June 11, 2018

EPSON EB-S400/EB-X400/EB-X450: Proyektor Sarat Fitur untuk Dunia Pendidikan Indonesia

Penulis: Desmal Andi
EPSON EB-S400/EB-X400/EB-X450: Proyektor Sarat Fitur untuk Dunia Pendidikan Indonesia  

Mobitekno – Epson tidak hanya membuat proyektor hanya untuk kebutuhan korporasi, namun perusahaan IT Jepang ini sangat memperhatikan aktivitas dalam dunia pendidikan. Salah satu perangkat untuk menunjang proses belajar-mengajar agar lebih efektif, yaitu proyektor.

EPSON menghadirkan jajaran proyektor yang khusus menyasar segmen edukasi untuk Indonesia. EB-S400/X400/X450 dihadirkan EPSON pada tahun 2017 lalu dengan fitur yang banyak dan pengoperasian yang mudah digunakan oleh tenaga pengajar di dunia pendidikan. Desain yang sederhana namun tetap bergaya modern tentunya menjadikan ruang belajar mengajar menjadi lebih menarik. Namun, mengapa harus memilih proyektor EPSON EB-S400/X400/X450 untuk sekolah Anda? Dibandingkan dengan proyektor sejenis lainnya dengan brand yang berbeda? Berikut ini penjelasannya.

 

Teknologi 3LCD

Teknologi ini adalah salah satu komponen terpenting yang memudahkan para siswa dalam mengenali macam-macam warna secara akurat. Dengan teknologi 3LCD ini, warna gambar atau materi yang ditampilkan oleh proyektor akan sama dengan sumber nya (komputer atau laptop). Karena teknik kerja teknologi 3LCD adalah memproses 3 warna primer (merah, hijau, biru) dalam satu prisma sehingga gambar yang tampil di layar adalah hasil yang sudah jadi dari proses yg dilakukan proyektor.

3lcd

Jadi siswa dapat dengan mudah melihat dan membedakan warna yang ditampilkan pada proyektor. Ini sangat membantu jika siswa sedang dalam pelajaran biologi yang menggunakan warna untuk membedakan anatomi tubuh, pelajaran kimia yang semua unsur periodic menggunakan warn, serta di kelas elector untuk menghitung ketahanan resistor dengan melihat garis warna pada resistor tersebut.

Jika pada pelajaran tersebut salah menggunakan proyektor atau tidak menggunakan proyektor dengan teknologi 3LCD, maka para siswa akan sulit dan lama membedakan warna-wrna yang ditampilkan di screen.

 

Lampu Proyektor yang Memberikan Hasil Memuaskan

EPSON EB-S400/X400/X450 didukung dengan lampu berkemampuan cukup tinggi untuk di ruang kelas. EB-S400 mempunyai kecerahan 3200 lumens, EB-X400 dengan 3300 lumens dan EB-X450 dengan lumens tertinggi yakni 3600 lumens. Dengan kemampuan tersebut, lampu proyektor ini dapat menghasilkan hasil proyeksi yang lebih cerah dan detail, bahkan untuk ruang kelas yang memiliki jendela yang cukup banyak. Lampu pada proyektor EPSON EB-S400/X400/X450 bisa mencapai usia 10.000 jam dengan kondisi mode ekonomis (eco mode).

membedakan warna

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, lampu proyektor pada EPSON EB-S400/X400/X450 memiliki umur lebih panjang 40 persen. Versi proyektor sebelumnya rata-rata memiliki durasi kekuatan lampu 6.000 jam. Epson memberikan jaminan lampu proyektor selama 3 tahun atau 1000 jam (mana yang lebih dahulu tercapai). Dengan adanya jaminan berdurasi lama dari Epson terhadap produk EPSON EB-S400/X400/X450, baik untuk proyektornya dan part lampunya, tentu saja bisa menambah kenyamanan penggunaan untuk membantu aktivitas di sekolah.

 

Fitur Unggulan: AV Mute, Horizontal Keystone Adjuster, Auto Power On & Auto Search, Speaker Built-in

Epson menghadirkan berbagai macam inovasi yang lahir dari masalah-masalah yang sering dihadapi di ruang kelas. Salah satu masalah yang sering sering sekali terjadi pada saat siswa ingin melakukan presentasi dengan proyektor adalah gambar yang tidak rapih. Tampilan gambar yang miring karena posisi proyektor tidak lurus sejajar dengan posisi layar. Hal ini menjadikan gambar yang dihasilkan tidak proporsional. Tapi jangan khawatir, dengan ada nya Horizontal Keytone Adjuster pada proyektor EPSON EB-S400/X400/X450, siswa hanya tinggal geser tuas yg ada di dekat lensa untuk merapihkan gambar agar tidak miring.

 keystone adj

Epson juga membenamkan Auto Vertical Keystone ini ke dalam EPSON EB-S400/X400/X450 sehingga dengan sudut kemiringan berapapun (untuk kondisi vertikal), hasil proyeksi akan menyesuaikan dengan otomatis, sehingga tidak akan ada lagi tampilan trapesium di layar. Anda pun tidak perlu mengatur vertical keystone secara manual lagi. Semua sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem dan hasil proyeksi bisa dinikmati dengan nyaman.

Kemudian adalah AV Mute yang berfungsi untuk membuat tampilan proyektor seolah-olah mati, tapi sebenarnya hanya posisi standby. Hal ini digunakan pada saat guru ingin menjelaskan materi pelajaran namun tidak ingin terganggu oleh sinar proyektor.

Pengaturan

 

Desain tutup lampu pada EPSON EB-S400/X400/X450 memang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga hanya membutuhkan proses geser untuk menyalakan atau mematikan lampu. Menariknya, saat tutup lampu ini digeser menutup lampu, praktis semua proses proyeksi dihentikan sementara. Jadi, video akan berhenti, termasuk juga dengan audionya. Dengan adanya fitur ini, tidak ada lagi aktivitas menutup lampu proyektor dengan kertas, buku, atau benda lain, serta menghentikan suaranya dengan mengecilkan volume proyektor.

Fitur selanjutnya adalah Auto Power ON & Auto Search. Dengan EPSON EB-S400/X400/X450, pengguna tidak perlu lagi menyalakan proyektor dengan menggunakan remot. Cukup colok koneksi (VGA) ke laptop, lalu dengan sendiri nya proyektor akan menyala langsung tanpa harus capek-capek menekan tombol power di remot atau di unit nya. Kemudian proyektor langsung mencocokkan sumber yang sedang sedang masuk di proyektor. Jika sumber itu VGA maka secara otomatis proyektor mengganti sumber ke VGA jika pada saat menyala sumber yang sedang dipilih itu HDMI atau USB, dan seterus nya.

back

Dengan pilihan port yang cukup variatif, menjadikan EPSON EB-S400/X400/X450 sebagai salah satu model proyektor enrty-level yang sangat cocok digunakan pada segmen pendidikan di Indonesia. Kenapa proyektor ini untuk segmen pendidikan di Indoensia? Karena EPSON EB-S400/X400/X450 memiliki menu dengan menggunakan Bahasa Indonesia. Sehingga para guru dan siswa sangat mudah untuk menggunakan dan mengoperasikan proyektor tersebut.

Semua fitur sudah disediakan dengan penggunaaan yang mudah. Bahkan User Interfacenya pun bisa dimnegerti oleh semua kalangan. Kemampuan-kemampuan inilah yang membuat proyektor EPSON EB-S400/X400/X450 menjadi proyektor ideal untuk segmen pendidikan khusus nya di Indonesia.

 

Tags: , , , , , ,

  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

COMMENTS