June 12, 2018

Lebih Gesit dari Mobil, Jasa Marga Siagakan Dua Motor Kancil Pantau Contraflow Mudik Lebaran 2018

Penulis: Iwan RS
Lebih Gesit dari Mobil, Jasa Marga Siagakan Dua Motor Kancil Pantau Contraflow Mudik Lebaran 2018  

Mobitekno –¬†Guna mengantisipasi pemberlakuan sistem contra flow (lawan arus) saat arus mudik Lebaran 2018, PT Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek akan meluncurkan dua unit sepeda motor bernama “Kancil”.

Kendaraan roda dua Kancil yang merupakan modifikasi Yamaha XMax 250 akan digunakan untuk ‘menyapu bersih’ berbagai gangguan, seperti rambu pembatas yang terjatuh di sepanjang ruas jalan tol Jakarta-Cikampek saat penerapan contraflow.

Cece Kosasih, Deputi General Manager Traffic Management Tol Jakarta-Cikampek, mengungkapkan, “Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kami kesulitan membetulkan rambu kerucut yang roboh ketika contra flow”.

“Kami harus membetulkan (rambu pembatas yang terjatuh) karena dapat menggangu dan menjadi penghambat laju lalu lintas,” tambahnya.

“Pada saat kemarin, kita menggunakan mobil yang terlalu rumit karena lajunya terhambat dengan pengguna jalan tol, jadi kita pakai motor bisa lakukan pembetulan tanpa harus menggangu jalannya arus lalu lintas,” jelas Cece.

Motor Kancil dari Jasa Marga

Sebagi turunan dari Yamaha XMAX 250 cc (harga sekitar Rp 55 juta), motor Kancil tergolong motor kategori matic premium. Motor ini mengusung mesin 250 cc, 1-silinder dengan teknologi Blue Core. Dengan bobot 179 kilogram, tenaganya maksimum lumayan besar, yakni dapat mencapai 22,8 dk..

Dengan daya angkut dua penumpang, ukuran bagasinya juga terbilang cukup luas. Selain menampung dua helm full face, bagasinya juga masih dapat menyimpan jas hujan dan peralatan lainnya.

Kancil telah dilengkapi dengan lampu standar LED dan layar LCD besar, termasuk peralatan keselamatan, rem ABS, traction control, adjustable handle bar, windshield, hingga soket elektrik.

Kancil ini akan disiagakan di dua wilayah lokasi Contra Flow yakni wilayah barat berada di Gerbang Tol Cikarang Utama hingga KM 21 (Gerbang Tol Tambun). Sedangkan di wilayah timur dari Gerbang Tol Cikarang Utama sampai KM 65.

Tags: , , ,


COMMENTS