October 11, 2018

Gartner: Geser Acer, Microsoft Masuk 5 Besar Vendor PC di AS

Penulis: Rizki Romdoni
Gartner: Geser Acer, Microsoft Masuk 5 Besar Vendor PC di AS  

Mobitekno – Pasar PC memiliki beberapa pergerakan yang sangat menarik di tahun ini. Pada Q2 2018, pengiriman global naik untuk pertama kalinya dalam enam tahun sejak kuartal pertama 2012. Dari sini kita belajar bahwa pada Q3 2018, Microsoft merangsek ke dalam daftar lima teratas vendor PC di AS untuk pertama kalinya dengan jajaran komputer Surface, laptop, dan tablet.

Gartner memperkirakan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia meningkat 0,1 persen menjadi 67,2 juta unit, sementara IDC menghitung penurunan 0,9 persen menjadi 67,4 juta unit. Lima vendor besar Gartner merupakan Lenovo, HP, Dell, Apple, dan Acer (dalam urutan itu), sementara IDC adalah Lenovo, HP, Dell, Acer, dan Apple (juga dalam urutan itu).

Namun Gartner juga memberikan rincian untuk pasar AS di setiap kuartal, dan Q3 2018 adalah kali pertama Microsoft muncul, menggeser Acer. Microsoft masih jauh dari pemain lain di posisi 5 teratas, dan pengirimannya hanya naik sedikit sebanyak 11.000 unit dan memperoleh 0,1 poin persentase (hingga 4,1 persen pangsa pasar). Penurunan ini juga diikuti oleh Dell dan Apple, di mana posisi mereka di pasar AS secara keseluruhan (turun sekitar 50.000 unit) di Q3 2018. Jadi dalam konteks itu sebetulnya penjualan Surface baik-baik saja.

Berita itu muncul selang sepekan setelah Microsoft mengadakan acara Surface di New York City, di mana perusahaan mengumumkan tiga perangkat yang diperbarui: Surface Laptop 2, Surface Pro 6, dan Surface Studio 2. Dan pada bulan Agustus, Microsoft mulai mengirimkan Surface Go baru, yang dipatok mulai harga US$ 399.

Surface bisa saja bertumbuh hingga satu miliar dolar. Tapi yang perlu diingat bahwa strategi Microsoft Surface sama sekali tidak menjadi pembuat PC yang dominan. Sebaliknya, perusahaan memiliki misi untuk menjadi “gelombang pasang yang akan mengangkat semua perahu“, di mana Surface membuat Windows terlihat bagus dan membantu pembuat PC berinovasi.

Sejumlah pihak tak akan pernah melihat Microsoft sebagai pabrikan PC teratas –secara global atau di negara mana pun. Tetapi masuk ke lima besar di AS setelah enam tahun pertama Surface memulai debutnya, tetap merupakan pencapaian.

Tags: , , , ,

  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

COMMENTS