May 2, 2018

VW akan Bantu Didi Kembangkan Teknologi Mobil Swakemudi

Penulis: Okta W | Editor: Iwan RS
VW akan Bantu Didi Kembangkan Teknologi Mobil Swakemudi  

Mobitekno – Tak sedikit pabrikan otomotif global yang mulai bertransfomasi secara perlahan-lahan untuk merancang mobil swakemudi/otonom (autonomous car). Salah satu pabrikan otomotif asal Jerman yang sudah memulai adalah Volkswagen.

Guna menyebarluaskan teknologi ini, Volkswagen berencana membantu Didi Chuxing, layanan ride-sharing terbesar di Tiongkok, untuk mengembangkan mobil swakemudi. Kemitraan ini juga akan melibatkan pengembangan AI (artificial intelligence) yang berkaitan erat dengan teknologi swakemudi.

Informasi lebih jauh mengenai bagaimana dan kapan Volkswagen akan memulai kemitraan ini bersama Didi belum diketahui. Meski demikian, kerja sama keduanya disebut bukan hanya sebatas menciptakan mobil swakemudi.

Menurut laporan yang beredar, Volkswagen akan membantu mengelola armada kendaraan Didi. Awalnya akan ada 100 ribu kendaraan yang akan meningkat jumlahnya ke depan.

Diperkirakan dua pertiga dari 100 ribu unit kendaraan akan dipasok oleh berbagai mobil dari Volkswagen. Kemitraan akan menguntungkan kedua belah pihak. Volkswagen mendapatkan akses untuk mengetahui perilaku pelanggan Didi, sedangkan Didi dapat memperluas armadanya.

Sebagai produsen otomotif tebesar di dunia saat ini, Volkswagen diketahui telah menyiapkan dana sebesar 15 miliar Euros (U$ 18,2 miliar) untuk investasi di berbagai sektor, seperti ride-hailing, swakemudi, digitalisasi, mobil listrik, dan layanan lainnya di Cina hingga 2022.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS
OTHER ARTICLES