November 21, 2018

Truk Volvo Otonom Digunakan Pertama Kalinya untuk Penambangan

Penulis: Rizki Romdoni
Truk Volvo Otonom Digunakan Pertama Kalinya untuk Penambangan  

Mobitekno – Volvo telah mengumumkan kendaraan komersial otonom pertamanya untuk usaha. Perusahaan otomotif Swedia telah menandatangani kesepakatan dengan tambang Norwegia, Brønnøy Kalk, untuk mengangkut batu gamping sepanjang lima kilometer dari terowongan tambang ke pelabuhan terdekat menggunakan truk yang ‘mengemudi sendiri’.

Volvo telah terlibat dalam sejumlah proyek pilot di beberapa tahun terakhir untuk mendapatkan truk otonomnya yang siap untuk proyek komersial. Di Brasil, Volvo menguji truk self-steering untuk membantu petani tebu meningkatkan hasil panen, dan juga menguji truk pengangkut sampah otonom. Pada awal 2016, Volvo juga menguji truk otonom di tambang bawah tanah di Swedia, dimana ini merupakan bagian dari inisiatif untuk mendemonstrasikan teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan dalam kondisi berbahaya.

Akan komersial

Mencantumkan kesepakatan komersial untuk pertama kalinya adalah perkembangan penting yang tidak hanya untuk truk otonom sendiri, tetapi untuk pengembangan kendaraan otonom lainnya yang lebih luas.

“Sangat menyenangkan bisa mencapai titik ini dimana kami memperkenalkan solusi otonom,” kata Direktur solusi otonom Volvo Trucks, Sasko Cuklev. “Dengan bekerja di area terbatas pada rute yang telah ditentukan, kita dapat mencari tahu bagaimana mendapatkan solusi terbaik dan menyesuaikannya, sesuai dengan kebutuhan pelanggan tertentu. Ini semua tentang berkolaborasi untuk mengembangkan solusi baru, memberikan fleksibilitas dan efisiensi yang lebih besar, serta peningkatan produktivitas.” tambah Cuklev.

Truk otonom Volvo menurunkan batu kapur ke sebuah crusher di pelabuhan terdekat...

Yang perlu diperhatikan di sini adalah Volvo tidak menjual truk ke tambang, melainkan menjual layanan transportasi. Volvo memiliki truk, dan Brønnøy Kalk membayar per ton batu kapur yang dikirim. Dengan menggunakan model bisnis ini, Volvo lebih mudah meyakinkan perusahaan, karena hanya perlu investasi awal yang minimal.

Direktur pengelola tambang Brønnøy Kalk, Raymond Langfjord, mengatakan, “Ini merupakan langkah penting bagi kami. Persaingan di industri sangat sulit. Kami terus berupaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas jangka panjang, dan kami memiliki visi yang jelas untuk memanfaatkan peluang baru dalam teknologi dan solusi digital. Pergi otonom akan sangat meningkatkan daya saing kami di pasar global yang sulit.”

Berjalan tanpa pengemudi

Tambang Brønnøy Kalk akan memanfaatkan enam truk Volvo otonom. Untuk sementara, tes awal masih menggunakan pengemudi untuk keselamatan, namun ketika kendaraan sudah dimasukkan ke dalam operasi resmi secara penuh pada akhir tahun depan, truk-truk tersebut akan sepenuhnya mandiri.

Tags: , , , ,

  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

COMMENTS