January 16, 2024

Microsoft Luncurkan Copilot Pro dengan LLM GPT-4 Turbo yang Lebih Cerdas. Biaya Bulanan Hanya 20 Dollar AS

Penulis: Iwan RS
Microsoft Luncurkan Copilot Pro dengan LLM GPT-4 Turbo yang Lebih Cerdas. Biaya Bulanan Hanya 20 Dollar AS  

Mobitekno – Microsoft telah mengumumkan Copilot versi berbayar untuk konsumen yang disebut Copilot Pro. Biaya berlangganan layanan AI generatif (GenAI) baru ini serharga US$20 per bulan per pengguna dan akan menawarkan kemampuan AI yang lebih cerdas bagi pelanggan, termasuk pelanggan Microsoft 365 Personal dan Family.

Banderol harga berlangganan Copilot Pro ini sama dengan harga layanan berbayar chatbot dari OpenAI, yaitu ChatGPT Plus yang dipatok di angka 20 dollar AS.

Layanan baru ini tidak dibundel bersama layanan berlangganan Microsoft 365, sehingga pengguna harus mendaftar ke Copilot Pro secara terpisah, seperti penawaran layanan Copilot.

Copilot with Pro GPT 4 Turbo 01

Seperti diketahui, Microsoft telah mengumumkan pergantian nama Bing Chat dengan model AI GPT-4 menjadi Microsoft Copilot di ajang Microsoft Ignite 2023 pada November 2023 lalu di Seattle, Washington, AS.

Salah satu alasannya adalah nama Copilot sudah digunakan di berbagai produk dan layanan Microsoft, sehingga Microsoft ingin menghadirkan ‘keakraban’ yang sama ke Bing. Jadi, Bing Chat telah menjadi Copilot di Bing, Anda dapat menganggapnya sebagai Copilot untuk web.

MS Copilot 01

Copilot Pro vs Copilot Standar

Copilot Pro mengusung sejumlah fitur yang tidak dimilki Copilot standar/biasa. Pertama, layanan berbayar akan memberikan pelanggan paket Microsoft 365 Personal atau Family akses ke fitur Copilot GenAI di aplikasi MS Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan OneNote di PC, Mac, dan iPad.

Menurut Microsoft, Copilot untuk Microsoft 365 tidak hanya berfungsi di email, rapat, obrolan, dan dokumen, tetapi juga di web. Ini akan dapat menghasilkan pembaruan status dari perintah bahasa alami yang sederhana, berdasarkan email dan rangkaian obrolan.

Selain itu, Copilot juga dapat menghasilkan teks di Word, menganalisis data di Excel, merancang presentasi di PowerPoint, merangkum rapat di Teams, dan banyak lagi. Untuk aplikasi Outlook, Copilot akan memudahkan pengguna dalam membalas email yang diterimanya.

Copilot Pro vs Copilot

Fitur Copilot Pro lainnya yang juga menarik adalah dukungan pembuatan gambar yang lebih ditingkatkan dengan Image Creator dari Designer (sebelumnya Bing Image Creator). Prosesnya kini lebih cepat dengan 100 peningkatan per hari, dan akan mencakup kualitas gambar yang lebih baik dengan opsi pemformatan lanskap.

Pelanggan Copilot Pro juga akan mendapatkan akses prioritas ke model GenAI terbaru, termasuk OpenAI GPT-4 Turbo, yang diklaim Microsoft akan menawarkan kinerja lebih baik selama jam sibuk.

Selain fitur-fitur yang disebutkan di atas, Copilot Pro juga memungkinkan pengguna membuat Copilot GPT mereka sendiri, memungkinkan mereka menyesuaikan Copilot untuk topik tertentu hanya dengan serangkaian perintah sederhana. Disebut Copilot GPT Builder, fitur ini dikatakan “segera hadir”, namun belum diketahui kapan fitur tersebut akan tersedia.

Copilot with Pro GPT 4 Turbo 02

Selain Copilot Pro untuk konsumen, Microsoft juga meluncurkan asisten AI-nya ke lebih banyak usaha kecil. Hingga saat ini, perusahaan harus membeli minimal 300 kursi untuk rencana komersial, namun persyaratan tersebut kini sudah tidak ada lagi, sehingga perusahaan dapat membeli antara 1 dan 299 kursi dengan harga $30 per orang per bulan.

Dengan meluasnya ketersediaan bisnis Copilot, kini secara umum dapat diakses oleh semua usaha kecil dengan langganan Microsoft 365 Business Premium dan Business Standard.

GPT-4 Turbo: Model Bahasa Besar yang lebih cerdas dan akurat

GPT-4 Turbo adalah versi terbaru dari model bahasa besar (LLM) GPT-4 yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini adalah model bahasa generatif yang dilatih pada kumpulan data besar teks dan kode. GPT-4 Turbo memiliki beberapa keunggulan dibandingkan model sebelumnya. Termasuk diantaranya, memberikan jawaban yang lebih akurat, lengkap, dan cepat.

Model bahasa GPT-4 Turbo mampu memberikan input dalam jumlah besar hingga 128.000 token, memungkinkan Copilot untuk menanggapi pertanyaan dan tugas dengan lebih kompleks. Meskipun dalam tahap uji coba, Microsoft berencana untuk merilisnya dalam beberapa minggu mendatang.

GPT 4 Turbo

Microsoft mengklaim Copilot yang diperkuat dengan LLM terbaru OpenAI, GPT-4 Turbo dapat merespons atau menjawab berbagai untuk memungkinkan Anda menyelesaikan tugas yang lebih kompleks dan panjang,” tulis Microsoft.

Selain memperbarui Copilot dengan GPT-4 Turbo, Microsoft juga meningkatkan kemampuan Bing Image Generator dengan menyematkan mesin AI text-to-image terbaru dari OpenAI, yaitu Dall-E 3. Hal ini memungkinkan Copilot untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan lebih memperhatikan akurasi dan kecocokan terhadap prompt.

Pengguna Copilot juga dapat menikmati sejumlah fitur baru yang segera diperkenalkan, seperti Inline Compose, Code Interpreter, dan Deep Search. Fitur Inline Compose memungkinkan pengguna untuk melakukan penulisan ulang teks dari sebuah laman web menggunakan AI, sementara Code Interpreter memungkinkan programmer melakukan pekerjaan yang lebih kompleks seperti analisis data dan visualisasi.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS