May 24, 2018

Didukung AI dan Big Data, Solusi Komplet CCTV Hikvision Diklaim Bisa Ciptakan Kota yang Aman

Penulis: Iwan RS
Didukung AI dan Big Data, Solusi Komplet CCTV Hikvision Diklaim Bisa Ciptakan Kota yang Aman  

Mobitekno –¬†Cina dikenal sebagai salah satu negara yang mengimplementasikan sistem pengawasan melalui solusi video surveillance system yang canggih dan terpadu. Semua itu tidak lepas dari kontribusi perusahaan Hikvision yang sudah berkecimpung di bidang tersebut sejak 2001.

Dengan semakin berkembangnya teknologi AI dan Big Data, Hikvision pun tidak mau ketinggalan mengimplementasikannya ke berbagai produk dan solusi video surveillance mereka. Ini terlihat dari berbagai lini produknya yang dipamerkan di Hotel Grand Hyatt, Jakarta belum lama ini (23/5/2018)

Diantaranya adalah produk/solusi yang membawa konsep ‘Safe City’ untuk sistem keamanan di perkotaan. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan kota yang bukan aman dari berbagai ganguan keamanan (kejahatan/kriminal), tapi juga kota yang sehat bagi warganya.

Hikvision - Safe city

Menurut Michael Chen, Country Product Manager Hikvision Indonesia, serangkaian solusi/produk video surveillance system canggih yang dipamerkan di disini telah didukung atau diintegrasikan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence) untuk membuat kehidupan masyarakat kota yang lebih baik.

“Kami elalu mengutamakan teknologi dan inovasi dalam mengatasi berbagai masalah agar kehidupan warga kota menjadi lebih baik. Misalnya, mengatasi kemacaten atau mencegah terjadinya aksi kriminal/terorisme,” ujar Michael.

Hikvision juag siap membantu pemerintah atau kepolisian memerangi aksi terorisme yang dialami di beberapa kota Indonesia. Misalnya dengan teknologi pengenalan wajah pada CCTV Hikvision yang didukung analisis Big Data dan deep learning (AI) dari database kepolisian/pemerintah.

Hikvision - video surveillance product

Hikvision - video surveillance product

Dengan indentifikasi yang lebih cepat dan akurat berkat kontribusi integrasi teknologi ini, seseorang yang dicurigai berpotensi melakukan kativitas kriminal dapat ditangani (dicegah) lebih dini.

Setidaknya ada empat konsep yang ditawarkan HikVision dalam menciptakan kota yang aman dan cerdas. Keempat konsep tersebut antara lain, Intelligent Traffic Systems, Smart Industrial Parks Solution (integrated IP terintegrasi dari IPC, NVR, software manajemen Video), Smart Building Solution, dan Face Recognition Technology.

Teknologi pengenalan wajah (face recognition) dapat digunakan untuk melindungi infrastruktur vita, seperti lembaga keuangan, bandara, stadion, dan lain-lain. Selain itu ada pula teknologi sekuriti berbasis sensor thermal untuk mendeteksi panas. Semua teknologi ini diharapakan dapat mendukung peningkatan keamanan di perkotaan.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS