hadir lebih dahulu.

Berbagai fitur disematkan di smartphone Huawei Nova 2 Lite ini. Namun, kamera tetap menjadi fitur unggulan karena hadir dalam mode dual camera untuk bagian belakangnya. Namun, satu yang menarik adalah digunakannya prosesor Qualcomm Snapdragon 430 untuk menunjang kinerjanya sehari-hari. Huawei tidak menggunakan Kirin pada produk ini.

Mobitekno sendiri sebenarnya sudah lama mendapatkan unit ini untuk diuji di redaksi. Namun karena adanya sedikit masalah, review untuk Huawei Nova 2 Lite ini sedikit tertunda. Smartphone dengan warna Glossy Blue ini pun akhirnya mengalami pengujian dua kali dan hasilnya bisa dilihat daalam tulisan berikut ini.

UTAMA

 

Kelengkapan

Datang dengan unit masih terbungkus dalam paket kemasannya yang berwarna putih, Huawei Nova 2 Lite ini langsung dibuka oleh redaksi. Bentuk kemasannya cukup sederhana. Saat dibuka, terlihat unit smartphone berwarna Glossy Blue yang menarik untuk dicoba.

Berikut ini apa saja yang ada dalam paket kemasan Huawei Nova 2 Lite:

  • Smartphone Huawei Nova 2 Lite dengan ukuran layar 5,99 inci
  • SIM Card Ejector
  • Buku garansi dan petunjuk singkat
  • Softcase untuk melindungi bodi smartphone
  • Kabel data sekaligus berfungsi sebagai kabel charge dengan model micro USB
  • Adaptor AC to DC untuk pengisian daya smartphone.

KELENGKAPAN

Simak juga video Unboxing Huawei Nova 2 Lite:

Desain

Pertama kali melihat Huawei Nova 2 Lite dengan warna Glossy Blue ini, kesannya adalah unik. Warna ini menurut mobitekno membuat penampilan smartphone menjadi berbeda dengan smartphone kebanyakan. Kesan mewah juga terlihat saat melihat bagian belakangnya yang memiliki kamera ganda dengan posisi horisontal. Oya, smattphone ini juga memiliki warna lainnya, yaitu Matte Black. Namun, jika dibandingkan dengan Glossy Blue, Matte Black jadi terkesan biasa saja.

depan belakang

Mulai dari bagian layar, smartphone ini mengusung tampulan FullView Display yang berarti hampir seluruh ruang permukaan merupakan layar smartphone. Dengan aspek rasio 18:9, tampilan layar terlihat semakin luas ditambah desain 2,5D pada pinggiran kaca membuat smartphone terlihat mewah.

kaca depan

Di bagian atas layar ini terdapat kamera depan 8MP yang diapit dengan lampu LED sebagai indikator adanya notifikasi dan sensor proximity. Kamera di bagian depan ini juga dilengkapi dengan LED flash untuk menambah cahaya pada kondisi temaram. Sementara di bagian bawahnya hanya tertera teks dengan tulisan Huawei. Walaupun memiliki warna Glossy Blue, tetapi bagian depan tetap berwarna hitam.

Bodi

Beralih ke bagian belakang, walau dibekali dua kamera, smartphone ini memiliki desain peletakan kamera yang berbeda dengan saudaranya yaitu Huawei Nova 2i. Jika pada Nova 2i kamera diletakkan secara vertikal, pada Huawei Nova 2 lite posisi kamera disusun horisontal, seperti pada Huawei P9 atau Huawei P10. Kedua kamera ini ditemani dengan lampu flash untuk menambah cahaya pada kondisi temaram. Selanjutnya agak turun sedikit, terdapat sensor sidik jari dengan bentuk buncar. Sensor ini bisa digunakan untuk berbagai hal seperti membuka kunci pada akses masuk atau untuk mengaktifkan beberapa aplikasi di dalamnya. Di bagian bawah terdapat logo Huawei.

belakang

Selanjutnya kita perhatikan bagian sisi kanan, kiri, atas dan bawah. Seperti kebanyakan smartphone lainnya, tombol power disandingkan dengan tombol volume, dan diletakkan pada sisi bagian kanan (jika samrtphone dihadapkan dengan layar di atas). Sementara untuk slot SIM Card, Huawei meletakkannya di bagian kiri. Khusus untuk slot SIM Card, tidak seperti smartphone kebanyakan yang masih menggunakan model Hybrid, di Huawei Nova 2 Lite memiliki tiga slot di dalamnya. Jadi, dua SIM Card dan satu micro SD bisa diaktifkan secara bersama-sama.

sim tray

Sekarang kita lihat pada bagian bawah. Di sini jack audio 3.5mm, port Micro USB, dan speaker diletakkan secara berdampingan. Dengan demikian, praktis pada bagian atas tidak terdapat slot atau tomboll apapun.

JACK AUDIO

 

Performa

Ditujukan untuk kaum millenial dengan harga terjangkau, Huawei Nova 2 Lite memiliki fitur dual camera yang dapat menunjang aktivitas media sosial yang sering dilakukan oleh anak-anak muda. Dual kamera belakang yang memadukan kekuatan 13MP + 2MP mampu menghasilkan gambar yang baik saat digunakan dengan kondisi cahaya mamadai. Di bagian atas fitur kamera ini terdapat empat fitur yang dapat diakses untuk menghasilkan gambar sesuai keinginan pengguna. Keempat fitur tersebut adalah fungsi LED flash, pengaturaan wide apperture, pengaturan Beauty, dan tombol switch untuk berpindah ke kamera depan.

kamera

Pengaturan Wide Apperture ini bisa digunakan untuk menghasilkan efek bokeh. Atur nilai apperture sampai gambar background terlihat blur. Sementara di sebelahnya, yaitu Beauty digunakan untuk menghaluskan tampilan wajah dan kulit agar terlihat semakin mulus. Ada 10 level untuk fungsi Beauty ini yang bisa diatur oleh pengguna.

WIDE APPERTURE

Selanjutnya usap layar dari kiri ke kanan, Anda akan menemukan sejumlah mode kamera yang bisa digunakan. Mode-mode tersebut adalah Photo, Video, HDR, Panorama,  Filter, dan Watermark. Anda bisa menambah mode tersebut melalui penekanan pada pilihan More. Ada 2 mode tambahan yang bisa di-download yaitu Good Food dan Document Scan.

EFEK KAMERA

Untuk mengakses fungsi setting kamera, Anda cukup mengusap layar dari kanan ke kiri. Di sini Anda bisa memiloih resolusi kamera, menerapkan waktu timer, mengatur audio, mengaktifkan fungsi suaara pada tombol kamera, mengatur resolusi video, dan masih banyak lagi. Untuk fungsi video, Huawei Nova 2 Lite mendukung resolusi FHD 1080p 16:9 stereo.

SETTING KAMERA

Untuk antarmuka, Huawei Nova 2 Llite menggunakan EMUI versi 8.0 dengan basis Android Oreo 8.0. Antarmuka EMUI dari Huawei ini tampil seerhana, namun desain iconnya tidak terlihat kuno. Tidak App Drawer saat mode standarnya. Namun, App Drawer ini bisa dimunculkan dengan mengaktifkannya dari menu Setting. Dengan App Drawer, semua aplikasi akan disusun berdasarkan abjad.

APP DRAWER

Untuk performa EMUI ini cukup baik. Saat menjalankan beberapa aplikasi rutin sehari-hari, seperti aplikasi media sosial, fotografi, dan beberapa aplikasi office atau calendar, semua berjalan mulus tanpa hambatan. Tidak ada lag di dalamnya.

Lalu, bagaimana jika dibarengi dengan membuka aplikasi game. Untuk game-game sederhana tidak terlalu masalah. Tidak disarankan untuk memainkan game-game dengan detail grafis yang banyak. Ingat, Huawei Nova 2 Lite ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapragon 430 yang memiliki keterbatasan dalam memainkan game-game berat.

EMUI 8

Baterainya yang berkapasitas 3.000 mAh juga dapat menyokong aktivitas rutin sehari penuh. Aktivitas rutin yaang dimaksud adalah mengakses beberapa aplikasi media sosial, bertelepon, menggunakan instant messenger seperti Whatsapp, mambuka email, hingga menonton berapa kontek YouTube. Kapasitas baterai akan terasa cepat habis saat smartphone digunakan untuk bermain game dengan grafis tinggi.

Berikut ini hasill pengukuran dari aplikasi Antutu dan Geekbench 4

ANTUTU

 

GEEKBENCH 4

 

 

Berikut ini contoh foto Huawei Nova 2 Lite

 

Spesifikasi

Huawei Nova 2 Lite merupakan versi ringkass dari Huawei Nova 2i. Oleh sebab itu spesifikasinya tidak setinggi Huawei Nova 2i. Namun, Huawei Nova 2 Lite menjadi lebih terjangkau harganya sehingga bisa dinikmati oleh lebih banyak pengguna.

Berikut ini spesifikas dari Huawei Nova 2 Lite

Layar

5,99 inci Fulview Display Aspek rasio 18:9

Prosesor

Qualcomm Snapdragon 430 octacore 1.4 GHz

Memori

3GB RAM + 32GB ROM + Micro SD

Kamera

13MP + 2MP (belakang) dan 8MP (depan) dengan Toning Flash

OS

Android 8.0 dibalut EMUI 8.0

Baterai

3.000 mAh

Warna

Glossy Blue dan Matte Black

 

Kesimpulan

KESIMPULAN

Seperti ucapan Mr. Lo Khing Seng pada saaat peluncurannyaa, Huawei Nova 2 Lite ini cocok untuk ‘Kids Zaman Know’. Fitur-fiturnya sudah disesuaikan dengan kebutuhan media sosial penggunanya. Memang, dibandingkan dengaan Huawei Nova 2i, ada beberapa pemotongan fitur, seperti resolusi kamera yang diturunkan serta penggunaan tiga kamera saja pada Huawei Nova 2 Lite.

Walaupun spesifikasinya diturunkan dari Nova 2i, tetgapi dengan harga yang ditawarkan di rentang 2-3 juta, smartphone ini terbilang baik dalam hal menyediakan fitur-fiturnya. Wide apperture yang bisa diatur menjadi salah satu hal menarik untuk menghasilkan gambar yang menawan ditambah efek blur di belakangnya. Selain itu, fungsi Beauty juga menjadi daya tarik bagi pencinta Selfie. Sensor sidik jari juga bisa digunakan untuk menambah keamanan smartphone.

Tags: , , , , ,


COMMENTS