April 21, 2018

Ini Alasan Toyota Belum Mau Mengadopsi Android Auto

Penulis: Okta W | Editor: Desmal Andi
Ini Alasan Toyota Belum Mau Mengadopsi Android Auto  

Mobitekno – Hingga saat ini Toyota masih enggan untuk mengadopsi Android Auto ke dalam lini kendaraannya. Seperti dijelaskan oleh Executive Program Manager Toyota Avalon, Mark DeJongh, bahwa Toyota masih belum mau mengadopsi teknologi besutan Google tersebut karena berkaitan erat privasi konsumennya.

“Toyota memang merupakan sebuah perusahaan konservatif dan kami ingin memastikan semuanya berjalan aman. Mengenai mengapa kami belum mau mengadopsi Android Auto, hal ini sebagai upaya perusahaan untuk melindungi privasi konsumen,” jelas Mark DeJonh seperti yang Mobitekno kutip dari AndroidHeadline.

Bagi Toyota, perhatian utama jika akhirnya mereka harus mengadopsi Android Auto ke dalam lini kendaraannya adalah privasi. Memang cukup masuk akal, karena nantinya semua kendaraan yang diproduksi oleh Toyota akan berada di tangan konsumen. Oleh karena itu, Toyota tak mau kecolonngan, apalagi berkaitan dengan data penting milik konsumen.

Seperti kita ketahui, Google adalah salah satu perusahaan teknologi yang tak lepas dari cara kerja mereka mengumpulkan banyak data. Biasanya, data yang mereka kumpulkan akan diolah sedemikian rupa untuk menargetkan iklan yang lebih tepat sasaran. Google pun juga melakukan hal yang sama, mengumpulkan data pengguna lewat Android Auto.

Namun, data yang dikumpulkan oleh Android Auto bukan untuk menargetkan iklan, tetapi untuk meningkatkan sistem dan juga membantu meningkatkan kendaraan otonom yang dikembangkannya, yakni Waymo. Meski begitu, Toyota tetap kukuh pada pendiriannya bahwa privasi amatlah penting.

Google pun telah membantah bahwa lewat Android Auto, mereka tidak sama sekali mengumpulkan data-data pribadi yang dianggap penting bagi pemilik kendaraan. Hanya saja, Google memang meng-capture kebisaan cara mengemudi, seberapa cepat orang tersebut mengemudikan kendaraannya dan keamanan dalam menggunakan sabuk pengaman.

Meski begitu, Toyota bukanlah satu-satunya pabrikan otomotif yang belum mau mengadopsi Android Auto. Ada juga Lexus yang memiliki kekhawatiran yang sama dengan Toyota. Sebelumnya juga ada Ford, walau pada akhirnya Ford menyerah dan ikut menggunakan Android Auto serta Apple CarPlay ke beberapa model kendaraan yang dikembangkannya.

Tags: , , , ,

  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

COMMENTS