March 10, 2022

Sambut Era Mobil Listrik, Volkswagen Resmi Perkenalkan ID Buzz Sebagai Penerus VW Kombi Legendaris

Penulis: Iwan RS
Sambut Era Mobil Listrik, Volkswagen Resmi Perkenalkan ID Buzz Sebagai Penerus VW Kombi Legendaris  

Mobitekno – Pabrikan Jerman, Volkswagen akhirnya mengumumkan produksi terbaru dari mobil van legendaris VM Kombi (Type 2 Volkswagen Microbus) yang selama ini sudah dinantikan para penggemarnya di seluruh dunia. Mobil van bertenaga listrik (e-van) bernama VW ID.Buzz tersebut akhirnya diluncurkan di Paris belum lama ini (9/3/2022).

Sebagai reinkarnasi mobil klasik VW Kombi, akan mulai dijual di beberapa negara Eropa pada kuartal ketiga tahun ini. Menurut laporan Reuters, VW ID.Buzz juga bakal diluncurkan di Amerika Serikat pada akhir tahun 2023 untuk kemudian dipasarkan tahun 2024.

Volkswagen e VW 03

Volkswagen e VW 01

Menurut pabrikan otomotif yang berbasis di Jerman tersebut, van atau microbus model terbaru ini merupakan model pertama dari serangkaian purwarupa (prototipe) yang telah dibuat dalam satu dekade hingga akhirnya berhasil mencapai tahap final untuk diproduksi.

VW ID.Buzz akan diproduksi oleh pabrik VW di Hanover, Jerman, dengan sebagian besar modul-modul koponennya juga dipasok oleh Volkswagen Group Components yang juga berlokasi di Jerman. Seperti diketahui, Volkswagen Group Components merupakan pemasok utama beragam komponen untuk model pertama dari keluarga ID Volkswagen dan beberapa model merek di bawah grup VW lainnya yang berbasis pada penggerak listrik modular (MEB).

VW ID.Buzz model pertama (versi Eropa) akan menggunakan baterai lithium-ion 82 kWh (77 kWh usable) dan dapat mencapai kecepatan maksimum 90 mil (145km) per jam.

Volkswagen e VW 02

ID Buzz versi Eropa pertama akan menampilkan paket baterai dengan kapasitas energi 81 kWh (77 kWh) yang akan menggerakkan motor poros belakang dengan daya 201 tenaga kuda dan torsi 229 lb-ft.

Mengingat van ini bukan ditujukan untuk ‘ngebut’, VW membatasi kecepatan tertingginya pada 145 km/jam. Mengingat VW combi dulunya juga hanya dapat dikebut hingga 96.6 mph km/jam, keceptan maksimum ID Buzz seharusnya cukup memuaskan bagi sebagian besar penggemarnyat.

VW tidak mengungkapkan berapa jauh baterainya dapat digunakan berkendara (driving range), tetapi diperkirakan data tahan batrai ID Buzz akan berada di kisaran 300 mil (sekitar 482 km). VW diprediksi juga akan merilis model ID Buzz lain dengan driving range yang lebih jauh di tahun mendatang.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS