March 8, 2018

Samsung Galaxy S9 vs iPhone X: Siapa Raja Sesungguhnya?

Penulis: Rizki Romdoni | Editor: Desmal Andi
Samsung Galaxy S9 vs iPhone X: Siapa Raja Sesungguhnya?  

Mobitekno – Samsung baru saja meluncurkan smartphone andalan terbarunya, yakni Galaxy S9 dengan tampilan yang menarik. Meski baru meluncur, perangkat ini digadang-gadang siap merebut takhta iPhone X sebagai ponsel tercanggih di kelasnya.

Perangkat ini hadir dengan rakitan update terbaru pada Galaxy S8 tahun lalu. Didalamnya termasuk fitur augmented reality (AR) dan kamera baru yang menghasilkan gambar yang lebih jernih dalam kondisi kurang cahaya.

Tapi, apakah fitur baru Samsung cukup menggoda pengguna iPhone? Inilah perbandingan keduanya:

Harga

Keduanya sudah tersedia untuk dipesan sekarang, namun mereka yang memilih Galaxy S9 harus menunggu sampai 9 Maret untuk dimulainya pengiriman.

Galaxy S9 dibanderol senilai £ 739 (IDR 12 jutaan) dengan tiga warna tersedia; hitam, biru atau ungu. Selain itu, Samsung juga memiliki varian yang lebih besar, yakni Galaxy S9 Plus yang dibanderol seharga £ 869 (IDR 14 jutaan). Galaxy S9 Plus  ditawarkan dalam warna yang sama dengan saudaranya yang lebih ‘kecil’. Galaxy S9 hanya menawarkan model 64GB memory, namun bisa diupgrade lewat slot MicroSD.

Sementara itu, iPhone X membawa label harga £ 999 (IDR 16 jutaan) dan tersedia dalam warna hitam atau perak. Model dasar dibekali dengan penyimpanan 64GB, namun Anda dapat meng-upgrade ke versi 256GB dengan harga tambahan £ 150 (IDR 2,5 juta).

Tampilan

IPhone X adalah smartphone pertama Apple yang memiliki layar OLED. Ini berarti perangkat tersebut memiliki rasio kontras yang lebih tinggi dan warna yang lebih hidup daripada panel LCD yang ada di ponsel lain perusahaan.

“Panel 5.8 inci smartphone ‘mengisi seluruh bagian depan perangkat’ dengan tombol home bulat “ikonik” perusahaan telah dihilangkan,” kata The Daily Telegraph. Selain itu, ada juga torehan kecil di bagian atas layar, yang berfungsi untuk menampung kamera depan.

Samsung telah memasang Galaxy S9 dengan layar Super AMOLED yang secara bertahap melengkung ke bagian bawah di sisi kiri dan kanan.

“Perbedaan utama antara panel OLED pada iPhone X dan Super AMOLED di Galaxy S9 adalah layar Samsung jauh lebih hemat daya”, kata Phone Arena.

Galaxy S9 juga mengemas lebih banyak piksel, di mana memiliki resolusi 2960 x 1440, sedangkan iPhone ‘hanya’ memiliki 2.436 x 1.125 piksel.

Kamera

Salah satu upgrade paling signifikan pada Galaxy S9 yang disebut-sebut oleh Samsung adalah sektor kamera. Mengapa? Kamera 12 megapiksel Galaxy S9 bagian belakang memiliki “aperture variable” pertama yang dipasang pada smartphone. Menurut The Guardian, ini secara otomatis dapat memodulasi rasio aperture pengambil foto, tergantung pada apakah Anda berada di luar atau di dalam ruangan.

Tujuan dari sistem ini tentunya untuk membiarkan cahaya sebanyak mungkin dalam kondisi gelap dan pada gilirannya akan menimbulkan detail gambar.

Hasil gambar untuk camera s9 vs iphone x
iPhone X vs Galaxy S9

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sementara itu, kamera dual-lens sebesar 12-megapiksel dari iPhone X memiliki optical image stabilization pada kedua lensanya. Sementara Galaxy S9, hanya memiliki stabilisasi gambar pada lensa sudut lebar.

Baik Galaxy S9 dan iPhone X mampu meningkatkan kualitas AR emoji, di mana wajah pengguna seolah dilapisi topeng digital yang tampil di layar ponsel. Fitur ini secara mengejutkan cukup akurat di iPhone X,  namun ternyata fitur ini tidak ‘cukup kuat’ untuk mengangkat penjualan perangkat iPhone X.

Hasil Akhir

Ditinjau dari segi harga yang lebih murah serta tampilan dengan resolusi lebih tinggi, Samsung Galaxy S9 terlihat menjadi pemenang atas iPhone X.

Namun Cnet berpendapat ada beberapa area yang tidak diketahui dengan ponsel Samsung, seperti masa pakai baterai dan kualitas kamera. Akibatnya, kritikus belum memberikan keputusan mereka pada perangkat baru tersebut.

Hingga Galaxy S9 hadir pada 9 Maret lalu, website tersebut mengatakan sulit diketahui apakah raksasa teknologi Korea tersebut telah mengirimkan sebuah paket yang mampu meremehkan iPhone X dari posisinya di puncak pasar smartphone.

Mereka yang mencari perangkat high-end terbaru mungkin ingin menunggu sampai pekan depan saat ulasan Galaxy S9 telah dirilis.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS